Makanan Untuk Penderita Diabetes

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Berbagai Jenis Makanan untuk Diabetes yang baik dikonsumsi. Makanan untuk Diabetes menjadi perhatian yang harus dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Sebab, dengan mengkonsumsi berbagai aneka makanan ini, tentu penyakit diabetes ini dapat berkurang maupun untuk kamu yang ingin terhindar dari diabetes. 
Mengkonsumsi makanan yang tepat dapat membantu mengontrol asupan makanan dan secara tidak langsung dapat mengontrol diabetes. Nah, di bawah ini adalah aneka makanannya :

Aneka Makanan untuk Diabetes

1. Sayuran

Salah satu Makanan untuk Diabetes yang baik dikonsumsi yaitu sayuran. Sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. Seperti brokoli, bayam, kembang kol, terong, labu, asparagus, wortel dan juga zucchini. Kandungan yang ada di dalam sayuran ini berguna untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan serat yang tinggi tentunya bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, maka, nafsu makan dan gula darah akan lebih terkontrol.

makanan yang baik untuk penderita diabetes

2. Daging dan Ikan

Makanan untuk diabetes yang tidak kalah baik dan lezat berikutnya adalah daging dan ikan. Kedua makanan ini memiliki kandungan protein tinggi yang sangat penting untuk penderita diabetes. Daging dan ikan juga mengandung serat sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Energi yang tersedia akan lebih lama dan tentunya gula darah akan terkontrol.

 

3. Susu dan Produk Susu

Seperti yang kita ketahui bahwasannya susu itu mengandung kalsium dan juga protein yang tinggi. Di mana kandungan tersebut sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Namun tentu saja tidak seluruh susu boleh dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Susu yang diperbolehkan yaitu keju parmesan, cottage, ricotta, susu skim atau susu rendah lemak dan yogurt rendah lemak. Jadi, tak bisa sembarang susu ya teman-teman.
 

4. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh mengandung karbohidrat yang seratnya tinggi. Sehingga gula yang terkandung di dalamnya mudah dicerna oleh tubuh secara perlahan. Inilah beberapa jenis biji-bijian yang dianjurkan untuk penderita diabetes yaitu Quinoa, pasta gandum, roti gandum, oatmeal, amaranth dan millet.

 
Baca Juga: Meningkatkan Metabolisme Tubuh dengan Taurin

Berbagai produk makanan tersebut kini tidak lagi sulit ditemukan. Kamu dapat membelinya secara praktis maupun Langganan Catering agar makan kamu jadi terjadwal. Untuk para penderita diabetes yang berada di Jakarta dan sekitarnya dapat memesan di Gorry Gourmet yang menyajikan berbagai menu Makanan untuk Diabetes yang rendah gula namun tetap lezat untuk dinikmati.

0 thoughts on “Makanan Untuk Penderita Diabetes”

  1. Nah baiknya buat yang punya potensi diabetes, pemakanannya harus dijaga. Boleh lah katering untuk sendiri. Karena mengandalkan makanan rumah kadang gak sesuai seleranya dengan anggota keluarga yang lain..

    Reply
  2. Diabetes salah satu penyakit turunan juga nih. Kebetulan papaku diabetes, maka anak-anaknya sekarang dalam status warning karena kami berlima ada gen diabetes juga. Masalahnya akunya nih yang susah masih untuk mengurangi asupan gula, secara ngopinya kenceng banget. Tapi abis baca artikel ini, sepertinya aku mesti mulai juga konsumsi makanan-makanan sehat ini sambil berusaha keras mengurangi konsumsi gula

    Reply
  3. Kakekku diabetes, tapi dietnya kenceng, dan tiap pagi dulu rajin jalan kaki 2 km. Konsisten engga nasi, tapi kentang. Dan lauknya rebusan. Duh…aku hrs belajar nih…

    Reply
  4. Saya berasal dari keluarga yang memiliki riwayat diabetes, karena saya memiliki kemungkinan besar akan diabetes turunan maka saya selalu melakukan tes darah setiap tahunnya dan alhamdulillah saya bebas dari diabetes, walaupun tidak memiliki penyakit diabetes saya selalu menjaga pola makan setiap harinya.

    Reply
  5. Kalau ada yang meng kususkan diri menjadi penyedia makanan untuk penderita diabetes, jadi memudahkan ya. Nggak perlu repot-repot memilih menu, nggak perlu repot cari info makanan ini itu boleh atau nggak, tinggal pesan aja

    Reply
  6. Saudara saya mengalami diabetes tapi makanannya tidak berusaha di kontrol dan akhirnya sering masuk RS. Sebenarnya tujuan menjaga makanan adalah untuk menjaga keseimbangan asupan tubuh sehingga kita tetap bisa mengendalikan penyakit yang diderita.

    Reply
  7. Kmren ibu aku belikan alat buat periksa kadar gula. Eh trnyata tinggi. Begitu pula pas periksa..
    Akhirnya skrg ibu hanya makan sayur dan nasi merah tiap hari.. Moga stabik terus gulanya. Mksih mbakk

    Reply

Leave a Comment