Jenis VPS: Apa itu VPS dan Manfaatnya

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Apa itu VPS dan jenis VPS sebagai hosting murah
Layanan hosting dibutuhkan saat kamu ingin membuat suatu website bisnis. Salah satu layanan hosting murah yang paling banyak digunakan atau populer di kalangan pengembang website adalah VPS. Apa itu VPS, manfaat VPS, dan jenis VPS? Simak yuk dalam artikel kali ini.

Apa Itu VPS dan Manfaatnya?

Virtual private server (VPS) adalah teknologi server virtual yang fungsinya menyimpan data dan file dari website. VPS terdiri atas satu physical server yang diubah menjadi beberapa virtual server.
Manfaat menggunakan VPS, yaitu pemilik website dapat mengatur serta menggunakan penyimpanan untuk menginstal sistem operasi, software, plugin, backup data, dan lainnya melalui control panel.
Jika dilihat dari segi keamanan dan kestabilan, hosting murah jenis VPS bisa menjadi pilihan paling tepat. Sebab, meskipun berbagi server, virtual private server memiliki dedicated resources, sehingga lebih baik dibanding layanan shared hosting.

Jenis VPS

Ada 4 jenis VPS yang bisa kamu pilih untuk kebutuhan pembuatan website bisnis. Berikut ullasannya.

1. OpenVZ

OpenVZ adalah jenis VPS yang bekerja pada shared kernel server. OpenVZ hanya bisa digunakan pada sistem operasi berbasis Linux. Jika dibandingkan jenis VPS lain, Open VZ ini lebih rendah dalam penggunaan sumber daya. Hal inilah yang mendorong penyedia layanan VPS di Indonesia menjualnya dengan harga lebih tinggi.

2. KVM

Kernel Based Virtual Machine (KVM) merupakan server yang dilengkapi kemampuan maksimal. KVM mampu berkomunikasi dan terhubung dengan hardware tanpa memerlukan sistem operasi khusus.
Jenis VPS murah yang bisa kamu pilih

3. HVM

Hardware virtual machine (HVM) memiliki virtualisasi di tingkat kernel. Kemampuan server yang mumpuni, lengkap dengan berbagai fitur yang ada di HVM cocok untuk website bisnis atau toko online. Jenis VPS murah ini juga membedikan akses penuh pada para penggunanya.

4. Microsoft Hyper V

Microsoft Hyper V adalah jenis VPS hosting yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows. VPS Hyper V memberikan kemudahan bagi penggunanya karena semua panel sudah menggunakan GUI (Graphic User Interface). VPS ini lebih mahal dari VPS bersistem operasi Linux. Sebab kamu perlu membeli lisensi Windows secara terpisah.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan VPS

1. Kelebihan Menggunakan VPS untuk Website

  • Penyimpanan lebih terjamin, kamu bisa menggunakan sumber daya, seperti bandwidth dan RAM dengan alokasi khusus untuk website kamu. Kamu tidak perlu berbagi penyimpanan dengan pengguna lain.
  • Dedicated resources yang ditawarkan VPS bisa menghasilkan performa server yang lebih reliabel dan cepat.
Kelebihan dan kekurangan menggunakan VPS hosting
  • Kamu bisa meningkatkan skala bandwidth, disk space, CPU, maupun sumber daya server lainnya dengan mudah kapan pun kamu membutuhkannya.
  • Kamu akan memperoleh akses SSH dan root ke server sendiri. Kamu juga bebas memilih sistem operasi maupun aplikasi yang dipasangn dan mengatur kustomisasinya sesuai kebutuhan. 
  • VPS menjamin privasi dan keamanan file maupun database kamu. Meski berada di dalam satu server, pengguna lain tidak bisa mengakses data kamu dan sebaliknya. Ditambah lagi keberadaan fitur backup juga menjamin seluruh file terlindungi dengan baik dan bisa dipulihkan lebih cepat saat menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan. 

2. Kekurangan Menggunakan VPS

  • Untuk dapat mengontrol dan memanage di VPS hosting, kamu perlu menguasai teknis pengorperasian server dan memahami berbagai aplikasi yang perlu dipasang. Mengingat kesalahan konfigurasi server bisa berakibat fatal, yang mana dapat mempengaruhi performa websitemu, dan bahkan rawan terjadi masalah keamanan.
  • Harga VPS hosting lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting. 

Kesimpulan

VPS menjadi layanan hosting yang berada di pertengahan antara shared hosting dan dedicated server. Meski berbagi server, keberadaan dedicated resources akan membuat pengaturan website sepenuhnya tetap ada di tangan masing-masing pemilik website.
VPS hosting cocok untuk kamu yang menginginkan hosting dengan kapasitas lebih besar, cepat, dan keamanan yang lebih terjaga. Nah, untuk kamu yang tertarik menggunakan layanan VPS hosting. Yuk coba VPS murah berkualitas dari Niagahoster. Niagahoster merupakan perusahaan web hosting yang berpusat di Yogyakarta. Berdiri sejak tahun 2013, layanan customer service Niagahoster siap siaga 24 jam.

Leave a Comment