Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Penerapan Kurikulum Internasional

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Peran kurikulum internasional dalam meningkatkan kualitas pendidikan

Jadi nih, belakangan saya makin suka mengikuti berita mengenai salah satu ajang kecantikan nasional. Terus suka kepo sama Instagram finalis daerahnya. Nemu lah saya soal advokasi pendidikan dan istilah Indonesia Emas 2045. Di tahun 2045, Indonesia genap berusia 100 tahun dan diharapkan akan menyongsong bonus demografi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Apa itu bonus demografi? Bonus demografi adalah keuntungan ekonomi yang bisa negara dapat karena memiliki lebih banyak penduduk usia produktif.

Generasi emas atau penduduk yang memiliki kompetensi bekerja ini tentunya berasal dari generasi usia belasan hingga 20-an saat ini. Generasi ini digambarkan sebagai calon pemimpin yang cerdas, memiliki karakter kuat, mampu berinteraksi (sosial dan alam), dan berperadaban unggul.
Melihat kriteria generasi emas harapan bangsa tersebut, saya rasa untuk mewujudkannya, memilih kurikulum pendidikan internasional dalam sistem pendidikan di Indonesia juga turut berperan penting. Kenapa? Karena pendidikan menjadi pondasi dasar yang bisa mempengaruhi pola pikir dan karakter seseorang.

Apa Itu Kurikulum Internasional?

Sistem pendidikan merupakan gabungan metode yang digunakan saat proses belajar mengajar agar peserta didik bisa menggali potensi dirinya. Di Indonesia ada sistem pendidikan dengan kurikulum nasional (saat ini kurikulum merdeka belajar) dan kurikulum internasional.
Kurikulum internasional adalah pedoman pembelajaran yang ditetapkan oleh lembaga pendidikan internasional dan diterima di seluruh dunia. Kurikulum ini digunakan oleh sekolah bertaraf internasional maupun sekolah negeri atau swasta yang memiliki pilihan kelas internasional (menggabungkan kurikulum nasional dan internasional).
Melalui kurikulum internasional, siswa bisa memilih mata pelajaran sesuai minatnya dan terlibat pembelajaran aktif. Untuk bahasa pengantar pembelajarannya pun menggunakan bahasa Inggris.
Sekolah bertaraf internasional yang sudah berstatus SPK (Satuan Pendidikan Kerja sama) wajib menambahkan 3 mata pelajaran yang ada pada kurikulum nasional. Mata pelajarannya terdiri atas mata pelajaran agama, bahasa Indonesia, dan kewarganegaraan.
Materi kewarganegaraan ini berbeda untuk peserta didik yang statusnya WNI dan WNA. Kalau WNI belajar Pancasila dan kewarganegaraan. Sementara WNA dikenalkan budaya dan bahasa Indonesia. Jadi jangan takut soal hilangnya jati diri bangsa.
Manfaat menerapkan kurikulum internasional untuk mencetak pemimpin yang memiliki kompetensi bekerja

Peran Kurikulum Internasional dalam Sistem Pendidikan di Indonesia

Kurikulum internasional yang ada dalam sistem pendidikan di Indonesia berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan karena tak hanya terpaku pada teori dan hapalan saja. Berikut beberapa keunggulan mengenyam pendidikan dengan kurikulum internasional:

1. Kemampuan Bahasa Inggris yang Semakin Terasah

Menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran tentu akan turut meningkatkan dan mengasah kemampuan speaking, listening, reading, maupun writing. Mereka tak akan malu, ragu, atau takut untuk berinteraksi menggunakan bahasa Inggris. Apalagi saat ini penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional sangat diperlukan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, kampus dengan kurikulum internasional, dan menghadapi globalisasi.

2. Potensi Peserta Didik Lebih Tergali

Peserta didik tidak perlu mempelajari semua mata pelajaran, mereka bisa memilih 3 hingga 4 mata pelajaran yang paling diminati. Dengan begitu mereka akan lebih bersemangat dan merasa excited saat belajar. Kurikulum internasional juga mendorong siswa untuk lebih aktif, berpikir kritis, dan kreatif saat belajar di kelas.
Lebih banyak memberikan study case dan kerja kelompok di dalam kelas juga bisa turut menggali potensi diri. Ditambah lagi, beberapa sekolah internasional biasanya memberikan mata pelajaran tambahan berupa seni, olahraga, riset, dan lainnya. Mata pelajaran tambahan dapat menjadi wadah untuk menyalurkan minat sekaligus eksplorasi.

3. Memiliki Wawasan Internasional yang Lebih Luas

Belajar menggunakan kurikulum internasional turut mengaplikasikan pembelajaran yang multikultural. Peserta didik akan memiliki wawasan global yang lebih luas dari segi kebudayaan, kebiasaan masyarakat, hingga isu-isu global. Hal ini akan membantu mempermudah proses menyesuaikan diri untuk hidup di antara masyarakat dunia.

4. Lebih Mudah untuk Melanjutkan Kuliah ke Luar Negeri 

Belajar dengan kurikulum internasional akan mempermudah siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi top dunia karena para siswanya sudah memiliki sertifikat kualifikasi internasional, seperti A-level.

5. Siap Menjadi Calon Pemimpin di Masa Mendatang

Terbiasa belajar menggunakan case study, berpartisipasi dalam kelompok, menyampaikan ide tanpa ragu, dan menguasai bahasa internasional akan membentuk calon pemimpin yang kompeten di masa depan.
Sampoerna University

Menyiapkan Diri untuk Menjadi Generasi Emas dengan Mengenyam Pendidikan Internasional di Perguruan Tinggi

Jangan khawatir jika belum berkesempatan bersekolah dengan kurikulum internasional. Kamu masih memiliki kesempatan mendapatkan pendidikan internasional dengan melanjutkan pendidikan di kampus dalam negeri. Lebih tepatnya di Sampoerna University.
Kenapa Sampoerna University? Sampoerna University adalah satu-satunya universitas swasta di Indonesia yang bekerja sama dengan University of Arizona, Amerika Serikat. Teman-teman pasti udah tahu kan kalau 40% dari 200 universitas terbaik di dunia itu ada di Amerika. Nah, University of Arizona ada di urutan ke 46. Dengan kata lain, saat melanjutkan pendidikan di Sampoerna University, kamu bisa belajar menggunakan kurikulum, fakultas, fasilitas, dan  Amerika tanpa perlu ke University of Arizonanya langsung.
Pilihan fakultas dan program studi pendidikan internasional di Sampoerna University
Sampoerna University dibentuk menggunakan standar nasional dan internasional. Selain itu, perguruan tinggi yang menawarkan pendidikan internasional ini sudah terakreditasi oleh Kemendikbudristek RI. Melanjutkan pendidikan tinggi di Sampoerna University akan memberikan kamu pengalaman berikut. 

Keunggulan Berkuliah di Sampoerna University

  • Mendapat kesempatan belajar menggunakan kurikulum Amerika tanpa perlu ke luar negeri. Proses pembelajarannya dua arah menggunakan project dan case study. Ini akan membuat kamu terbiasa berpikir kritis dan berkomunikasi.
  • Mendapatkan pendidikan internasional dengan biaya yang lebih hemat 75%.
  • Mengikuti program gelar ganda atau dual degree selama berkuliah 4 tahun. Jadi saat lulus, kamu akan mendapatkan gelar sarjana AS dari University of Arizona dan gelar S1-terakreditasi dari Sampoerna University.
  • Lebih dari 70% tenaga pengajarnya bergelar doktor.
  • 94% lulusannya langsung mendapatkan pekerjaan setelah 3 bulan lulus. Baik di perusahaan nasional maupun internasional.

Kesimpulan

Untuk menyongsong bonus demografi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 tentunya diperlukan generasi yang memiliki kompetensi bekerja di bidangnya. Nah pendidikan dengan menggunakan kurikulum internasional bisa turut mendorong pertumbuhan calon pemimpin masa depan yang cerdas, mampu bersosialisasi, dan tetap unggul meski bersaing secara global. Saat ini, pendidikan internasional menggunakan kurikulum Amerika Serikat bisa kamu dapatkan dengan berkuliah di Sampoerna University.

0 thoughts on “Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Penerapan Kurikulum Internasional”

  1. Sepenting itu ya ternyata penerapan kurikulum internasional di tingkat perguruan tinggi (terutama). Penguasaan bahasa asing memang nomer satu sih di zaman seperti sekarabg ini…
    Jadi mulai terang nih, gimana memilih perguruan tinggi untuk si kecil nanti…

    Reply
  2. Baru aja saya melihat presiden jokowi mengatakan bonus demografi yang dimiliki indonesia bisa menjadikan indonesia sebagai negara maju.

    Sepakat sebetulanya asalkan diiringi kualitas usia produktif. Salah satunya dengan pendidikan yang memiliki kurikulum yang baik lewat kurikulum internasional agar bisa menjadikan lulusan-lulusannya siap bersaing.

    Reply
  3. Keren, dah Sampoerna. Selain suport di olahraga, sekarang ke bidang pendidikan.
    Semoga mampou mencetak generasi yang bukan hanya handal di akademik tapi juga berahklak baik.

    Reply
  4. Peran Kurikulum internasional sangat memberikan kontribusi pada pengembangan diri peserta didik, utamanya pda kemampuan komunikasi dan berpikir kritis serta problem solving.
    Semoga kehadiran Sampoerna University dengan berbagai keunggulannya bisa mengangkat peringkat pendidikan Indonesia bersama kampus ternama lain di negeri ini di kancah internasional.

    Reply
  5. Bener ini, 40% dari 200 universitas terbaik di dunia itu ada di Amerika. Maka, suamiku dulu milih S2 pas dapat beasiswa ke sana.
    Menarik sekali ini melanjutkan pendidikan di Sampoerna University, bisa belajar menggunakan kurikulum, dan fakultas Amerika tanpa perlu ke University of Arizonanya langsung.

    Reply
  6. Cocok banget kak. Aku mendukung sih adanya kurikulum internasional ini. Biar anak-anak kita udah makin terasah dalam bersaing di dunia nasional maupun internasional nantinya.

    Reply
  7. Indonesia memiliki kelebihan dengan adanya bonus demografi, sehingga bisa dimanfaatkan dengan memberikan pendidikan yang terbaik untuk generasi emas 2045 bersama Sampoerna University. Kagum banget karena denga n kurikulum internasional bisa meningkatkan kesempatan mendapatkan kerja di era globalisasi seperti saat ini.

    Reply
  8. Memang sepenting itu ya kurikulum internasional ini. Banyak sekali manfaat yang didapat. Selain meningkatkan kualitas diri dalam berbagai sisi, anak-anak juga siap bersaing secara global. Saya juga merasakan sekali saat anak sulung sekolah di SMA dengan standard internasional. Skill bahasa dan berpikir kritisnya lebih mumpuni

    Reply
  9. Baca ulasan tentang kurikulum internasional di atas jadi tertarik dengan kurikulumnya karena punya banyak keunggulan terutama mendukung anak belajar sesuai dengan bakat dan minatnya. Nah Sampoerna University ini bisa jadi referensi ya buat yang mau cari kampus dengan kurikulum internasional

    Reply
  10. Kurikulum internasional bisa membantu menambah wawasan dan juga networking ya. Apalagi persaingan zaman sekarang dan ke depannya juga makin ketat, pastinya butuh kompetensi yang berbeda, seperti kompetensi global.
    Kalau kuliah di kampus internasional kyk Sampoerna University gelarnya juga bisa doubel ya. TFS infonya.

    Reply
  11. Bener banget ya Teh kalau kurikulum Internasional ini penting buat dijalankan soalnya kalau mau melanjutkan kuliah di luar negeri perlu meningkatkan kemampuan bahasa asing terutama bahasa Inggris.

    Reply
  12. Kurikulum Internasional ini sangat bagus dan harus segera diterapkan, karena berfokus pada pengembangan skill yang sangat dibutuhkan secara global, agar lulusan nantinya bisa bersaing di dunia kerja, tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

    Reply
  13. Bisa mengenyam pendidikan dengan kurikulum internasional sesuatu yg waah sangat.
    Melihat kualitas dan kuantitas yg dihasilkan dr program kurikulum ini pasti menjadi impian setiap anak dan orang tua pastinya

    Reply
  14. Kalau mau siap kerja emang kudu nyari kampus yang bagus. Jadi kudu tepat pilihan orang tua untuk menyekolahkan anaknya sekarang. Apalagi masalah hardskill dan soft skill sudah jadi kesatuan untuk siap didunia kerja saat ini. Kurikulum internasional sudah jadi pilihan tepat untuk siap bersaing didunia kerja global

    Reply
  15. Nah sayangnya dulu pemerintah fokus di pemberantasan buta huruf sampai-sampai anak preschool sudah dipaksa bisa Calistung. Padahal kemampuan lain juga penting untuk diasah. Sayang banget kan kalau generasi emas justru sulit bersaing.

    Reply
  16. Baru Jumat kemarin maen ke jakarta dan lewat ke Sampoerna University, asli bangunannya grande sekali, pasti berbanding lurus dengan sarana prasarana yang dimiliki untuk menunjang proses pengajaran didalamnya

    Reply
  17. Aku juga nyari2 sekolah kalau bisa yang ada kurikulum internasionalnya gini, biar nanti ke Sampoerna University ngga kesulitan adaptasi hehe..Ngga heran kalau 94% lulusannya mudah mendapatkan kerja yaa dimana2.

    Reply
  18. Semoga kehadiran Sampoerna University dengan berbagai pilihan fakultas dan berbagai keunggulannya, menjadi sinyal positif bagi negeri ini dalam mempersiapkan generasi produktif menghadapi bonus demografi.

    Reply
  19. Sekolah atau kampus dengan standar kurikulum internasional memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi generasi muda Indonesia, kualita spendidikan menjadi lebih baik dan bsia mengantarkan mereka memasuki dunia global dengan sangat mudah

    Reply
  20. Setelah mengenal kurikulum international ini saya optimis dan yakin aja pendidikan di Indonesia bisa meningkat jika kurikulumnya diadopsi apalagi di era globalisasi seperti sekarang, persaingan serba global

    Reply
  21. Sekaeang saja sudah banyak anak indo yang kuliah di luar negeri dan prestasinya ngga kalah sama anak dari berbagai negara. Mungkin efek kurikulum beberapa tahun silam saat di bangku sekolah. Sekarsng kalau diterapkan kurikulum internasional mungkin beberapa tahun mendatang kita negara kita bisa bersaing dengan banyak negara dalam hal kompetisi kerja.

    Reply
  22. Kurikulum internasional ini cocok ya diterapkan di Indonesia, anak jadi lebih mudah belajar bahasa Inggris. Tapi masih sedikit sekolah yang menerapkannya. Padahal kurikulum internasional tuh menurut aku bagus bgt apalagi sebagai bekal untuk menghadapi masa depan.

    Reply
  23. Untuk yang ingin bersaing global, masuk sekolah kurikulum internasional ini memang harus ya. Biar semua bisa setara. Kepengen deh aku masukin anak-anak sekolah internasional gitu. Tapi kalo di sini mah jarauh, eung. 😀

    Reply

Leave a Comment