Rekomendasi Platform Pelatihan Prakerja Terbaru yang Inovatif

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Rekomendasi platform pelatihan prakerja terbaru yang inovatif
Siapa yang lagi nungguin kartu prakerja gelombang 25 dibuka, angkat tangan! Nah, sambil menunggu program pelatihan prakerja gelombang 25 dibuka pendaftarannya. Lebih baik cari tahu dulu syarat untuk mendaftar program kartu prakerja.
 
Terus kamu juga wajib tahu lho cara mengikuti pelatihan prakerja dan rekomendasi platform pelatihan prakerja terbaru yang inovatif yuk. Biar apa? Biar pendaftarannya berjalan mulus. Lalu, saat berhasil lolos program prakerja, kamu enggak bingung lagi mau milih pelatihan apa dan di mana.

Apa Itu Kartu Prakerja dan Manfaat Kartu Prakerja

Eits, iya katanya tak kenal maka tak sayang. Jadi supaya kamu semangat aka bersungguh-sungguh buat ikut pelatihannya. Sebaiknya kita tahu dulu apa sih sebenarnya program kartu prakerja ini berikut manfaatnya.
Kartu prakerja adalah program pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja, meningkatkan produktivitas, hingga daya saing untuk tenaga kerja dan pencari kerja. Nah, saat pertama kali hadir, program ini menyasar pekerja yang terkena PHK akibat pandemi Covid-19. Kemudian mendukung peningkatan kompetensi setiap individu untuk mengembangkan perekonomian UMKM.
 
Iya banget kan, pandemi Covid-19 emang mengubah segalanya. Selain banyak yang kehilangan orang tersayang, banyak juga yang kehilangan pekerjaan. Untungnya pemerintah gercep juga ngadain prakerja ini.
Manfaat kartu prakerja tentunya banyak dong. Mulai dari menambah keterampilan untuk upskilling dan reskilling. Kemudian mendapatkan insentif selama 4 bulan berturut-turut. Mendapat kelas pelatihan yang harganya diskon. Yup, beda sama harga normal. 
 
Terus … terus, bisa jadi pelengkap pendidikan formal. Kan keren, di samping punya keahliannya, kamu juga bisa menuliskannya CV. Contoh, menguasai content writing, content marketing, dan SEO. Anak ahensi banget ya, etapi ini emang skill yang banyak dicari lho untuk pekerja kreatif di dunia digital.

Syarat Kartu Prakerja dan Cara Mendaftar Prakerja

Syarat kartu prakerja adalah kamu harus Warga Negara Indonesia atau WNI yang dibuktikan dengan KTP. Kemudian berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Jadi, pastikan tidak sedang kuliah atau ikut kursus tertentu ya gengs biar lolos daftar kartu prakerja.
Syarat kartu prakerja dan cara mendaftar kartu prakerja
Selain itu, pastikan juga kamu memang sedang mencari kerja, terkena PHK, bukan pelaku usaha mikro & kecil. Anda juga bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19 hadir.
Bukan bagian dari Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa. Lalu Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD. Terakhir, maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja. Syarat terakhir ini kadang suka terlupakan lho.
Gimana cara daftar prakerja? Cara mendaftar prakerja diawali dengan mengunjungi https://dashboard.prakerja.go.id/. 
 
Kemudian pilih Daftarkan Dirimu. Jangan lupa masukkan email yang benar (jangan sampai typo) dan password. Lalu klik Daftar. Terakhir, lakukan verifikasi dengan mengunjungi tautan yang dikirimkan melalui email terdaftar.

Begini Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja

  • Ketika kamu sudah tahu cara daftar prakerja dan berhasil lolos gelombang 25 nanti atau untuk kamu yang sudah lolos gelombang 24, kamu akan mendapatkan saldo sebesar 1 juta rupiah. Saldo ini ada batas waktunya. Iya, harus kamu gunakan dalam jangka waktu maksimal 30 hari untuk membeli berbagai kelas atau kursus di salah satu plaform e-learning.
  • Jangan lupa memilih kelas pelatihan prakerja yang sesuai dengan keinginan kamu dan ikuti kursusnya hingga selesai supaya mendapatkan sertifikat dan insentif prakerja sebesar 600 ribu selama 4 bulan.
 

5 Platfrom Online Learning yang Inovatif untuk Pelatihan Prakerja

 

1. Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Pada platform online learning QuBisa, terdapat 2 pelatihan prakerja yang bisa kamu pilih. Eh bingung enggak kenapa saya menempatkan QuBisa sebagai rekomendasi pertama cara mengikuti pelatihan prakerja terbaru?
Alasannya cukup sederhana, untuk saya yang anaknya hemat banget dan mau ikut beberapa kursus untuk meningkatkan keterampilan. Tentunya perlu dong pilih yang hemat walau budgetnya 1 juta. Enggak cuma hemat sih, tapi skillnya juga memang kamu butuhkan di era metaverse saat ini.

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja Hemat Budget

Iya, di QuBisa, kamu bisa ikut kelas belajar online pertama, misal ambil: Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan untuk Supervisor seharga 400 ribu rupiah. Lalu selesai kelas pertama dengan jeda waktu tertentu, kamu bisa mengambil kelas kedua yang Membuat Website dengan WordPress. Ini lebih murah lagi, 200 ribu rupiah aja.
Manfaat kartu prakerja untuk belajar online
Nah, totalnya cuma 600 ribu aja kan. Jadi masih ada sisa 400 ribu. 400 ribu rupiah ini bisa kamu pakai mengambil Pelatihan Prakerja berikutnya. Tjakep kan.

QuBisa Bisa Menjadi Tempat Upskilling dan Reskilling Gratis

Eh ya, sebagai salah satu , QuBisa juga menyediakan lebih dari 3000 konten microlearning dan kursus online gratis yang bisa kamu manfaatkan juga. Kemudian ada banyak webinar gratis dengan tema menarik yang bisa diikuti sesuai jadwal. Tiap bulan ada terus kalau saya perhatikan.
Saat ini, di QuBisa juga ada job portalnya gengs. Nah, kan bisa dapet kesempatan berkarir juga. QuBisa juga bisa diakses melalui website dan aplikasi belajar online yang bisa kamu unduh aplikasi QuBisa untuk Android maupun aplikasi QuBisa untuk iOS.
 

2. Belajar Online di Cakap

Cakap menjadi salah satu platform yang bisa kamu pilih untuk . Cakap tergolong unik. Sebab, selain menawarkan kursus online dengan materi yang banyak dibutuhkan di era digital. Cakap memiliki banyak pelatihan unik. Yang kalau saya pikir ulang, kok bisa kepikiran ya.
cara daftar prakerja
Contoh, kalau kamu mau menjadi petani sayur, ada kursus e-learning menanam sayur dengan sistem hidroponik. Ini enggak bercanda gengs. Beneran ada. Ada juga kursus menjadi pengusaha UMKM bidang kuliner. Belajar jadi pemandu wisata, membuat kue, bekerja di pengarsipan, dan lainnya. Uniknya harga kursus prakerja di Cakap ini sama rata di 500 ribu rupiah.

3. Skill Academy by Ruangguru

Skill Academy merupakan salah satu platform online learning hasil pengembangan atau inovasi dari PT. Ruang Raya Indonesia atau Ruangguru. Di Skill Academy ada dua pilihan jenis pelatihan untuk para pemegang kartu prakerja. Ada kelas online satuan dan kelas web seminar atau webinar.
Ada banyak pilihan materi  yang menarik dan cocok untuk kamu ikuti. Mulai dari kelas populer prakerja, strategi penjualan dan pemasaran, memulai bisnis UMKM dan kuliner, mendapatkan penghasilan di dunia kreatif, hingga bekerja di bidang teknologi.
Uniknya, di Skill Academy ada pengajar yang berasal dari kalangan artis, seperti fashion designer Ivan Gunawan. Kemudian nantinya tersedia coaching clinic apabila kamu berhasil menyelesaikan kelas prakerja. Skill Academy juga terkenal sebagai wadah kursus online yang ramah disabilitas.
Cara mengikuti pelatihan prakerja

4. CariIlmu

Cariilmu.co.id adalah salah satu mitra pelatihan resmi kartu prakerja. CariIlmu menyediakan training online interaktif dan inspiratif berkualitas tinggi. Di CariIlmu, kamu sebagai peserta prakerja bebas memilih materi yang mendukung untuk meraih impian. Apakah impian kamu menjadi karyawan, freelance, atau memulai bisnis sendiri?
Insentif prakerja bisa didapatkan setelah selesai mengikuti kursus
Cariilmu mempunyai 10 kategori kelas prakerja terlengkap. Mulai dari Bisnis, Marketing, Bahasa, Media, Kecantikan. Kemudian Finansial, IT & Data, Tata Boga Fotografi dan Pengembangan Diri. Ikut kelas pelatihan prakerja di CariIlmu juga terjangkau gengs. Mulai dari 300 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah.
 

5. Sekolah Pintar

Sekolah Pintar adalah platform yang menyediakan kursus online, sekolah online, dan kuliah online dengan metode NBLS. Metode yang sudah digunakan selama 10 tahun. Pelatihan prakerja pilihan yang ada di Sekolah Pintar juga cukup beragam. Ada di bidang marketing, tata boga, kecantikan, fashion, dan jasa.
belajar online di e learning
Untuk kamu yang tertarik mengikuti pelatihan kartu prakerja di Sekolah Pintar, maka bisa mendaftar dan melakukan pembayaran melalui Tokopedia. Yup, untuk program prakerja, Sekolah Pintar berpartner dengan Tokopedia nih gengs. Harga pelatihannya juga di 500 ribu rupiah aja.
Nah itulah cara mendaftar kartu prakerja hingga rekomendasi platform pelatihan prakerja terbaru yang inovatif atau e-learning. Jangan lupa nanti insentif prakerja yang kamu dapat itu dipakai untuk memulai usaha ya gengs. Biar ilmunya bermanfaat, skillnya makin terasah dan kamu bisa menambah penghasilan Semoga bermanfaat!
 
Sementara buat kamu yang gagal terus daftar prakerja minimal 3 kali. Ada lho caranya supaya kamu dilirik eaaa. Beneran lho ini serius. Kamu bisa membuat surat pernyataan gagal 3 kali. Isi suratnya dengan benar dan kirim melalui email ke kepesertaan@prakerja.go.id. Nantinya data kamu akan ditinjau ulang oleh tim pelaksana.
 
Jadi, jangan menyerah ya kalau data kamu sudah sesuai dan tidak ada keterangan yang menunjukkan kamu dikecualikan untuk ikut kartu prakerja, bisa banget manfaatin cara lapor tersebut.
 
Selain itu, cara daftar prakerja yang kadang terlupakan adalah enggak buru-buru daftar. Iyalah plis, kamu daftar terakhir dan berharap lolos gitu? Kalau data paling awal udah memenuhi syarat kuota gelombang, ya kemungkinannya kecil. 
 
Ibaratnya kayak kamu suka seseorang, tapi banyak yang pedekate sama si dia. Kamunya malah milih nyatain terakhir pula. Ya, kemungkinan paling masuk akal udah ditikung di belokan duluan. So, pas dibuka langsung daftar ya!

0 thoughts on “Rekomendasi Platform Pelatihan Prakerja Terbaru yang Inovatif”

  1. Sepupu setamat kuliah tidak langsung kerja tetapi dia menambah skill terlebih dahulu di QuBisa, Puji Tuhan dari beberapa skill yang didapat akhirnya sekarang dia bekerja di tempat yang lumayanlah
    Salam:Dennise Sihombing

    Reply
  2. Pertama kali daftar entah gelombang berapa? Aku nggak lolos. Dan belum daftar lagi. Tapi eh tapi. Ternyata bisa dimanfaatkan untuk ambil kelas di QuBisa ya ini kartu Prakerja. Baiklah. Noted.

    Reply
  3. Wah, zaman sekarang ada kartu Prakerja ya. Pilihan kelas online nya juga banyak, bisa variatif. Buat pencari kerja harus ikut nih… Sebaiknya ikut pelatihan yang sesuai dg passion ya, dan tentu saya yang sinergis dengan pendidikan formal… Selamat berkarya ya…

    Reply
  4. Nah keponakan nih yang udah merasakan keuntungan ikut pelatihan prakerja kak, karena begitu selsai eh langsung diterima di perusahaan keren lah pelatihan prakerja ini

    Reply
  5. Saya belum berhasil mendaftarkan diri di kartu prakerja. Soalnya kemarin daftar pas berbarengan dengan tingkat covid yang meningkat tajam, jadilah kayaknya pra kerja diutamakan yang kehilangan pekerjaan karena covid. Baca ini, jadi pengen mendalami ilmu lagi biar dapat sertifikat keahliannya

    Reply
  6. Sejak gelombang empat daftar dan gagal sampai sekarang saya ditolak terus. Itu masalah kenapa ya? Padahal data sudah saya ikuti. Orang bilang mungkin ada yang tidak sinkron, nah sebelah mananya? Alasan gagal sih karena belum berkesempatan saja. Padahal saya sekarang telah diphk juga. Bukankah saya berhak ikut Prakerja ini?

    Reply
  7. Udah gelombang 25 aja. Jadi pengen ikut … biar nantinya bisa dapat insentif. Hehe…. Ikut pelatihannya dibayarin, trus abis itu dapat duit lagi … di masa susah kayak sekarang, ya menarik banget. Btw, gak ada syarat maksimal umur, kan?

    Reply
  8. Aku pernah nih daftar prakerja dan berkali-kali gagal. Setelah percobaan kesekian barulah berhasil. Setelah berhasil emang bingung si pilih platform dan pelatihan, kalau ada rekomendasi gini jadi bisa jadi referensi deh.

    Reply
  9. wah udah mau gelombang 25 aja nih pendaftaran kartu prakerja. Semoga dengan membaca tulisan ini, para peserta yang lolos program prakerja, nggak bingung lagi ya mau ambil kursus online dimana dan dengan topik apa.

    Reply
  10. Saya baru tahu platform CAKAP ini. Dan keren banget karena mengcover ilmu tentang berkebun dan menjadi petani. Jarang-jarang sekali ada yang seperti itu. Jadi penasaran pengen coba akses dan mendapatkan informasi lebih lanjut.

    Reply
  11. ternyata banyak ya, kelas pelatihan prakerja

    saya sangat setuju dengan kelas pelatihan ini

    jangankan yang fresh graduate, mereka yang sudah bekerjapun harus terus dilatih skill nya melalui kelas pelatihan

    Reply
  12. saya belum pernah coba daftar prakerja ini mba Gilang, wah wajib cobain niy siapa tahu lolos ya. APlikasi Cariilmu dan Sekolah pintarnya belum pernah saya coba mba Gilang

    Reply
  13. Dulu pernah nyoba daftar prakerja niatnya pengen ikut pelatihannya semisal yang dari skill academy itu yang paling terpenting. Eh, pas udah nyoba seleksi gagal, padahal yang dikerjain soal-soal matematis yang bikin keder hehe. Yang pelatihan prakerja dari Qubisa bagus juga tuh.

    Reply
  14. Aku adalah tim yg yg nggak lolos-lolos prakerja, mbak, wkwk..

    Ternyata banyak juga ya platform yg bisa untuk pelatihan prakerja, supaya lebih siap hadapi dunia kerja.

    Reply
  15. Selama ini cuma belajar di QuBisa, tapi gak perhatikan ada job portalnya, baru tahu lho ini, jadi pingin tahu dan apply juga nih kalau bisa, heheh. Bisa ikut Prakerja itu bersyukur banget deh 🙂

    Reply

Leave a Comment