4 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memilih Asuransi Rumah

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

4 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memilih Asuransi Rumah
Jenis-jenis asuransi cukup beragam. Salah satunya adalah produk asuransi rumah. Produk ini merupakan asuransi yang memberikan proteksi untuk rumah Anda dari kerugian akibat kebakaran, bencana alam, dan tindak kejahatan. Jika tertarik, maka Anda perlu mengetahui tips memilihnya agar tidak menyesal di kemudian hari.

Tips Memilih Asuransi Rumah yang Tepat

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih asuransi yang tepat untuk hunian Anda, antara lain:

1. Pahami dan Bandingkan Polis Asuransi

Sebelum memilih perlindungan untuk rumah Anda, baca dan pahami terlebih dahulu polis asuransinya. Sebab, terdapat hal-hal yang penting di dalamnya, seperti ringkasan polis, manfaatnya, pengecualian dan seperti apa prosedur pengajuan klaimnya. Oleh karena itu, pahami secara detail tiap pasal polis asuransi rumah tersebut.
Bandingkan juga manfaat dan besaran premi dari beberapa polis perusahaan asuransi lainnya. Hal ini untuk mengetahui mana polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

2. Memilih Produk Asuransi yang Sesuai Kebutuhan

Banyak perusahaan asuransi rumah dengan menawarkan berbagai jenis produk yang berbeda. Misalnya, ada produk asuransi yang hanya menawarkan proteksi akibat bencana alam saja. Sementara perusahaan lain menambahkan perlindungan atas kerusakan akibat terjadi tindak kejahatan.
Oleh karena itu, cari dan pilih asuransi hunian terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda harus memperhatikan besaran pertanggungan yang tertulis dalam polis asuransi. Pilih asuransi yang memberikan Uang Pertanggungan (UP) lebih besar di antara yang lain, atau bahkan sesuai dengan harga hunian Anda.

3. Ketahui Lebih dalam Perusahaan Asuransi

Mengetahui rekam jejak perusahaan asuransi sangat penting dalam memilih mana yang tepat untuk hunian Anda. Sebab, perusahaan asuransi dengan rekam jejak yang baik biasanya memiliki produk yang bagus. Anda bisa memeriksa rekam jejak setiap perusahaan lewat internet.
Perhatikan juga kondisi keuangan perusahaan asuransi rumah tersebut. Anda bisa memeriksa laporan keuangan tahunannya dengan standar yang sudah ditentukan POJK. Selain itu, pastikan perusahaan asuransi yang Anda pilih sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Hal ini untuk menghindari risiko tertipu karena penipuan asuransi.
Cara mudah klaim asuransi rumah

4. Memperhatikan Prosedur Klaim

Proses klaim merupakan hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih asuransi rumah. Sebab, proses ini adalah sangat penting jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 
Umumnya, perusahaan asuransi yang terpercaya memiliki prosedur klaim yang lebih jelas. Maka dari itu, pilih perusahaan asuransi yang terkenal akan layanannya yang baik, termasuk proses klaimnya. 
Selain itu, cari tahu apakah proses klaimnya mudah dan cepat atau tidak. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan Uang Pertanggungan ketika terjadi kerugian.

Cara Klaim Asuransi Rumah

Untuk melakukan klaim atas asuransi properti, Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:
  • Melaporkan kerusakan kepada pihak Asuransi secepat mungkin.
  • Membuat dan melengkapi laporan kerusakan pada formulir yang diberikan. Selain itu, Anda juga harus melengkapi dokumen pendukung mulai dari fotokopi KTP, foto kerugian barang hilang atau rusak, hingga kronologi kejadian,
  • Selanjutnya, perusahaan asuransi akan melakukan identifikasi terhadap validitas polis.
  • Jika hasil identifikasinya valid, maka perusahaan akan melakukan pemeriksaan di tempat kejadian.
  • Jika klaim dianggap valid dan diperoleh kesepakatan, maka pihak asuransi akan membayarkan Uang Pertanggungan sesuai tenggat waktu yang telah ditetapkan.

Tertarik Membeli Produk Asuransi Rumah?

Rumah adalah suatu aset yang sangat berharga dan bernilai tinggi. Oleh karena itu, wajar jika hunian Anda memiliki asuransi untuk melindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika tertarik, Anda dapat menggunakan produk asuransi rumah dari Simas Insurtech. Sebab, Simas Insurtech memberi jaminan terlengkap bagi rumah Anda.

Leave a Comment