Tips Membeli Rumah KPR dengan Aman

By Gemaulani

tips membeli rumah kpr dengan aman
Memiliki hunian sendiri tentunya menjadi impian banyak orang. Meski begitu, tidak semua orang bisa membeli rumah secara cash. Apakah kamu mengalami hal yang sama? Tenang, ada solusinya kok. Salah satunya membeli rumah KPR. KPR atau kredit pemilikan rumah adalah fasilitas kredit dari bank untuk nasabah perorangan yang ingin membeli atau renovasi rumah.
Adanya sistem KPR memudahkan pembelian rumah tanpa harus menabung dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, keuntungan lain yang aku baca dari Kompas Indonesia, beberapa perbankan masih menyediakan program keringanan uang muka. Bahkan ada yang uang mukanya nol persen lho. Bunga KPR juga relatif rendah. Gimana, tertarik buat beli rumah KPR? Kalau gitu, baca tips membeli rumah KPR dengan aman di blogpost-ku kali ini ya, minasan.

Tips Membeli Rumah KPR

1. Pastikan Memilih Jenis KPR yang Sesuai

Yuhuuu, KPR ini ada 2 jenis ya minasan. Ada yang subsidi dan non subsidi. Apaan tuh udah kayak minyak, beras, sama BBM. KPR subsidi adalah kredit yang termasuk program pemerintah yang kerja sama dengan PUPR. 
KPR subsidi ditujukkan bagi masyarakat dengan penghasilan menengah ke bawah. Bentuk subsidinya bermacam-macam. Ada yang berupa peringanan kredit dan subsidi penambahan dana. Bisa untuk pembangunan atau perbaikan rumah.
Bagaimana dengan KPR non subsidi? KPR ini berlaku untuk semua masyarakat. Kemudian pihak bank yang menentukan syarat dan ketentuan KPR. Dari segi suku bunga, tipe rumah, maupun harga rumah, tentu saja lebih mahal yang non subsidi. Suku bunganya juga ada tiga jenis, berbeda dengan rumah subsidi yang flat tiap tahunnya.

2. Mengukur Kemampuan Finansial dan Jangan Tergiur dengan Bunga Rendah

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, tak hanya jenis KPR saja yang perlu kamu perhatikan. Kamu harus memastikan besaran cicilan KPR sesuai kemampuan finansial kamu. Usahakan cicilan maksimal di 30 persen dari total penghasilanmu. Ini bagian dari pencegahan risiko perubahan suku bunga yang mungkin berdampak terhadap kenaikan biaya cicilan per bulan.
Belum lagi kejadian-kejadian tak terduga seperti tiba-tiba ada pandemi sehingga penghasilan berkurang atau terjadinya PHK. Tak hanya mengukur kemampuan finansial. Kamu perlu hati-hati dengan penawaran KPR murah yang bunganya rendah. Kalau kamu mengalami keraguan dengan bunga KPR yang ditawarkan. Coba deh lihat suku bunga dasar kredit yang ada di website OJK (otoritas jasa keuangan).
mengukur kemampuan finansial dalam membayar kredit

3. Memilih Developer Terpercaya

Berkaca dari banyaknya kasus developer atau pengembang rumah yang tidak bertanggung jawab. Mulai dari membangun di tanah sengketa, menyerobot lahan orang lain, dan, bahan yang cepat roboh, dan lainnya. Untuk itu, kamu perlu berhati-hati dalam memilih. Periksalah kredibilitas developer dengan cara melihat rekam jejak developer dalam membangun properti di tahun-tahun sebelumnya.
Lihat juga jumlah proyek yang telah berhasil dibangun, hingga lamanya developer berkecimpung di dunia properti. Biar lebih pasti, kamu bisa cek Aplikasi Sistem Registrasi Pengembang atau SIRENG dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Aplikasi atau website tersebut digunakan untuk mengawai kualitas rumah subsidi yang dibangun developer supaya memenuhi standar rumah layak huni.

4. Perhatikan Tenor dan Cicilan

Ngomong-ngomong soal tenor. Biasanya rumah KPR berkisar di jangka waktu, 10, 15, 20, hingga 30 tahun. Nah, pilihan tenor ini harus kamu perhatikan sebaik mungkin karena akan mempengaruhi jumlah cicilan per bulannya. Umumnya, tenor yang panjang membuat cicilan tidak terlalu besar.
Berbeda halnya ketika kamu memilih tenor pendek. Jumlah cicilan per bulan jadi cukup besar. Nah, jika kamu memiliki cicilan lain atau gaji yang tidak terlalu besar. Sebaiknya hindari memilih tenor jangka pendek. Akan tetapi kalau penghasilan kamu memadai dan mengambil KPR untuk tujuan investasi, tentu saja lebih cepat lunas akan menguntungkan.
Biasanya tenor dan cicilan ini juga disesuaikan oleh developer dengan data-data kamu termasuk gaji menggunakan kalkulator khusus dari bank penyedia KPR. Tapi, kalau kamu ingin mencoba simulasi cicilan dan tenor sendiri. Kamu bisa coba kalkulator simulasi cicilan di Kalkulator Mortgage.
melakukan simulasi cicilan dan tenor di mortgage calculator
Di menu Mortgage Calculator Affordability, kamu bisa menghitung perkiraan angsuran bulanan dan jangka waktu cicilan rumah. Kamu tinggal masukkan saja data-data yang dibutuhkan. Di kalkulator Mortgage terdapat grafik pembayaran pinjaman disertai tabel amortisasi bulanan dan tahunan juga lho.

5. Cek Lingkungan Rumah Secara Menyeluruh

Sebagai tempat pulang dan beristirahat, tentunya kamu membutuhkan rumah yang nyaman, bukan? Jika begitu, sebelum menandatangani kesepakatan dengan developer, pastikan kamu survey lokasi terlebih dulu. Cek apakah lokasinya sesuai untuk memenuhi kebutuhan kamu. Jangan sampai demi harga murah, tapi sangat jauh ke tempat kerja, pusat pendidikan, pasar, pusat kesehatan, bahkan sulit transportasi umum.
Kondisi rumah juga harus diperhatikan. Apakah membutuhkan biaya renovasi atau kuat untuk beberapa tahun mendatang. Ini supaya kamu tidak tiba-tiba harus mengeluarkan biaya mendadak akibat adanya kerusakan rumah. Terlebih kalau kamu mengambil rumah over kredit.
Memiliki rumah sendiri dari hasil bekerja memang idaman kan, minasan. Jika kamu berkeinginan memiliki hunian indah bersama keluarga tapi belum mampu membeli rumah secara tunai. Kamu bisa memanfaatkan program KPR. Tapi jangan lupa, ingat tips membeli rumah KPR dengan aman di sini ya supaya terhindar dari hal-hal di luar dugaan.

Satu pemikiran pada “Tips Membeli Rumah KPR dengan Aman”

  1. Memiliki rumah memang salah satu jalannya dengan mencicil lewat KPR. Dan benar sekali, harus diperhatikan dulu berbagai hal, termasuk pilih KPR yang sesuai dengan kemampuan bayar juga. Terus jangan tergiur harga rumah murah. Pastinya ada harga ada rupa.

    Balas
  2. Pengalaman saudara, setelah menentukan lokasi yang strategis dan diinginkan, pastikan developer nya beneran baik dan berkualitas. Kalau perlu jelas badan hukumnya. Soalnya di tempat saya banyak developer yang menipu atau melanggar kesepakatan
    Jadi mau beli atau cicil rumah emang ga bisa sembarangan ya

    Balas
  3. Punya rumah jadi impian siapa saja, karena peluangnya ini gak hanya buat dihuni tapi juga bisa untuk investasi ya kak. Makanya pada berupaya untuk bisa memiliki hunian lewat KPR. Bisa itang-itung dulu lah ya lewat simulator

    Balas
  4. Jujurly, aku belum begitu paham nih soal perKPRan, apa karena memang belum mau cari rumah dulu ya, hihi.. Tapi setidaknya paham dikit²lah dari sini. Termasuk itung²an cicilannya dulu sesuai kemampuan pake Mortgage Calculator UK ini. Supaya ada gambaran gitu, biar gampang juga sketsanya nanti, hehe..

    Balas
  5. Solusi punya rumah sendiri tanpa harus nabung lama ya KPR aja sih. Bayarnya per bulan dan akhirnya rumah itu akan jadi milik kita juga nantinya. Jadi solusi banget untuk punya rumah lebih cepat.

    Balas
  6. Penting banget niy memang mba Gilang kalau sebelum ambil rumah untuk menghitung dan mempertimbangkan semuanya dan pastinya aplikasi Mortgage Calculator ini bakal bantu banget

    Balas
  7. Yang penting hrs sesuai kemampuan finansialnya sih. Jgn pilih yg mahal kalo duitnya kurang. Ingat, kita ngutang ke bank loh. Iya kalo bank syariah. Kalo bank konvensional, telat bayar malah disita. Hehe. Semangat para pejuang KPR.

    Balas

Tinggalkan komentar