Alasan yang Bisa Dipertimbangkan Saat Memilih Kuliah Jurusan Musik

By Gemaulani

Sebagian besar individu memandang jika untuk menjadi seniman, maka tidak perlu sekolah tinggi-tinggi. Hal ini akhirnya menyebabkan kurangnya dukungan terhadap seseorang yang ingin kuliah jurusan musik. Nah, dalam artikel kali ini, akan dibahas mengenai alasan kenapa kamu perlu kuliah jurusan musik. Bahkan kuliah musiknya bisa ke luar negeri.
 
Beasiswa sekolah musik di luar negeri

Alasan Kuliah Jurusan Musik

Kuliah jurusan musik memang bukanlah jurusan yang bisa dengan mudah dicapai oleh seseorang. Selain biasanya kurang dukungan keluarga, kuliah jurusan musik juga punya tantangan lainnya yang harus kamu taklukan. Mengapa? Karena kuliah di jurusan musik akan ada jam latihan dan kompetisi yang tidak ada habisnya.
 
Eits tapi jangan patah semangat dulu, kuliah jurusan musik sebenarnya tak kalah keren dengan jurusan lainnya yang populer kok. Berikut alasan kenapa kamu perlu kuliah jurusan musik dan mencari beasiswa sekolah musik, bahkan kalau perlu beasiswa musik luar negeri.
 

1. Musik Menyatukan Dunia

Jurusan musik memungkinkan Anda bisa berbagi musik dengan khalayak luas. Sekalipun nantinya kamu akan berprofesi menjadi pengajar atau performer setelah kamu lulus kuliah … semua lulusan jurusan musik memiliki kesempatan yang sama untuk berbagi musik dengan dunia. Semua orang pasti tahu dan sadar bahwa musik adalah bahasa universal yang dapat menyatukan seluruh manusia.

2. Melatih Fokus Jangka Panjang

Mahasiswa jurusan musik umumnya merupakan orang-orang yang fokus. Anda tahu mengenai cara melepaskan hal-hal baik (waktu bergaul dengan teman-teman atau bermain game) untuk mencapai tujuan jangka panjang. Hal ini lah juga akan dipelajari calon mahasiswa jurusan musik selama masa studi. Kedepannya, individu yang cukup baik dan berhasil melewati jurusan ini secara tepat waktu , maka tidak akan mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan yang lain.
 

3. Menjadi Orang yang Lebih Sabar dalam Mendengar  

Belajar musik sama dengan belajar kesabaran dalam mendengarkan. Sebagai mahasiswa musik, kamu akan diberitahu untuk mendengarkan nada sendiri secara berulang-ulang. Efeknya tentu saja kamu akan mengetahui bagaimana melakukan koreksi arah menuju not balok yang paling sesuai untuk menciptakan alunan musik paling sempurna. Hal ini adalah bagian proses belajar yang tak singkat. Kamu mungkin saja akan bosan mendengarkan hal sama berulang-ulang. Akan tetapi, di saat itulah kesabaran kamu akan diuji, supaya bisa mendapatkan hasil paling baik.
 

4. Cocok Bagi yang Suka Berkompetisi

Persaingan dalam dunia musik bisa sangat sengit. Jadi, pergunakanlah waktumu di perguruan tinggi untuk mengembangkan suara dan bakat unikmu. Ini bertujuan untuk membedakan kamu dari orang lain. Jika bisa, seringlah mengikuti kompetisi yang terbuka di jurusan ini. Ya, faktanya, mahasiswa jurusan musik memiliki banyak kesempatan dalam kompetisi antar universitas. Kemudian kompetisi di tingkat internasional. Jadi, jika kamu adalah orang yang menyukai persaingan sehat, jurusan musik akan cocok untukmu.  
 

5. Bisa Mendapatkan Peluang Tanpa Batas

Tahukah kamu jika sebagian orang memandang gelar sarjana atau master musik dengan cara yang sama seperti gelar dalam bidang filsafat? Ya, jika dipikirkan ulang, memang tidak ada pekerjaan bagus yang terbuka untuk lulusan jurusan musik. Namun, kamu yang memiliki gelar di industri musik memiliki pilihan untuk melamar pekerjaan apa pun. 
 
Kamu berpeluang meraih gelar master, baik di bidang musik maupun bidang lainnya. Kamu yang memiliki gelar musik pada dasarnya memiliki latar belakang yang baik untuk bekerja di semua bidang. Mulai dari mengajar, melakukan pertunjukan, atau bergabung dengan berbagai industri terkait musik. Gelar dalam musik memungkinkan kamu sebagai mahasiswanya membuka berbagai peluang berkarir di berbagai bidang.
Bagaimana cara mendapatkan beasiswa musik di luar negeri? Kamu bisa cek di Schoters. Apa itu Schoters? Schoters adalah tempat bimbingan kuliah luar negeri yang terpercaya dan terlengkap.

Leave a Comment