Perbedaan Outing dan Outbound Serta Manfaatnya

By Gemaulani

Konnichiwa minasan, kalian apa kabar? Sehat-sehat pastinya ya, makanya bisa terdampar di sini. By the way, kali ini aku ingin membahas soal perbedaan outing dan outbound. Terus manfaat keduanya dan juga tips menyelenggarakan outing maupun outbound biar berjalan lancar.

Ngomong-ngomong soal outing dan outbound, minasan pasti udah sering denger, kan? Malah, jangan-jangan udah sering ikutan kegiatannya? Tapi, biar lebih afdol, aku mau mulai cerita di sini dari pengertian keduanya ya. Yuk, lets check this out!

Pengertian Outing dan Outbound

Apa itu outing? Jadi, outing adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dari suatu perusahaan atau instansi untuk menghabiskan waktu bersama-sama di luar kantor.

Ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar karyawan, mendorong kerja sama tim, meningkatkan semangat, dan mengurangi stres bekerja.

Manfaat lainnya dari kegiatan outing kantor adalah memberikan kesempatan bersantai, berinteraksi secara informal, dan saling mengenal di luar dunia profesional antar karyawan. Lalu, bagaimana dengan outbound?

Apa yang dimaksud dengan outbound? Outbound adalah kegiatan yang di dalamnya terdapat unsur edukasi sekaligus hiburan.

Umumnya diikuti oleh beberapa orang atau kelompok yang berasal dari perusahaan, institusi, atau komunitas tertentu. Kegiatan outbound bisa dilakukandi alam terbuka (outdoor) maupun di dalam ruangan (indoor).

Di kegiatan outbound, ada banyak permainan seru. Bahkan beberapa permainan atau aktivitas biasanya turut memacu adrenalin. Contohnya flying fox dan arum jeram.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Lembang Bandung

Apa Perbedaan Outing dan Outbound?

Mungkin beberapa orang berpikir jika outing dan outbound adalah kegitan yang sama. Padahal, jika dilihat dari pengertiannya saja sudah sedikit berbeda ya, minasan. So, mari kita lihat lebih jauh perbedaannya.

Jika dilihat dari pengertiannya, outing lebih menitikberatkan pada kegiatan rekreasi bersama-sama. Contoh: seluruh karyawan dari perusahaan A yang berbasis di Yogyakarta menginap di Hotel / Villa yang ada di Bandung. Kegiatan utamanya biasanya makan malam bersama.

Baca juga: Aktivitas Seru Menyambut Internasional Tourism Day

Bagaimana setelah makan malam bersama? Setelah itu acara bebas, bisa karaoke, bakar jagung, BBQ-an, permainan truth or dare, dan lainnya. Nah, besok siangnya seluruh peserta outing langsung kembali pulang ke tempat asalnya.
outing adalah
Lalu, kalau outbound, gimana? Sedikit berbeda dengan outing yang bertujuan healing sekaligus mengakrabkan diri, Outbound adalah kegiatan rekreasi bersama tapi mempunyai tujuan khusus. Biasanya tujuan outbound ini bersifat mengedukasi, menginsiprasi, dan memotivasi.

Tujuan outbound tergantung pada visi yang akan dicapai dari kegiatan tersebut. Acara outbound biasanya memiliki rundown acara yang sudah terjadwal untuk setiap kegiatannya. Apalagi jika perusahaan sudah menyewa jasa penyelenggara outbound.

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Jogja Hits

Tips Sukses Menyelenggarakan Outing dan Outbound

Tertarik untuk menyelenggarakan acara outing dan outbound untuk kegiatan kantor kalian, minasan? Sini yuk, coba tips berikut supaya hasilnya memuaskan seluruh peserta.

Tips Mempersiapkan Outing Seru

  1. Tentukan konsep outing supaya acara berjalan dengan lancar dan semua yang ikut merasakan keseruan serta kebahagiaan.
  2. Menentukan tempat dan waktu yang tepat. Ya, outing tak melulu soal kumpul di hotel atau villa. Kamu bisa merencanakan outing naik gunung, berkemah di pantai, dan lainnya. Untuk waktunya bisa di akhir tahun, saat ulang tahun perusahaan, menyambut kedatangan karyawan baru, atau saat ada yang mendapatkan promosi jabatan.
  3. Membuat susunan acara supaya outing lebih berkesan. Buat dari mulai pembukaan hingga penutupan. Ini bertujuan supaya acara terkontrol dengan baik.
  4. Memastikan jumlah peserta yang ikut supaya budgedting terkontol dengan baik tanpa ada pembengkakan biaya mendadak.
  5. Memastikan kegiatan outing berjalan sesuai ekspektasi. Jika kamu kesulitan untuk menunjuk panitia atau tidak bisa menghandle sendiri, tidak ada salahnya untuk menggunakan event organizer atau jasa outing. Dengan begitu, acara bisa berjalan lancar sesuai rencana. Jangan khawatir masalah harga, karena saat ini sudah banyak paket outing yang bisa dipilih.

outbound adalah
Tips Mempersiapkan Acara Outbound

  1. Menentukan tujuan outbound. Apakah untuk mempererat kekompakan, kepemimpinan, atau memotivasi untuk meningkatkan prestasi? Menentukan tujuan akan mempermudah kamu dalam menentukan lokasi dan hal-hal yang harus dipersiapkan lainnya.
  2. Menentukan lokasi berlangsungnya kegiatan outbound. Apakah outdoor atau indoor.
  3. Merancang anggaran dan waktu pelaksanaan supaya tidak over budget dan acara berjalan lancar.
  4. Menyiapkan tim instruktur atau orang-orang yang kompeten di setiap bidang kegiatannya. Supaya meminimalisir terjadinya kecelakaan dan lainnya.
  5. Menyiapkan peralatan yang menunjang acara outbound. Pastikan setiap perlatan safety.

Nah, itulah sekilas pembahasanku seputar perbedaan outing dan outbound. Terus manfaatnya dan tips menyelenggarakannya. Kalau mau lebih praktis dan aman, menyewa jasa layanan outbound dan memilih paket outing emang udah paling aman deh minasan.

Baca juga: Rekomendasi Villa Murah di Bali

Jadi, gimana? Tertarik untuk jadi pantianya? Atau kalian mau cerita pengalaman seputar outing dan outbound? Boleh banget taruh di kolom komentar, ya!

Leave a Comment