Asuransi TLO dan Asuransi All Risk Penting untuk Keselamatan Kendaraan Anda

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Asuransi TLO dan Asuransi All Risk Penting untuk Keselamatan Kendaraan

Apakah Anda memiliki kendaraan pribadi seperti mobil? Jika ya, pastikan Anda sudah memiliki asuransi mobil All Risk dan perluasannya, di mana Anda bisa mendapatkan perlindungan kendaraan dari kerusakan kecil maupun besar dan ada juga asuransi TLO, lantas apa itu asuransi TLO?
Asuransi yang juga dapat memberikan jaminan pergantian kendaraan ketika mengalami kerusakan hingga kurang lebihnya 75%, baik kehilangan atau kerusakan pada kendaraan.
Buat mengetahuinya, bisa kita simak selengkapnya dalam pemaparan berikut ini.

Mengenal Tentang Asuransi Mobil All Risk dan Asuransi TLO

Berbicara mengenai asuransi kendaraan mobil asuransi All Risk dan TLO memiliki perbedaan yang jelas, di mana asuransi mobil all risk ini dapat diartikan sebagai segala risiko, sehingga asuransi ini menawarkan perlindungan yang akan Anda dapatkan, membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan.

Untuk asuransi mobil All Risk sendiri adalah asuransi yang dapat memberikan jaminan pertanggungan atas kerugian atau kerusakan sebagian maupun Total Loss (rusak semua) atas kendaraan mobil seperti yang disebutkan di dalam polis.
 
Untuk itu, asuransi ini akan menanggung semua biaya kerusakan dari yang berskala ringan, menengah, sampai berat. Untuk beberapa pertanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi All Risk yang perlu Anda ketahui antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Tabrakan, benturan, terbalik, dan terperosok.
  2.  Kehilangan atau kerusakan akibat pencurian. 
  3. Pencurian yang dilakukan dengan tindak kekerasan.
  4. Kebakaran tanpa sebab atau kebakaran akibat tersambar petir.
Untuk perluasan dari asuransi mobil all risk sendiri ada beberapa pertanggungan yang tentunya dapat Anda klaim sesuai dengan yang tertulis pada polis, sehingga Anda bisa mendapatkan sesuai dengan apa yang sudah dijanjikan, pertanggungan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pertanggungan klaim akibat angin topan atau lainnya.
  2. Pertanggungan klaim akibat gempa bumi, tsunami, dan bencana alam lainnya.
  3. Pertanggungan klaim akibat, kerusuhan, sabotase, dan lainnya.
asuransi kendaraan all risk

Asuransi TLO

Asuransi Total Loss Only (TLO) adalah bagian dari asuransi yang memberikan perlindungan pada mobil dari risiko kehilangan, sehingga dapat dikatakan TLO dapat menjamin risiko akibat pencurian dan kerusakan jika ada biaya perbaikan diperkirakan sama dengan atau melebihi 75 persen dari harga kendaraan sebelum terjadinya kerugian.

Jika kehilangan mobil akibat pencurian oleh orang yang tidak bertanggung jawab akan dinilai sebagai kerusakan total, sehingga asuransi TLO akan menanggung kerugian atas kehilangan yang Anda alami sesuai dengan yang telah tertulis pada polis.
Ada yang perlu Anda ketahui jika asuransi TLO tidak memberikan pertanggungan apabila mobil Anda mengalami kerusakan minor atau  kurang dari 75 persen sesuai dengan yang dijanjikan, sehingga kerusakan, seperti bemper mobil penyok atau pencurian kaca spion tidak termasuk sebagai risiko 75 persen, sehingga Anda tidak mendapatkan ganti rugi.
Untuk itu, biaya perbaikan atau penggantian minor atau kurang 75 persen tadi menjadi tanggungan Anda pribadi.

Perbedaan Asuransi All Risk dan Asuransi TLO

1. Risiko yang Ditanggung Berbeda

 Asuransi TLO memberikan jaminan pertanggungannya ketika mencapai 75 persen. Sedangkan all risk semuanya dari hilang atau hancur akibat kecelakaan fatal.

2. Rate Premi yang Berbeda

Asuransi TLO sempit, sedangkan asuransi all risk jauh lebih mahal preminya dibandingkan TLO.


3. Usia Kendaraan

Usia kendaraan sangat berpengaruh sebenarnya pada asuransi yang bisa dipilih. Umumnya asuransi all risk ditujukan untuk mobil baru. Perlindungan asuransi all risk biasanya hanya sampai 10 tahun, sedangkan asuransi TLO bisa memberikan perlindungan lebih lama, kebanyakan hingga 15 tahun.

Manfaat Asuransi TLO

  1. Asuransi TLO membuat kita lebih berhati-hati berkendara
  2. Memiliki asuransi bukan berarti kamu jadi lebih abai dan tidak berhati-hati saat berkendara.
  3. Harga murah tapi pertanggungan besar
  4. Premi asuransi TLO itu tidak mahal sama sekali,  lebih murah dari asuransi All Risk.
Memiliki asuransi kendaraan, baik untuk mobil maupun motor memang sangat penting. Hal ini dilakukan jika terjadi hal yang tidak diinginkan tentu dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah biaya yang harus dikeluarkan, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi. 

Leave a Comment