bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja

Rekomendasi Bootcamp Digital Marketing Bersertifikat

45 Comments

Photo of author

By Gemaulani

Sejak membaca artikel prediksi tentang jenis pekerjaan yang terancam punah tergantikan oleh mesin atau robot menurut World Economic Forum (WEF), saya jadi tidak kaget setiap kali mendengar berita pemutusan hubungan kerja atau PHK yang semakin marak terdengar.

Meski begitu, percayalah kalau jalan rezeki kita tidak akan tertutup selama kita memiliki tekad kuat untuk mempelajari hal baru.

Ada pekerjaan pada bidang IT dan digital marketing yang berpotensi menjadi mata pencaharian kita. Ini seiring dengan bisnis yang melibatkan teknologi dan digital marketing yang semakin berkembang pesat.

Apa Itu Digital Marketing dan Peluang Karirnya Saat Ini

Istilah digital marketing mungkin tidak asing bagi sebagian orang yang memiliki bisnis online, bekerja di perusahaan digital agency, content creator, dan lainnya. Namun, jika kamu merasa asing, maka saya akan menjelaskannya secara singkat di sini.

Digital marketing itu apa sih? Digital marketing adalah kegiatan pemasaran melalui internet yang memanfaatkan berbagai platform digital, seperti media sosial, mesin pencari, dan lainnya.

Tujuannya tentu saja untuk mempromosikan produk atau layanan dari suatu bisnis. Pekerjanya terkenal dengan sebutan digital marketer.

Bidang pekerjaan yang satu ini memiliki beberapa keunggulan, seperti:

  • Peluang mendapatkan penghasilan yang tinggi.
  • Prospek karir di masa depan terbuka lebar karena kamu bisa bekerja sebagai generalist maupun specialist, seperti SEO specialist, social media specialist, dan lainnya.
  • Peluang bekerja dari mana saja atau secara remote lebih besar.
ikuti pelatihan digital marketing untuk mendapatkan pekerjaan sebagai digital marketer

Menurut informasi yang saya baca dari Antara News, Kemenperin memiliki target untuk memenuhi kebutuhan SDM pada bidang pemasaran yang berkaitan dengan digital marketing, seperti internet marketing dan social media marketing.

Bahkan karir di bidang digital marketing akan tumbuh sebanyak 10 persen pada tahun 2020 sampai 2030.

Sementara itu, pada artikel lain yang saya bersumber dari detikfinance. Pada bulan juli 2023, mereka melakukan riset pada beberapa situs lowongan kerja dan menemukan sebanyak 21.120 loker digital marketing.

Jumlah lowongan tersebut belum seimbang dengan pemilik talenta digital marketing yang ada.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk bergerak, ini saatnya kita untuk belajar digital marketing, sehingga bisa memanfaatkan peluang kerja tersebut!

Cara Memulai Belajar Digital Marketing

Rasanya kurang baik kalau saya mengajak kamu untuk belajar digital marketing tanpa memberitahukan caranya, bukan? Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba:

  • Mempelajari dasar-dasar digital marketing melalui berbagai artikel yang tersedia di internet.
  • Membeli dan membaca buku terkait pemasaran digital yang penulisnya merupakan orang yang expert pada bidang tersebut.
  • Bergabung dengan komunitas digital marketing yang akan memberikan kamu wawasan, akses ke pelatihan digital marketing, hingga membangun networking yang nantinya memperbesar peluang kamu mendapatkan pekerjaan di bidang ini.
  • Mengikuti bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja. Menurut saya ini yang paling worth it untuk belajar digital marketing. Karena Bootcamp adalah program pelatihan kerja yang mempelajari suatu bidang dari dasar bersama ahlinya. Program ini juga memiliki kurikulum yang jelas dan membantu mempersiapkan para pemula secara maksimal supaya siap kerja.
kursus digital marketing ada jaminan kerja yang biayanya murah

Rekomendasi Bootcamp Digital Marketing Bersertifikat yang Ada Jaminan Kerjanya

Tentunya ada banyak penyedia kursus digital marketing bersertifikat yang bisa kamu temukan melalui mesin pencari Google. Meski begitu kamu harus selektif memilih lembaga kursus online yang terpercaya supaya ilmu dan keterampilan yang akan kamu dapatkan bisa sesuai ekspektasi.

Kalau kamu bingung dalam memilih kursus digital marketing ada jaminan kerja, saya mau mengajak kamu buat pilih bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja di platform QuBisa.

Kenapa QuBisa? Karena QuBisa adalah platform belajar online Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dari segi soft skill dan hard skill. Ada banyak jenis pelatihan di QuBisa, termasuk bootcamp siap kerja.

Bahkan saya sudah memanfaatkan QuBisa sejak tahun 2021 untuk meningkatkan kemampuan sesuai bidang kerja saya. Nah, untuk lebih meyakinkan kamu, saya akan mengulas beberapa keuntungan mengikuti digital marketing accelerated bootcamp di QuBisa.
kurus digital marketing bersertifikat yang terpercaya di Indonesia

7 Alasan Kenapa Harus Ikut Kursus Digital Marketing Bersertifikat di QuBisa

Sebagai user atau pengguna yang mengikuti perjalanan QuBisa, rasa-rasanya saya takjub dengan platform kursus online yang satu ini. Karena QuBisa terus berinovasi untuk membantu sumber daya manusia di Indonesia supaya memiliki skill yang sesuai perkembangan zaman.

Sejak tahun 2022 hingga saat ini, QuBisa juga menjadi platform untuk pelatihan prakerja dan pelatihan karyawan. Tak berselang lama setelahnya, ada kelas bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja yang memiliki keunggulan, seperti:

1. Mentor Ahli di Industri Digital Marketing

Mengikuti pelatihan digital marketing di QuBisa akan membawa kamu untuk belajar langsung dari orang yang sudah berpengalaman atau ahli pada bidang digital marketing.

Instruktur dan mentor praktisinya adalah orang-orang expert dan memegang jabatan penting di perusahaan ternama. Ada mentor dari Bridgestone Corporation, Home Credit Indonesia, Maybank, Citilink, dan lainnya.

Kamu akan mendapatkan materi-materi pembelajaran, seperti:
  • Introduction To Digital Marketing
  • Social Media Marketing
  • Introduction To SEO
  • SEO Off Page
  • Introduction To SEM (Google Ads)
  • Paid Ads Analytics & Demo
  • Career in Digital Marketing Introduction
  • Content Planning
  • SEO On Page
  • SEO Project Presentation
  • Google Ads & Google Display Networks
  • Google Ads Project Presentation & Final Exam
Jajaran mentor ahli di digital marketing accelerated bootcamp yang berasal dari perusahaan ternama

2. Belajar Karier dan Karakter

Sesuai dengan spill-an materi pelatihan digital marketing di atas, bootcamp digital marketing dari QuBisa sudah termasuk pelatihan leadership skill yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja, saat ini. Kamu akan mendapatkan materi, seperti:

  • Growth Mindset
  • Creative and Critical Thinking
  • Design Thinking
  • Emotional Intelligence
  • Impactful Influencing Skills

3. Pre dan Post Assessment

Pada digital marketing accelerated bootcamp ini terdapat proses asesmen yang terdiri atas pre assesment dan post assessment.

Di awal bergabung, kamu akan melakukan tes pre asessment untuk mengukur kemampuan, pengetahuan, dan minat kamu di bidang digital marketing. Ini akan membantu mentor untuk merancang kurikulum atau pendekatan belajar yang sesuai dengan kamu.

Sementara untuk post assesment akan kamu jalani tesnya setelah pembelajaran atau pelatihan digital marketing selesai. Post test bermanfaat untuk mengukur keberhasilan kamu dalam belajar dan membantu kamu untuk melakukan perencanaan karier pada bidang digital marketing.

4. Career Mentoring

Mentor praktisi dan direktur dari perusahaan-perusahaan terkemuka yang berpengalaman di bidang marketing akan memberikan kamu sesi panduan karir. Dalam sesi ini, kamu akan mendapatkan dukungan dalam proses mengembangkan curriculum vitae (CV) dan mempersiapkan diri untuk proses interview penyaluran kerja.

5. Membantu untuk Memiliki Portofolio

Di era digital saat ini, portofolio atau portfolio menjadi hal yang penting. Portfolio adalah kumpulan materi atau contoh pekerjaan atau project yang pernah kamu selesaikan sesuai bidang profesi kamu.

Portfolio berfungsi untuk mencerminkan kemampuan, keterampilan, pencapaian, dan proyek-proyek yang telah kamu lakukan. Secara tidak langsung, portofolio mempresentasikan potensi, kompetensi, serta kredibilitas kamu kepada pihak rekruter.

Nah, bergabung dengan bootcamp siap kerja di QuBisa ini akan memudahkan kamu dalam memiliki portofolio. Sebab kamu akan mendapatkan tugas berupa project selama sesi pelatihan digital marketing berlangsung.

6. Sertifikasi BNSP

Sertifikasi BNSP adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). BNSP adalah lembaga di bawah naungan presiden yang bertugas menjamin mutu serta kompetensi pada berbagai bidang profesi di Indonesia, termasuk bidang digital marketing.

Nah, QuBisa sebagai penyedia kursus digital marketing bersertifikat akan memastikan kamu menjadi lulusan pelatihan digital marketing yang kompeten dan mendapat pengakuan nasional melalui proses sertifikasi BNSP ini.

pelatihan karyawan pada digital marketing accelerated bootcamp

7. Biaya Terjangkau dan Jaminan Dapat Kerja atau 100% Uang Kembali

Biaya untuk mengikuti bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja di QuBisa ini menurut saja affordable, apalagi di sini kamu bisa mendapatkan 12 sesi belajar intensif, mentoring karir, sertifikasi BNSP, dan penyaluran kerja.

Yup, Rp3.800.000 untuk satu orang. Kalau mau lebih hemat lagi, kamu bisa mengajak 2 orang teman lainnya. Biayanya jadi Rp2.999.000 per orang kalau ambil paket pelatihan digital marketing yang bertiga.
tips sambil bootcamp siap kerja tapi dapat cuan lewat referral bootcamp di QuBisa

Eits, kalau kamu mau lebih cuan lagi, kamu bisa membagikan link Referral Daftar Bootcamp Berhadiah 500.000 (klik linknya untuk tahu syarat dan ketentuannya) lho.

Tidak hanya biaya yang terjangkau dan materi pelatihan yang oke, kursus digital marketing ada jaminan kerja ini tentu saja berkomitmen agar kamu mendapatkan pekerjaan di bidang digital marketing dalam waktu 6 bulan.

QuBisa memberikan jaminan 100% uang pendaftaran kembali jika dalam waktu 6 bulan setelah pelatihan kamu belum mendapatkan pekerjaan fulltime, freelance, atau magang. So, kapan lagi nemu bootcamp bersertifikat dan bergaransi pula.

Alur Belajar Digital Marketing Accelerated Bootcamp di QuBisa

Proses pelatihan digital marketing di bootcamp QuBisa berlangsung selama 3 bulan, dengan alur sebagai berikut:

1. Proses Asesmen

Asesmen berlangsung pada tanggal 19 Februari-18 Maret 2024. Kamu harus menyelesaikan 3 tes online dalam waktu kurang dari 1 jam dan diberi waktu sekitar 1 minggu. Pembahasan hasil tes asesmen ini akan dilakukan saat mentoring karier 1-on-1.

2. Sesi Belajar

Berlangsung dari hari Senin sampai Rabu (19 Februari-18 Maret 2024) pada jam 19.30-21.00 WIB (sebanyak 3x seminggu). 12 sesi belajar digital marketing bersama mentor expert ini dilakukan secara online.

Tujuannya supaya kamu bisa lebih memahami berbagai aspek dalam digital marketing dan pengaplikasiannya secara praktik, sehingga menghasilkan output berupa portofolio.
topik pelatihan digital marketing beserta alurnya

3. Belajar Karier dan Karakter (22-30 Maret 2024)

Proses ini bertujuan membekali kamu dengan soft skill yang berguna untuk menghadapi dunia kerja. Setiap minggunya, kamu atau setiap peserta akan diberikan akses untuk menyelesaikan dua kursus dari materi-materi Growth Mindset, Creative and Critical Thinking, Design Thinking, Emotional Intelligence, Impactful Influencing Skills.

4. Mentoring Karier (21 Maret-29 Maret 2024)

Di kelas ini kamu akan mempersiapkan diri untuk berkarier secara profesional di bidang pemasaran digital. Ada mentor profesional yang akan membimbing kamu pada setiap sesi secara lengkap dan sesuai dengan kebutuhan kamu (1-on-1).

Mentoring karier terbagi menjadi dua jenis, sesi live dan 1-on-1 dengan jadwal pelatihan sebagai berikut:
  • 19 Februari: Sesi live untuk semua peserta Bootcamp
  • 20 Februari-7 Maret: Sesi 1-on-1 bersama mentor. Setiap peserta mendapat dua kali sesi dan bisa memilih waktu mentoring yang ada di jadwal ini: Senin–Kamis (8.00-10.00, 11.00-12.00, 13.00-14.00, 16.00-17.00 WIB) dan Jumat (8.00-10.00, 13.00-14.00, 16.00-17.00, 19.30-20.30 WIB).
alur program bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja

5. Sertifikasi BNSP (2 April 2024, 09.00 WIB)

Untuk mendapatkan sertifikat BNSP, pada tanggal 2 April 2024 di jam 09.00 WIB kamu akan melakukan pengerjaan tes BNSP ini. Untuk hasil tesnya akan kamu terima dalam kurun waktu maksimal 7 hari setelah selesai mengikuti tes ini.

6. Penyaluran Kerja (April-September 2024)

QuBisa akan menghubungkan kamu sebagai peserta pelatihan ke perusahaan rekanan QuBisa untuk mengikuti proses seleksi. Jenis pekerjaannya bisa fulltime, freelancer, atau magang.

Jika dalam kurun waktu 6 bulan setelah pelatihan kamu belum berhasil mendapatkan pekerjaan, QuBisa berkomitmen untuk mengembalikan 100% uang pendaftaran.

Supaya proses pengembalian uang pendaftaran berjalan lancar, berikut syarat dan ketentuan yang harus kamu perhatikan:
  • Sebagai peserta, kamu bisa melakukan klaim garansi apabila mengikuti 80% seluruh proses Bootcamp, dari mulai sesi belajar, kursus skill karier, sertifikasi, sampai mentoring karier.
  • Peserta wajib menyerahkan “Surat Keterangan Tidak Bekerja” dari desa atau kelurahan tempat tinggal atau domisili.
  • Kamu bisa mengklaim garansi ini dalam jangka waktu 30 hari setalah masa pengembalian dana dibuka.
  • Pihak QuBisa akan mentransfer dana pengembalian ini ke rekening atas nama kamu sebagai peserta dalam waktu 14 hari kerja setelah proses pengajuan dana kamu lakukan. Perlu diingat, hari kerja ini tidak termasuk hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional ya.

Penutup

Meski World Economic Forum (WEF) memprediksi ada banyak bidang pekerjaan yang punah di era revolusi industri dan teknologi digital saat ini, kamu tidak perlu berkecil hati, apalagi sampai putus asa.

Karena di era digital teknologi juga muncul banyak pekerjaan di bidang teknologi dan digital marketing. Nah, peluang kerja sebagai ahli digital marketing (digital marketer) terbuka lebar lho.

Hanya saja untuk bekerja sebagai digital marketer kamu perlu memiliki kompetensi di bidang digital marketing. Kamu bisa mempelajari keterampilan ini dengan mengikuti bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja di QuBisa.

Eits, kalau kamu kurang tertarik dengan bootcamp siap kerja di bidang digital marketing, tenang saja. Ada bootcamp lain di QuBisa kok yang bisa untuk pelatihan karyawan perusahaan maupun individu, seperti:
  • Bahasa Inggris Dasar untuk Bisnis Accelerated Bootcamp
  • Tableau Data Analysis Workshop Harnessing Insights for Effective Decision-Making
  • Belajar Mengelola Keuangan Pribadi bagi Pegawai Kantor Umum dan Pelaku Usaha Accelerated Bootcamp
  • Dan pilihan Bootcamp lain di QuBisa yang cocok untuk program pelatihan karyawan perusahaan.
Ada banyak pilihan Bootcamp lain di QuBisa yang bisa kamu coba

Selain bootcamp siap kerja, di QuBisa kamu memilih berbagai jenis pelatihan atau program upskill sesuai kebutuhan kamu. Bahkan banyak kursus gratis dan mcirolearning yang bisa kamu manfaatkan.

Nah, untuk akses yang lebih nyaman, bagi pengguna smartphone, kamu bisa download Aplikasi QuBisa untuk Android atau Aplikasi QuBisa untuk iOS.

Sumber Informasi dan Referensi:

1. https://qubisa.com
2. https://antaranews.com/berita/3620664/kemenperin-targetkan-penuhi-peningkatan-kebutuhan-sdm-pemasaran
3. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6931556/lowongan-digital-marketing-melimpah-di-ri-tapi-sdm-nya-masih-minim
4. https://kaltimtoday.co/10-pekerjaan-yang-berpotensi-hilang-menurut-world-economic-forum

45 thoughts on “Rekomendasi Bootcamp Digital Marketing Bersertifikat”

  1. Digital Marketing sekarang memang jadi pekerjaan yang menjanjikan. Aku pernah ikut webinar onlinenya tapi belum pernah ikut bootcampnya. Menarik banget nih ada proses asesmen juga jadi semakin profesional.

    Reply
  2. Sekarang zamannya serba digital, jadi kita juga harus bisa beradaptasi dengan segala perubahan ya. Termasuk dalam hal peluang pekerjaan. Mau tidak mau harus menguasai keahlian di bidang digital seperti digital marketing.
    QuBisa ini bisa jadi solusi untuk yang mau menambah skill seputar dunia digital ya…

    Reply
  3. Wow. Ikut pelatihan yang disediakan oleh QuBisa bisa sekalian dapat sertifikasi dari BNSP juga. Incaran sih, apalagi belakangan rasanya bersaing di industri kreatif terutama digital begini, kalau punya sertifikasi itu berpotensi lekas dilirik. Ya nggak sih?

    Jaman memang bergerak terus, berubah seiring waktu. Pekerjaan yang di masa lalu jadi andalan, bisa jadi karena perkembangan teknologi, malah tergerus keadaan. Nggak berhenti belajar itu rasanya salah satu kunci beradaptasi sih ya.

    Reply
  4. Digital marketing memang jadi pekerjaan yang menggiurkan sekarang ya. Wajar banget kalo banyak yang pengen belajar dan QuBisa pilihan paling tepat buat belajar digital marketing

    Reply
  5. Banyak banget materi yang akan didapat dengan ikutan bootcamp digital marketing dari QuBisa ini. Benefitnya juga banyak, selain dapat sertifikat BNSP, ada penyaluran kerjanya juga. Ah, ini mah double combo. Recommended sekali

    Reply
  6. Memang harus upgrade skill dari sekarang ya, khususnya untuk yang berkaitan dengan digitalisasi, mengingat ini masih berpeluang di masa depan dan jangan sampai kita melewatkan peluang tersebut dalam menunjang karir

    Reply
  7. digital marketing jadi salah satu ilmu fundamental juga yang perlu diasah sama blogger. untungnya sekarang banyak platform yang menyediakan pelatihan gratis kayak QuBisa, jadi bisa menimba ilmu digital marketing di mana aja dan kapan aja 😀

    Reply
  8. Digital marketing sedang naik daun ya Kak, dengan adanya bootcamp begini bisa jadi modal nih untuk dapatkan hasil yang lebih banyak nantinya. Dapat ilmu, dapat kerja juga.

    Reply
  9. Qu bisa ini ada semua ya kak. Pelatihan digital marketingnya lengkap. Bisa banget nih jadi rujukan buat siapa aja yang pengen belajar digital marketing.

    Reply
  10. Ga perlu kemana-mana, cukup sediakan waktu dan akses internet yang lancar untuk belajar Bootcamp Digital Marketing Bersertifikat di Qubisa.
    Aku jadi inget zaman pandemi yaah.. Qubisa bener-bener ngebantu upskills.

    Reply
  11. Topik atau Materi yang diajarkan semuanya penting banget ini, Kak buat digital talent. APalagi ada bahasan SEO Off Page dan On Page, plus ada SEO Project Presentation. Ini benar-benar terlihat banget gimana seriusnya QuBisa mempersiapkan peserta Bootcamp

    Reply
  12. Wah paket lengkap banget nih bootcamp digital marketingnya. Aku juga lagi cari nih bootcamp kayak gini buat nambah skillku.

    Dan emg QuBisa tempat bootcamp digital marketing paling oke sih. Udah ada sertifikasinya plus mentornya pun jago2 semua. Dan paling penting, biayanya masih terjangkau.

    Reply
  13. Keunggulan Qubisa banyak ya, bisa nih nanti saya rekomendasikan deh ke temen saya yang lagi cari kursus belajar online. Qubisa ini memang udah terkenal lama ya, suami juga waktu prakarya ambil di Qubisa

    Reply
  14. Iya kak, mantul banget kan materi boocamp digital marketing di QuBisa ini, lengkap. Udah gitu plus ujian buat dapetin sertifikat BNSP dan peluang langsung dapat kerja pula

    Reply
  15. QuBisa memang top banget, sih. Banyak pilihan kelas dan program, pasti tak bikin mati gaya deh. Apapun ada, termasuk bothcamp ini yang diperuntukkan bagi karyawan untuk upgrade skill.

    Reply
  16. iyah ya, sekarang udah ada bootcamp bersertifikat pula yang bisa menjamin kita untuk bisa dapatin kerja, hmm mau ikut juga doong belajar di bootcamp QuBisa, biar bisa dapat kerja juga dong, kangen pay day hihihih

    Reply
  17. Materi pembelajaran Bootcamp Digital Marketing Bersertifikat di Qubisa lengkap sekali ya.. Sehingga belajar tuh bener-bener sampai ke dalamnya, gak hanya kenal luarnya dan udah. Pasti jadi rekomendasi tempat kerja yang bonafide nih..

    Reply
  18. Di Qu Bisa mau belajar apa saja ada, ya..bahkan sekarang udah Bootcamp Digital Marketing. Mengingat di jaman sekarang tu lagi ramai banget soal digital marketing, saatnya belajar bareng dg Qu bisa nih.

    Reply
  19. Waakk seru kali yaak kak Ge bootcamp digital marketing ini bisa jadi salah satu rekomendasi buat suamiku yang lagi nyari2 bootcamp kek gini buat belajar soal digital marketing

    Reply
  20. setuju kak, Qubisa emang paling bisa diandalkan, hampir semua pembelajarannya detail dan lengkap langsung dari ahlinya, apalagi setiap selesai kelas langsung dpet sertifikat, jadi gk pake lama, recomended banget,

    Reply
  21. Dengan mentor dari para ahli industri dan jaminan kerja, rasanya jadi semakin yakin dan termotivasi untuk mulai mempelajari digital marketing. Terlebih lagi dengan biaya yang terjangkau dan peluang karier yang terbuka lebar, kayaknya nggak ada alasan buat nggak mencoba bootcamp dari QuBisa ini!

    Reply
  22. Bahkan buat konten kreator yang mendalami dunia digital juga, berbagai kelas yang dihadirkan sama QuBisa begini nampaknya pas banget buat pilihan kelas untuk upgrade skill dan pengetahuan.

    Reply

Leave a Comment