PPKM Diperpanjang, Cek Tips Aman Naik Kereta Api Di Sini!

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-4 kembali diberlakukan di berbagai kota di Indonesia. Nah, aturan PPKM ini berdampak pada sejumlah aspek, termasuk transportasi umum.

Semua moda transportasi darat, laut dan udara punya aturan masing-masing bagi penumpangnya di masa PPKM ini. Jika kamu berencana naik kereta api jarak jauh dalam masa PPKM ini, hal pertama yang wajib diamankan adalah pesan tiket kereta api online disini karena selama PPKM ada pengurangan kapasitas kursi yang dijual, yaitu hanya 70% saja. Jadi ketimbang kehabisan tiket, beli online sekarang juga.

Jika tiket sudah di tangan, berikut ini ada tips yang bisa jadi referensi agar perjalananmu dengan kereta jarak jauh tetap terasa nyaman dan juga aman.

 
Ini adalah tips aman naik kereta api saat PPKM diperpanjang

1. Tes Covid-19 Sehari Sebelum Berangkat

Salah satu dokumen penting yang jadi syarat naik kereta jarak jauh selama PPKM adalah surat keterangan negatif Covid-19 dari hasil tes RT-PCR yang dilakukan maksimal 2×24 jam sebelum berangkat atau bis ajuga rapid test antigen yang sampelnya dilakukan 1×24 jam sebelum berangkat.

Jika kamu memilih rapid test antigen, jangan lupa untuk melakukan tes sehari sebelum berangkat agar tidak repot tes di stasiun saat hari H keberangkatan Toh tidak semua stasiun punya layanan rapid test on the spot.

Selain itu tes sehari sebelum berangkat tentunya akan memberi kejelasan mengenai kondisi kamu, yaitu tidak positif dan bisa melakukan perjalanan. Jika ternyata (amit-amit) kamu positif, maka tentu saja tidak bisa melakukan perjalanan dan harus melakukan isolasi mandiri.

Jadi melakukan tes sehari sebelum berangkat dapat memberikan rasa tenang sebelum berangkat karena surat-surat sudah lengkap.

2. Download dan Print Sertifikat Vaksin Bila Perlu

Sertifikat vaksin minimal dosis pertama juga wajib dimiliki untuk bisa naik kereta di masa PPKM ini. Kamu mendapatkannya melalui website maupun aplikasi PeduliLindungi. Cukup simpan di dalam smartphone mu karena bisa ditunjukkan kepada petugas.

Jika memang ingin diprint, jangan print di tempat umum yang tidak terpercaya atau tempat yang mengharuskan kamu menyerahkan file sertifikat untuk diprint. Hal ini karena ada data sensitif berupa nama dan NIK yang bisa disalahgunakan orang-orang tidak bertanggung jawab.

Selain itu sekarang juga rawan pemalsuan sertifikat vaksin yang bisa saja data dan QR codenya mengambil yang ada di sertifikatmu. Jadi untuk mencegah hal-hal negatif seperti itu, hanya print sendiri di rumah atau di tempat yang kamu percaya dan tidak menyerahkan file sertifikat kepada siapa pun.

3. Bawa Barang-Barang Wajib Bepergian Saat Pandemi

Barang-barang yang dimaksud adalah masker beserta cadangannya, hand sanitizer, tisu antiseptic dan tisu kering serta desinfektan permukaan.

Kamu juga perlu membawa obat-obatan darurat sebagai antisipasi jika tiba-tiba merasa tidak enak badan selama perjalanan. Contohnya saja obat demam, pusing, masuk angin, mabuk perjalanan dan sebagainya. Masukkan barang-barang ini ke dalam tas agar mudah diambil jika diperlukan.

 
Barang bawaan wajib saat pandemi

4. Gunakan Kendaraan Yang Aman Menuju Stasiun

Di hari keberangkatan, kamu juga perlu memperhatikan moda transportasi yang akan digunakan untuk menuju stasiun. Pilih kendaraan umum yang sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat agar keamanan kamu terjaga selama perjalanan. Protokol kesehatan yang dimaksud adalah jumlah penumpang yang dibatasi, kendaraan yang rutin dibersihkan serta pengemudi yang sudah divaksin.

Umumnya pengemudi bus, taksi konvensional dan taksi online serta ojek online sudah divaksin karena mereka masuk dalam prioritas sebelum vaksin tersedia untuk masyarakat umum. Jadi kamu bisa merasa lebih tenang saat naik transportasi umum.  Jangan lupa juga pakai masker selama di jalan dan juga ketika tiba di stasiun.

5. Tiba Lebih Awal di Stasiun

Agar tidak terburu-buru apalagi sampai ditinggal kereta, ada baiknya kamu tiba di stasiun minimal satu jam sebelum waktu keberangkatan yang tertera di tiket. Pasalnya nanti di stasiun pun kamu akan melewati beberapa pemeriksaan yang bisa saja ramai dan mengantri. Jika datang terlalu mepet waktu berangkat dan ada antrian, maka bisa saja kamu ketinggalan kereta dan tiket pun hangus.

Jadi tibalah di stasiun lebih awal, lewati pemeriksaan dan kamu pun punya waktu untuk beli cemilan di stasiun atau duduk santai menunggu rangkaian gerbong kereta tiba. Lebih nyaman bukan?

Nah itulah tadi deretan berbagai tips yang perlu kamu ketahui jika ingin naik kereta jarak jauh di masa PPKM ini. Pastikan kamu selalu update syarat naik kereta api karena aturannya sering berubah mengikuti peraturan pemerintah ya. Kamu bisa cek Traveloka Lifestyle SuperApp jika belum beli tiket kereta maupun perlengkapan perjalanan lainnya. Selain itu patuhi juga protokol kesehatan di mana pun kamu berada ya.

0 thoughts on “PPKM Diperpanjang, Cek Tips Aman Naik Kereta Api Di Sini!”

  1. Gak tau deh sampe kapan PPKM ini diperpanjang. Dibikin level sekian, kalo sekaligus mungkin bisa diprotes habis-habisan sama masyarakat wkwk

    Semangat yang mau berkendara baik pakai pribadi maupun transportasi umum kayak kereta api ini.

    Reply

Leave a Comment