Ini Alasan Lebih Baik Memilih Asuransi Mobil ABDA

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Asuransi ABDA adalah perusahaan asuransi umum yang dikelola oleh PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. Produk yang dihadirkan Asuransi ABDA, meliputi asuransi kendaraan bermotor, rumah, harta benda, hingga kesehatan.

Salah satu produk unggulannya adalah Asuransi Mobil ABDA yang memberikan manfaat lengkap, mulai dari pengisian atau penggantian AKI, penggantian ban bocor, layanan derek,

Layanan Road Side Assistance, membuka pintu kendaraan ketika kunci tertinggal pengantaran, hingga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Asuransi mobil dari ABDA menyediakan dua pilihan, yaitu asuransi mobil all risk (comprehensive) dan Total Loss Only (TLO).

Alasan Memilih Asuransi Mobil ABDA

 
Asuransi all risk sesuai dengan namanya, memberi perlindungan terhadap semua risiko kerugian yang terjadi pada mobil.

Perlindungan lengkap itu biasanya mencakup kerusakan akibat kecelakaan, perbuatan jahat, dan bahkan bencana alam. Asuransi all risk memberikan perlindungan dari kerusakan kecil hingga besar dan bahkan kehilangan.

Asuransi ini sendiri cocok untuk mobil dengan usia nol sampai 10 tahun. Sebab, kondisi bodi mobil tersebut masih tergolong sangat mulus sehingga butuh perlindungan total.

Sementara asuransi TLO adalah asuransi yang menanggung biaya perbaikan mobil dengan kerusakan total di atas 75 persen. Singkatnya, asuransi mobil all risk menanggung semua risiko, sementara asuransi mobil TLO hanya menanggung kerusakan parah saja.

Asuransi TLO lebih disarankan untuk kendaraan bekas dengan usia di bawah 10 tahun. Misalnya, kamu membeli mobil bekas tahun produksi 2017 di tahun 2022. Artinya, mobil bekas tersebut masih layak untuk diasuransikan dengan menggunakan asuransi kendaraan TLO.

Polis asuransi mobil ABDA secara umum memberikan ganti rugi atas risiko kerusakan sedang hingga total pada kendaraan mobil nasabah. Manfaat pertanggungan yang diberikan pun cukup lengkap.

Mulai dari perlindungan dari kecelakaan, perbuatan jahat hingga kebakaran, opsi perluasan perlindungan banjir, badai hingga tanggung jawab hukum pihak ketiga, manfaat perlindungan untuk pengemudi dan penumpang, yang bisa diperoleh melalui paket premi mulai dari TLO dan all risk.

Pilihan polis asuransi mobil ABDA

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, ada dua pilihan plis asuransi mobil ABDA yang bisa kamu pertimbangkan. Berikut rinciannya.

1. Asuransi Mobil ABDA Comprehensive (all risk)

Produk asuransi yang satu ini memberikan perlindungan ganti rugi akibat segala risiko kerusakan yang disebabkan berbagai hal. Berikut manfaat pertanggungan asuransi mobil ABDA all risk.

  • Tabrakan atau benturan antar mobil maupun bukan
  • Mobil terbalik, tergelincir, dan terperosok
  • Akibat perbuatan orang jahat
  • Pencurian
  • Kebakaran kendaraan

2. Asuransi Mobil ABDA Total Loss Only (TLO)

Polis asuransi ini menangung biaya perbaikan sama dengan atau melebihi 75% dari harga mobil sebelum mengalami kerugian. Adapun manfaat tambahan yang dapat digunakan adalah layanan Roadside Assistance (RSA) 24 jam.

Polis asuransi ini memberikan opsi perluasan jaminan yang meliputi manfaat banjir, badai, angin topan, gempa bumi, kerusuhan, terorisme, dan kecelakaan diri baik untuk pengemudi ataupun penumpang dengan tambahan premi yang terjangkau.

3. Manfaat Tambahan

Produk total loss only (TLO) yang ditawarkan Asuransi ABDA memberikan pertanggungan terhadap risiko perbaikan ataupun penggantian jika kerusakan atau kerugian mencapai 75 persen bahkan lebih.

Manfaat pertanggungan yang ditawarkan sebagai berikut.

  • Layanan derek 24 jam
  • Untuk kejadian kecelakaan apabila kendaraan masuk ke dalam lubang dengan maksimal biaya 0,5 persen dari harga pertanggungan
  • Untuk kejadian mobil mogok
  • Layanan pengantaran bensin sebanyak lima liter apabila mobil kehabisan bensin dengan jarak lebih dari satu kilometer dari rumah.
  • Layanan bantuan menyalakan kendaraan apabila kendaraan mati akibat aki bermasalah.
  • Layanan membuka pintu kendaraan apabila kunci tertinggal di dalam kendaraan.
  • Layanan bantuan penggantian ban apabila tidak ada ban serep maupun kesulitan dalam memasang ban dengan limit maksimal tiga kali per periode polis.

Premi asuransi mobil ABDA

Besaran premi yang ditetapkan untuk produk Asuransi Mobil ABDA merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Premi Asuransi Mobil ABDA berkisar mulai dari Rp65 ribu hingga Rp200 ribuan per bulan. Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi Asuransi Mobil ABDA, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan
  • Nilai kendaraan
  • Tipe atau jenis kendaraan
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih
  • Usia kendaraan
  • Jenis penggunaan
  • Perluasan jaminan yang dipilih

Selain itu, harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO.

Hal ini karena manfaat pertanggungan yang didapatkan tentunya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, nasabah akan dibebankan biaya own risk sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Leave a Comment