Harga, Jenis, dan Fungsi Kubah Masjid

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Pagi gengs, di minggu pagi ini aku mau bahas-bahas dikit soal dekorasi nih. Dekorasi masjid lebih tepatnya. Masjid adalah tempat ibadah umat islam di seluruh dunia. Di Indonesia ada begitu banyak masjid yang berdiri dari Sabang Sampai Merauke. Salah satu masjid yang terkenal di Indonesia adalah masjid kubah emas. Letaknya di Depok, Jawa Barat.
 
Selain masjid kubah emas, ada masjid dengan kubah berwarna emas lainnya yang tak kalah menjadi kebangaan warga Bandung, masjid Trans Studio Bandung. Apalagi kalau dilihat malam hari, beuh cantik banget gengs. Eh berbicara soal kubah masjid, udah tahu belum jenisnya ada apa aja yang lazim di Indonesia, dan fungsi kubah masjid untuk apa? Terus harganya berapa, belinya di mana? Yuk simak ceritaku sampai akhir ya.
 
Masjid Kubah Emas Trans Studio Bandung Kubah Masjid Unik

Apa Itu Kubah Masjid dan Fungsi Kubah Masjid

Kubah masjid merupakan salah satu arsitektur yang selalu ada di bagian teratas atap masjid. Umunya berbentuk seperti setengah bola. Lalu, apa saja fungsi kubah masjid ini?

1. Ciri Khas dari Masjid dan Lambang Kebesaran Islam

Berdasarkan sejarah kubah, kubah ini asalnya bukan dari arsitektur Islam. Hanya saja seiring berjalannya waktu dan penggunaannya sebagai bagian teratas dari atap masjid, membuatnya jadi ciri khas masjid di seluruh Dunia.

Ya, tak hanya untuk keindahan dan ciri khas saja, kubah juga memiliki spiritualitas yang tinggi. Jadi, kubah di posisi teratas dalam bangunan masjid ini bisa dibilang seperti tempat bernaung yang membuat jamaah atau masyarakat muslim merasa kecil di hadapan Allah.

2. Mempermudah Mencari Masjid dan Menentukan Arah Kiblat

Hayo jujur, kamu yang muslim kalau berkunjung ke suatu tempat dan mencari masjid, pasti fokus pertamanya melihat kubahnya. Iya kan? Kubah membedakan masjid dengan bangunan lainnya, seperti rumah atau istana.

Tak hanya memperhatikan keindahan atau estetikanya saja, jasa pembuatan kubah masjid pun biasanya akan membuat kubah dengan rancangan sedemikian rupa supaya menghadap ke arah kiblat. Jadi memudahkan jamaah yang hendak beribadah dan mampu menentukan arah kiblat dengan mudah.

3. Tempat Sirkulasi Udara dan Sumber Pencahayaan

Fungsi kubah masjid lainnya adalah untuk sirkulasi udara. Ya, memiliki desain yang menjorok ke atas tentunya bisa membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik. Inilah mengapa saat kita berada di dalam masjid akan terasa hawa sejuknya.

Untuk kubah-kubah moderen umumnya sudah dilengkapi dengan reflektor cahaya. Tujuannya untuk membuat pencahayaan dalam masjid menjadi maksimal. Kubah masjid juga biasanya dibuat menggunakan cat warna cerah di bagian dalamnya. Namun ada juga masjid yang sengaja membuat kubah menyerupai langit dengan awan putih dan berpadu warna biru langit.

Jenis Jenis Kubah Masjid dan Harga Kubah Masjid

Jenis-Jenis Kubah Masjid Berdasarkan Bahannya

 

1. Kubah Beton

Jenis atau model kubah masjid yang umum dijumpai di Indonesia adalah kubah masjid yang terbuat dari beton. Mengapa beton? Karena kubah jenis ini terkenal memiliki kekuatan yang baik. Dalam penggunaannya, kubah beton sering diberikan motif tertentu, sehingga menjadikan kubah masjid ini lebih menarik dilihat. Akan tetapi kubah ini memiliki kekurangan dari segi bobot yang sangat berat dan proses pembuatan kubah masjid berikut pembangunannya membutuhkan tenaga extra. Hal ini mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan jadi lebih besar.

2. Kubah Stainless

Model kubah masjid stainless ini sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat karena sering dipilih atas dasar ringan dan harganya cukup terjangkau. Keunggulan menggunakan kubah masjid stainless adalah ketahananny yang baik dari karat, dan memiliki daya tarik sendiri karena bahan yang mengkilat. Kubah masjid dengan bahan stainless ini banyak digunakan untuk musholla atau masjid kecil.

3. Kubah Galvalum

Jenis kubah masjid dengan desain galvalum adalah salah satu desain yang banyak digunakan saat ini. Bahan galvalum merupakan bahan yang mempunyai ketahanan panas yang sangat baik serta daya rekat yang sama baiknya. Jadi tidak mudah rusak. Kubah masjid dari bahan galvalum pun dianggap sebagai kubah anti karat dan tentunya sangat cocok untuk wilayah Indonesia yang beriklim tropis.

4. Kubah Enamel

Meskipun terlihat kokoh dan berat kubah masjid enamel nyatanya ringan. Kemudian mempunyai ketajaman warna yang bagus sehingga membuat permukaannya jadi lebih menarik. Potensi kebocoran pun jauh lebih kecil dibandingkan bahan lainnya. Proses perbaikan juga mudah dilakukan.

Portofolio PT Anugerah Kubah Indonesia

Harga Kubah Masjid dan Rekomendasi Jasa Pembuatan Kubah Masjid

Harga kubah masjid sebenarnya bervariasi gengs. Jadi ditentukan per meter berdasarkan diameter dan tinggi kubah. Kalau kamu kepo berat, bisa banget ke situs milik PT Anugerah Kubah Indonesia di jualkubahmasjid.id. Ada mesin simulasi input diameter dan tinggi kubahnya di sana.
Oh ya, PT. Anugerah Kubah Indonesia juga udah berpengalaman dalam bidang jasa pembuatan kubah di seluruh Indonesia. Jenis-jenis kubahnya Titanium Gold, Galvalum, dan Enamel.
Tim QOOBAH atau PT. Anugerah Kubah Indonesia bisa menyelesaikan pembuatan kubah masjid dengan cepat, karena mereke memiliki pabrik sendiri dan tim ahli yang berpengalaman selama 8 tahun dalam proyek pembuatan kubah masjid.
Mereka pun sudah dipercaya untuk mengerjakan ratusan proyek kubah masjid di berbagai lokasi di seluruh Indonesia. Mulai dari pemukiman, sekolah, madrasah, pondok pesantren, universitas, kantor pemerintahan, kantor perusahaan swasta, bahkan kantor BUMN.

Leave a Comment