Membahas Tentang Wisata Halal

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Sumber gambar : www.bandungbisnis.com

Tema pekan ketujuh ini sebenarnya menarik. Tapi, termasuk susah ya buat aku pribadi. Hiya, anaknya kan jarang wisata. Paling wisatanya di pulau kapuk aka bantal. Mana ini yang dibahas soal wisata halal pula. Tapi dicobain dulu aja lha ya. 

Menurut beberapa referensi website yang aku baca. Wisata halal itu bagian dari industri wisata yang ditujukan untuk wisatawan muslim. Jadi pelayanan wisatawannya merujuk pada aturan-aturan islam.

Contohnya hotel yang tidak menyediakan makanan ataupun minuman beralkohol. Terus pelayanan spa sama kolam renangnya terpisah antara laki-laki dan perempuan. Selain hotel, transportasi juga harus memberikan kemudahan bagi wisatawan muslim untuk melaksanakan ibadah selama perjalanan. Dari mulai pengumuman memasuki waktu sholat dan juga tempat melaksanakan sholatnya.

Indonesia sendiri berpotensi jadi pusat destinasi wisata halal dunia lho. Mengingat banyak destinasi wisata yang bisa dirancang untuk menjadi bagian dari wisata halal. Apalagi tahun lalu, wisata halal dari negeri ini berhasil meraih 12 penghargaan dari total 16 kategori di ajang World Halal Tourism Award 2016 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Salah satunya penghargaan sebagai World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel yang diraih oleh The Trans Luxury Hotel Bandung.

Penghargaan destinasi wisata halal terbaik dunia, memang milik Sumatera Barat. Tapi Jawa Barat juga punya potensi wisata halal yang besar. Bahkan konsep wisata halal sudah mulai dikembangkan di beberapa tempat wisata andalan, seperti pantai Pangandaran, Pelabuhan Ratu, Ciater, Kawah Putih, dan masih banyak lagi.

Ibu kota Jawa Barat sendiri alias Bandung pun mempunyai potensi besar soal wisata halal. Bahkan berdasarkan penelitian, ada 21 destinasi pariwisata halal di Bandung. Posisi pertama di Bandung Utara, di mana terdapat pesantren Daarut Tauhid yang dinilai cocok sebagai area edukasi halal. Kemudian di Buahbatu ada ISBI. Posisi ketiganya di Gatot Subroto, tepatnya Trans Studio Mall sebagai area rekreasi halal.

Ada salah satu wisata halal yang menurutku unik lho di Bandung. Namanya Kampoeng Bakery yang dikenal dengan singkatan KamBek. Kampoeng Bakery hadir dengan aneka roti halal dan berkualitas dengan produk-produk unggulan seperti, Breadboy, Miss Donuts, Bolen KamBeK, Brownies KamBeK, Bolu KamBeK dan semua jenis “Roti Pakai Hati” yang menjadi ciri khas Kampoeng Bakery. Keseluruhan proses produksi di Kampoeng Bakery, mulai dari pemilihan bahan makanan dan pengolahannya dijamin halal. Outlet pertama Kampoeng Bakery dibuka untuk pertama kalinya pada (13/02/2016) yang bertempat di Kampoeng Bakery Pasteur, Istana Pasteur Regency CRA 51, Jalan Gunung Batu, Bandung.

KamBek ini punyany Elfood, brand baru dari Elgroup di bidang Food dan Beverage Muslim. Yuk atuh cobain wisata halal di Bandung. Akunya sendiri malah belum wisata di Bandung #dikeplakteplon.

Sumber terkait :
https://studipariwisata.com/referensi/pariwisata-halal/

https://m.tempo.co/read/news/2016/12/08/090826568/indonesia-sapu-bersih-12-penghargaan-wisata-halal-dunia

reyginawisataindonesia.blogspot.com
http://www.haniwidiatmoko.com/destinasi-wisata-halal-kota-bandung/
http://www.gomuslim.co.id/read/news/2016/08/19/1234/kampoeng-bakery-daya-tarik-baru-wisata-halal-bandung.html

Leave a Comment