manfaat susu etawa etawarich dalam menjaga kesehatan tubuh

Manfaat Susu Etawa untuk Menjaga Kesehatan

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Sejak mama meninggal saya jadi lebih sering berkomunikasi dengan bapak. Nah, beberapa waktu lalu bapak bilang kalau lututnya sering terasa nyeri.

Setelah diperiksa ternyata gejala asam urat. Gara-gara ini saya jadi lebih aware terhadap asupan makanan dan minuman untuk bapak. Mengingat selain asam urat, sebelumnya bapak juga sering banget mengeluhkan soal rematik.

Iya, saya jadi nyari informasi di internet terkait minuman yang aman untuk penderita asam urat selain air mineral. Soalnya bapak suka bebal dengan kebiasaannya ngopi setiap hari. Ketemulah artikel soal susu nyeri sendi yang di dalamnya membahas tentang susu etawa yang aman untuk penderita asam urat.

Sekilas Pengalaman Pertama Mencoba Susu Kambing Etawa

Karena baru pertama kali mau nyobain susu kambing etawa yang bisa mencegah pegapuran tulang yang rawan terjadi pada lansia, saya belinya enggak langsung banyak.

Sempat coba beberapa merek karena takutnya bapak enggak suka, eh tahunya malah sebaliknya, bapak merasa cocok dan enggak ngeluh nyeri sendi lagi. Katanya ke badan juga berasa lebih enak.

Oh iya, saya sempat underestimate sama susu etawa lho minasan. Kenapa? Saya kira susunya bakal bau prengus. Tahu enggak bau prengus? Bau prengus itu kayak bau kambing yang kecium kuat selayaknya daging kambing.

Ternyata susu etawarich yang saya beli buat bapak enggak bau prengus karena saya udah coba sendiri pas bangun tidur kaki saya tiba-tiba kerasa sakit. Jadi saya konsumsi selama beberapa hari dan nyerinya hilang.
susu etawa
Nah, karena kami merasakan manfaat dari susu etawarich ini, rasanya sayang aja kalau saya enggak share juga di blog ini.

Syukur-syukur bisa membantu minasan yang sedang mengalami hal yang sama. Jadi, mari kita kupas manfaat susu etawa etawarich, kandungan, serta kenapa dia enggak berbau prengus di blogpost kali ini!

Baca Juga: Manfaat Mengonsumsi Superfood

Manfaat Susu Etawa etawarich untuk Kesehatan

Sebelum masuk ke manfaatnya, saya mau spill dikit kenapa susu etawarich enggak bau prengus. Sebenarnya susu etawa segar memang mempunyai bau yang khas mengingat di dalamnya kaya asam lemak rantai sedang atau medium chain fatty acids (MCFA).

Hanya saja proses pengeringan dan fortifikasi (proses penambahan mikronutrien sesuai kebutuhan) bisa mengurangi baunya.

Udah terjawab kan minasan rasa penasaran kenapa susu kambing etawa yang satu ini enggak berbau prengus. Jadi, ayo kita bahas satu per satu manfaatnya berikut ini!

1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Siapa di sini yang pencernaannya kurang lancar? Kalau gitu enggak ada salahnya kamu untuk mulai rutin mengonsumsi susu tulang keropos ini. Susu etawa akan membantu kamu dalam melancarkan sistem pencernaan melalui kandungan senyawa probiotik berupa oligosaccharides.

Oligosaccharides ini bisa mendukung pertumbuhan bakteri baik yang terdapat di dalam saluran pencernaan.

2. Susu untuk Pengeroposan Tulang dan Anemia

Susu ini juga dikenal sebagai susu nyeri sendi dan tulang keropos. Kok bisa? Karena kandungan nutrisi di dalamnya bisa mempercepat regenerasi hemoglobin. Nah regenerasi hemoglobin ini adalah cara yang aman serta alami dalam mengatasi pengeroposan tulang dan anemia.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kenapa bapak saya merasa lebih enak kondisi tubuhnya setelah mengonsumsi susu etawa? Ternyata karena manfaat susu etawa etawarich ini tak hanya sebagai susu untuk pengeroposan tulang. Lebih dari itu, dia bisa meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Mengonsumsi Multivitamin

Kok bisa gitu? Karena saat kamu mengonsumsi susu kambing etawa dengan dosis atau kadar yang cukup, kegiatan tersebut dapat membantu meningkatkan produksi imunoglobulin dalam tubuh.

FYI, imunoglobulin adalah protein yang diproduksi sel-sel sistem imun tubuh. Fungsinya untuk melawan alergen, virus, bakteri, hingga jamur penyebab penyakit. Oh iya, susu tulang keropos ini juga tinggi zat selenium yang penting untuk sistem imun.

khasiat susu kambing etawarich

4. Susu untuk Kesehatan Jantung

Selain mengandung kalsium yang tinggi sebagai susu nyeri sendi, susu etawa juga cocok disebut sebagai susu untuk kesehatan jantung.

Kenapa? Karena kadar magnesium yang tinggi di dalamnya dapat membantu menjaga detak jantung normal serta mencegah terjadinya gumpalan darah yang bisa meningkatkan level kolesterol dalam darah.

Selain itu, magnesium juga akan bekerja sama dengan Vitamin D yang sangat penting untuk kesehatan jantung. Jumlah magnesium dalam susu kambing etawa bahkan lebih banyak daripada susu sapi.

5.Β  Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Susu kambing etawa mengandung kadar protein lebih tinggi dari susu sapi. Nah, anak-anak dalam masa pertumbuhan tentunya membutuhkan asupan protein tinggi yang cukup. Protein dibutuhkan untuk membentuk sel dan jaringan tubuh, menjaga daya tahan tubuh, dan menjadi sumber energi.

Jika kebutuhan protein anak terpenuhi salah satunya dengan cara memberikan susu kambing etawa. Ini bisa mencegah stunting lho. Susu untuk kesehatan ini bisa diberikan pada anak usia di atas 2 tahun.

Baca Juga: Ini Dia Alasan Mengonsumsi Taurin Juga Penting

Kandungan Susu Etawa

Nah, jika melihat manfaat di atas, tentunya itu termasuk khasiat susu kambing etawarich juga ya, minasan. Mengingat dia terbuat dari 98% susu kambing etawa rendah gula dan lemak. Itu juga gulanya gula stevia. Udah gitu tanpa tambahan bahan pengawet, minasan.

Eh iya, susu etawarich juga mengandung 3x nutrisi dan kalsium yang lebih tinggi, sehingga selain bagus sebagai susu pengeroposan tulang, dia juga bisa melancarkan ASI dan membantu pertumbuhan janin ibu hamil.

So, aman banget dikonsumsi bumil dan busui juga. Biar lebih jelas, aku bahas satu per satu kandungan susu etawa ini di bawah ini ya.

susu etawarich

1.Β  Susu Kambing

Susu kambing atau susu etawa mempunyai kandungan fosfor, kalsium, sodium, dan flourin. Kandungan tersebut tentunya bermanfaat dalam melancarkan pencernaan, penyerapan nutrisi makanan, dan menurunkan kolestrol. Susu untuk kesehatan ini juga bisa dijadikan sebagai susu alternatif yang tidak menyebabkan alergi.

Kalsiumnya tentu baik untuk mencegah osteoporosis, pengapuran tulang, susu nyeri sendi, hingga obat yang bisa memelihara dan meregenerasi sistem saraf, hingga menyembuhkan TBC dan Asma.

2. Kayu Manis

Susu untuk nyeri sendi ini juga memiliki kandungan kayu manis yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara meningkatkan sensivitas insulin. Kayu manis juga terkenal dengan khasiatnya yang dapat menurunkan risiko diabetes, meringankan rasa sakit saat rematik, mencegah kerusakan pada jaringan persendian, menghambat osteolastogenesis.

Kandungan antioksidan seperti polifenol juga efektif untuk melawan radikal bebas, mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar LDL dan HDL, dan turut meningkatkan sensivitas insulin.

Sensivitas insulin yang meningkat karena kandungan kayu manis bisa membantu meningkatkan energi, menyehatkan metabolisme tubuh, mengurangi penyakit neurodegeneratif yang bisa mencegah kanker. Kemudian mengobati infeksi saluran pernapasan.

kandungan susu etawa kaya nutrisi

3. Gamat

Ekstrak gamat dalam kandungan susu etawa bermanfaat dalam mengatasi nyeri sendi dan pembentukan tulang rawan di tubuh. Kenapa? Karena ekstrak gamat tinggi protein, kolagen, glukosamin, dan kondroitin.

Baca Juga: Tips Menurunkan Berat Badan

4. Bee Pollen

Dalam susu etawarich terdapat flavonoid, quercetin, dan glutathione. Kandungan tersebut bisa menangkal radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), memelihara fungsi hati, dan menjaga kesehatan jantung.

5. Daun Sirsak

Kenapa susu untuk pengeroposan tulang ini bisa mengatasi asam urat? Karena dia mengandung flavonoid yang bisa mencegah pembentukan asam urat. Caranya dengan menghambat kerja enzim xhantine oxidase.

Cara Mengonsumsi dan Menyimpan Susu etawarich

  • Untuk mendapatkan khasiat susu kambing etawarich, kamu bisa mengonsumsinya setiap hari sebanyak 2-3 kali sehari (sekali minum 1 sachet) dan bisa diminum sebelum maupun setelah makan karena tidak mengandung efek samping apa pun.
  • Jangan menggabungkan susu etawa dengan teh supaya khasiatnya terasa.
  • Berikan jeda 2-3 jam jika sedang mengonsumsi vitamin atau obat-obatan.
  • Jika memiliki alergi terhadap susu dan intoleransi laktosa, jangan mengonsumsi susu kambing ini.
  • Simpan di tempat yang kering dan suhu tidak lebih dari 30Β°C. Kemudian hindarkan dari sinar matahari langsung.
susu kambing etawa

Kesimpulan

Pengapuran tulang hingga osteoporosis mengancam kesehatan manusia usia 30 tahun ke atas. Apalagi kalau kitanya jarang olahraga dan tidak memperhatikan nutrisi dari makanan serta minuman yang dikonsumsi ya, minasan. Untuk itu perlu banget deh asupan kalsium dari konsumsi susu etawa yang kayak akan berbagai manfaat.

Tentunya ada banyak susu untuk nyeri sendi yang beredar di pasaran. Namun, kita enggak boleh asal pilih. Kita harus memperhatikan kandungan bahan yang aman. Nah kamu bisa memilih susu kambing etawa yang udah ada nomor P-IRT dan LPPOM MUI nya.

Meski begitu, kamu mesti hati-hati dalam melakukan pembelian ya, minasan. Jangan sampai membeli produk tiruan aka palsu apalagi ilegal. Nah, kalau minasan mau beli susu etawarich, yuk beli di distributor resminya yang ada di Shopee etawarich official storeΒ dan Tokopedia etawarich official store

0 thoughts on “Manfaat Susu Etawa untuk Menjaga Kesehatan”

  1. Memang seiring berkurangnya usia, maka salah satu yang harus idwaspadai nyeri sendi ya, Mbak. Jangan sampai mengacu pada radang sendi. makanya setelah mencari info, susu kambing etawa sengat membantu, apalagi terbuat dari 98% susu kambing murni dan bahan-bahan berkhasiat lainnya.

    Reply
  2. saya tuh udah lama juga Kak dengar tentang susu etawa tapi masih maju mundur mau cobain, padahal usia juga sudah 30+ gini sudah mulai merasakan nyeri sendi, kalau bangun juga sering banget kesemutan gitu.
    selama ini pikirnya susu etawa itu pasti bau, kan susunya kambing, ternyata susu etawa etawarich berbeda ya.
    Nanti mau coba checkout juga ah πŸ™‚

    Reply
  3. Ternyata banyak banget manfaat susu etawarich ini buat Kesehatan yaa. Apalagi kalau umur segini tuh rawan pengeroposan tulang dan anemia. Kayanya aku jadi pengen nyoba apalagi kan ngga bau prengus jadi aman buat anak-anak juga.

    Reply
  4. Aku juga ragu setiap kali minum susu kambing tuh, bau prengus atau nggak. Soalnya nggak suka baunya malah bikin mual. Untungnya susu Etawa ini nggak bau sama sekali yaa, jadi bakalan suka nih konsumsinya kalau nggak bau.

    Reply
  5. masalah banget nih aroma gak enak dari susu etawa nih, bikin gak nyaman dan males minumnya. tapi etawarich ternyata gak bau prengus yaaa, aduuh auto pengen nyobain deh

    Reply
  6. sepertinya aku juga mau nyobain susu etawarich ini, soalnya tidak ada bau prengus seperti susu kambing lainnya. jadi lebih nikmat di konsumsi untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi.

    Reply
  7. Aku jg udh khawatir aja nih. Pasti susu kambingnya bau prengus. Rata2 sih kayak gt. Mknya aku ga berani beli lagi susu etawa.

    Tp pas melihat ini, aku kembali tertarik lg. Katanya udh ga bau prengus krn udh melewati proses pemasakan berlapis. Alhasil, bau prengus hilang tp nutrisi msh tetap terjaga. Mantap nih susu kambing etawarich ini.

    Reply
  8. masalah banget nih aroma gak enak dari susu etawa nih, bikin gak nyaman dan males minumnya. tapi etawarich ternyata gak bau prengus yaaa, aduuh auto pengen nyobain deh

    Reply
  9. setelah baca reviewnya jadi pingin nyoba nih susu kambing etawa rich ini, campuran repahnya jadi nambah aromanya sepertinya ya kak. Apalagi manfaat nya bagus sekali untuk kesehatan.

    Reply
  10. Nggak enaknya minum susu kambing tuh ya karena ada bau prengusnya. Padahal semua orang mah tahu susu kambing tuh bagus buat kesehatan. Kalau ada yang nggak bau prengus kayak gini sih pasti pada doyan minum susu kambing.

    Reply
  11. Susu etawa ini khasiatnya banyak sekali untuk kesehatan, terlebih buat yang sudah berumur. But, bagi yang masih tergolong muda sangat cocok juga untuk mendukung aktivitas dan kekuatan tubuh, apalagi yang aktivitasnya berat.

    Reply
  12. Sepertinya saya juga harus mencoba konsumsi susu kambing nih. Mengingat tukang dan persendian udah mulai banyak keluhan. Yah faktor umur emang ga bisa dibohongi ya. Siapa tahu cocok dengan meminum susu ini secara rutin ya

    Reply
  13. Ternyata banyak sekali manfaat susu kambing yah. ngga kalah sama manfaat susu sapi. Kandungan susu kambing kalau diolah dan dimaksimalkan kandungannya beneran bisa memiliki banyak manfaat. Ini kalau dikonsumsi rutin pasti bakal memberikan manfaat optimal ya

    Reply
  14. Aku baru tahu ada nama susu etawa dari susu kambing ini, apalagi buat lansia ya. Boleh nih aku rekomendasikan ke mama ku yang udah tua, sebagai bentuk pencegahan.

    Reply
  15. Sampai saat ini aku penasaran kenapa namanya etawa, suatu daerah/wilayah kah? Atau nama kambingnya itu kambing etawa wkwk
    Sebagai pecinta susu kambing masi bertanya-tanya..

    Reply
  16. Aku baru tahu kalo susu kambing etawarich ini rendah gula dan lemak. Jadi lebih aman utk dikonsumsi ya kak. Bahkan utk org tua sekalipun.

    Emg hrs hati2 sih ya kalo mau mengonsumsi susu. Jgn asal beli susu tp malah ga bernutrisi dan mencegah penyakit.

    Reply
  17. Susu etawa etawrich ini sangat rekomended ya, Mbak. Bentuk sachetnya jadi mudah dibawa ke mana-mana. terbuat dari 98% susu kambing murni, ditambah bahan-bahan alami, membuat susu etwarich mencegah berbagai penyakit.

    Reply
  18. Tetep ada warn-nya yaa..
    Bahwa intoleran ama laktosa, lebih baik disarankan untuk gak konsumsi. Alhamdulillah~
    Sehingga kita semua bisa merasakan manfaat dari Susu Etawarich yang baik untuk kesehatan, terutama gigi, tulang dan sendi.

    Reply

Leave a Comment