8 Penyebab Harga Vespa Matic Lebih Mahal

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Begitu banyak pilihan kendaraan beroda dua yang hadir di negeri ini, termasuk skuter matic. Salah satu brand yang turut hadir meramaikan perskuteran matic adalah Vespa. 
 
Pasti sudah tak asing lagi kan dengan brand yang satu ini. Yang sudah hadir sejak zaman dulu dengan gaya retronya yang ikonik hingga disukai oleh berbagai kalangan dan lintas usia. Bahkan muncul panggilan Scooterist bagi para pemilik Vespa ini dan motto “satu vespa sejuta keluarga.” Bukan tanpa sebab lho gengs, melainkan karena para pengendara Vespa ini siap bahu membahu alias membantu pengendara Vespa lain layaknya keluarga jika mereka mengalami masalah mogok dan lain-lainnya di jalan.

harga vespa matic

Sejak beberapa tahun lalu, Vespa telah mengeluarkan atau memasarkan produk Vespa matic dengan mempertahankan gaya retronya ditambah sentuhan teknologi moderen yang membuatnya terlihat semakin bergaya, aman, nyaman digunakan dan juga ramah lingkungan. 
 
Namun, jika dicermati, harga vespa matic ini memang berada di atas skuter matic lainnya yang dijual di negeri ini.
 

Kelebihan Vespa Matic

Tentunya bukan tanpa alasan ya gengs skuter matic yang satu ini harganya dibanderol mulai dari 30 juta hingga ratusan juta rupiah. Soalnya ada berbagai faktor atau kelebihan seperti penjelasan di bawah ini :

1. Brand Ternama Asal Italia

Tak dipungkiri kalau nama serta asal sebuah brand itu turut memengaruhi harga jual kan gengs. Itu juga berlaku untuk produk kendaraan bermotor roda dua ini. Asalnya yang dari Italia membuatnya memiliki harga yang lebih tinggi. Walaupun konon katanya sekarang dibuat dan dirakitnya udah ada yang dari Vietnam.

2. Menggunakan Sasis Monokok

Berbeda dengan kebanyakan motor matic pada umumnya, vespa matic menggunakan sasis monokok. Jadi antara sasi dan bodi vespanya menyatu gengs. Selain itu ya, bahan sasisnya pun enggak sembarangan, terbuat dari besi yang tebal.

3. Kunci Immobilizer

Kendaraan bermotor terutama roda dua ini banyak banget kan kasus pencuriannya. Soalnya bisa diakali dengan kunci T dan lainnya. Namun tidak begitu dengan vespa matic karena sudah dilengkapi kunci immobilizer. Immobilizer ini merupakan sistem pengkodean pada kunci yang terhubung ke ECU. Jadi mesin vespa matic tak akan bisa dihidupkan dengan kunci lain termasuk kunci T. Jauh lebih aman dong tentunya.

4. Teknologi Mesin I-get

Vespa matic yang beredar di pasaran sudah menggunakan teknologi dari mesin i-get atau Italian Green Experience Technology. Mesin yang diklaim lebih ramah lingkungan namun akselerasinya tetap responsif dan bertenaga. Jadi tidak mengurangi sensasi saat kamu mengendarainya.

Baca Juga : Menilik Ciri-Ciri Mesin Truk Masih Bagus


5. Rem ABS

Iya, jadi untuk beberapa model vespa matic sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Rem ABS (Anti-lock Braking System). Di mana ABS ini berfungsi supaya vespa tidak tergelincir saat pengereman atau penghentian mendadak  dengan menghindari kondisi roda terkunci. Semakin aman deh dalam berkendara. 

6. Kapasitas Tangki BBM dan Bagasi Yang Luas

Harga vespa matic lebih tinggi dibandingkan motor sejenis juga tidak bisa dipisahkan dari tangki BBM nya yang berukuran 7 hingga 9 liter. Jadi tidak perlu sering bolak-balik mengisi bahan bakar. Selain itu, kapasitas penyimpanannya pun luas, ada yang bisa sampai 17 liter (sebuah helm bisa masuk bagasinya).

7. Tidak Sering Ganti Oli

Rutin mengganti oli merupakan hal yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor setelah jarak 4.000 km atau setiap 4 bulan sekali tidak berlaku untuk vespa matic. Sebab dengan penggunaan mesin i-get, penggantian oli bisa dilakukan setelah mencapai 10.000 km. Tapi jika sebelum 10.000 km mau diganti ya itu hak kamu ya gengs.

Baca Juga : Deretan Daftar Harga Innova Terbaru

8. Menambah Tenaga Motor Lebih Mudah

Jika kamu ingin menambah akselerasi motor vespa matic, caranya tidak harus mengoprek berbagai bagian lho. Cukup dengan mengganti roller CVT nya saja.

Nah gimana gengs, sebenarnya harga vespa matic itu sudah sesuai dengan fasilitas atau teknologi yang tersemat pada motornya bukan. Selain itu, vespa matic juga hadir dengan pilihan warna retro yang ikonik banget sehingga membuat para pengendaranya tampil stylish dan mencuri perhatian. 

0 thoughts on “8 Penyebab Harga Vespa Matic Lebih Mahal”

  1. Ooo… Begitu ternyata ya mba? Seriusan, mupeng banget sama Vespa. Cuma karena tahu harganya diatas rata2 itulah saya mundur alon-alon. Sementara pakai matic buatan Jepun dulu lah.. siapa tahu nanti ada rejekinya bisa beli Vespa matic. Aamiin

    Reply
  2. Aku jd keinget temenku motornya kyk ini dan waktu itu dia bawa ke bengkel, mas yg di bengkel berusaha lepas bannya wkkw, pdhl aslinya keknya gak bisa dilepas yaa 😀
    Ternyata lbh mahal tapi lbh hemat energi maupun hemat oli ya gak usah sering2 ganti

    Reply
  3. Vespa ini emang salah satu jenis motor yg memang terkenal sejak dulu, sebelum produsen motor bikin motor Vespa matic, pecinta Vespa pun tidak pernah surut peminat dan anggotanya.

    Baru tau ternyata Vespa bisa ampe 9 liter ya, pantes sering ngeliat komunitas Vespa itu touring, ini mah bisa nih dipake buat pulang kampung tanpa takut kehabisan BBM

    Reply
  4. Tahun 2014 udah mau beli vespa..eew gak jadi. Kata papaku bengkelnya terbatas. Jadilah beli scoopy. Eeh 6 bulan hilang dicuri di halaman rumah. Kok malah jadi curcol ya.. Heuu.. Vespa masih jadi impian uwuwuwu

    Reply
  5. suamiku ada vespa pink miliknya dan menjadi kesayangannya, tapi memang gadipake lagi sih, lebih ke di museumkan aja wkwk. Tapi rencana dia mau "menghidupkan" lagi vespa nya

    Reply
  6. lah vespa tuh ada matic? baru tau wkwkwk. kirain semua vespa ribet ada kopling ditangan gitu, enggak ya. tapi emang unik sih vespa tuh, suami sempat mau beli karena sadar bahwa dirinya besar jadinya beli yang sesuai ukuran tubuh dia aja, wkwkwk. makasih ya mba infonyaa.

    Reply
  7. Aduh ini gak mudeng dengan istilah-istilah otomotif.. yang aku paham cuma gak sering ganti oli. Meaning bisa lebih hemat. Tapi ya kadung mahal di vespa maticnya.. 🤭🤭

    Reply
  8. Bergengsi banget kalo lewat di kompleks pake motor vespa, rasanya gak kepikiran sama cicilan yang menggunung.

    Apalagi kalo punya vespa primavera itu, duh asoy lah hidupnya.

    Reply
  9. Dari jaman sekolah ngidam banget dengan motor vespa, namun vespa yang classican aja. kalau vespa metic juga keren sih, tapi kurang menantang gtu kalau kalau hanya ngegas doang.. kalau classican ada usahanya buat muter kopling..

    Reply

Leave a Comment