5 Tips Jualan Emas Antam Biar Makin Cuan

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Emas dikenal sebagai salah satu jenis investasi yang banyak dimiliki orang-orang. Bagaimana tidak, emas selama ini menjadi investasi terfavorit bagi masyarakat, terutama para pemula.
Hal ini pun bukan tanpa alasan. Sebab, nilai jualnya yang stabil dan keuntungannya yang cukup besar, membuat orang-orang memilih emas, terutama emas Antam untuk diinvestasikan dalam jangka panjang. Banyak juga dari masyarakat yang memanfaatkannya untuk jualan emas Antam, karena nilai jualnya yang stabil dan tinggi.
 
Tips Jualan Emas Antam Biar Makin Cuan Via Bukalapak

 

Emas Antam merupakan salah satu produk dari perusahaan Aneka Tambang yang biasa digunakan masyarakat untuk berinvestasi jangka panjang. Di samping nilainya yang lebih stabil, emas Antam biasanya sangat mudah diperoleh masyarakat, seperti di butik emas Antam, toko emas, hingga pegadaian.
Selain beberapa hal di atas, emas merupakan jenis instrumen investasi yang memiliki tingkat likuiditas yang tinggi, yang artinya instrumen tersebut tidak memerlukan waktu khusus untuk proses penjualan dan pembelian. Saat ini, terdapat beberapa jenis emas Antam yang bisa kamu dapatkan, mulai dari emas 1 gram, 5 gram, 10 gram, 50 gram, hingga 100 gram.

Cara Jualan Emas Antam Supaya Untung

Lalu, bagaimana caranya jika ingin jualan emas Antam agar cuan banyak? Berikut tipsnya.
 

Selalu Memantau Harga Jual Emas

Bagi kamu yang sudah memiliki jenis emas antam sebagai salah satu instrumen investasi yang kamu gunakan dan berniat menjualnya untuk mendapatkan keuntungan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah selalu memantau tentang harga naik-turun emas, yang tentunya bisa kamu akses dengan mudah menggunakan internet. Kamu bisa memantaunya di website atau media sosial resmi Antam yang selalu update harga emas setiap hari.
Hal ini diperlukan, agar kamu tidak merugi dan bisa memperhitungkan kapan waktu yang tepat untuk jualan emas. Sehingga keuntungan yang didapat pun semakin maksimal, mengikuti harga pasar yang saat itu sedang berlaku.
Kamu juga bisa memantau harga emas Antam lewat aplikasi yang banyak tersedia di smartphone. Melalui aplikasi pilihan yang kamu gunakan, kamu dapat melihat harga bauj turun emas serta bagaimana harga emas di daerah yang berbeda, menyesuaikan asal emas tersebut. 


Perhitungkan Jarak Waktu Pembelian dan Penjualan Emas

Tips lainnya sebelum jualan emas Antam adalah kamu harus memperhitungkan jarak dari waktu pembelian serta penjualan emas. Hal ini karena emas termasuk ke dalam investasi jangka panjang, sehingga kamu baru bisa mendapatkan keuntungan ketika menjualnya setelah beberapa tahun disimpan. Hal ini karena dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, emas memiliki kecenderungan harga yang stabil.
Jika kamu ingin menjual emas dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun setelah pembelian, keuntungan yang diperoleh pun tidak seberapa, meskipun harga emas tengah meningkat. Namun, apabila kamu ingin mendapatkan keuntungan yang signifikan, kamu perlu untuk menunggu waktu yang lebih lama, agar emas Antam yang kamu punya dapat memberikan keuntungan.
Secara sederhana, apabila kamu menyimpan emas Antam yang kamu punya dalam kurun waktu yang cukup lama, maka kemungkinan kamu mendapatkan timbal balik yang sepadan pun akan semakin besar. Dengan harga yang stabil, serta keuntungan yang ditawarkan, wajar jika banyak orang yang memilih untuk berinvestasi menggunakan emas Antam.
Menjual Emas di Toko Resmi Bukalapak Secara Online

Menjual di Toko Pembelian Emas Resmi

Selanjutnya, jika ingin menjual emas Antam, sebaiknya kamu menjual emas Antam yang kamu punya di tempat di mana kamu membeli emas tersebut pertama kali. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan mendapat penawaran lebih baik di tempat lain. Tak kalah penting, selalu bawa sertifikat emas Antam yang kamu punya satu surat pembelian resmi sehingga kamu akan mendapatkan harga jual yang sepadan.
Kamu juga bisa menjualnya di Pegadaian, yang menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi banyak orang yang ingin melakukan investasi emas. Pegadaian memudahkan setiap orang untuk menjual emas yang dibeli dari mereka. Pembelian kembali akan dilakukan Pegadaian sebesar 97 persen dari harga pasar yang berlaku.
Selain itu, jika tak ingin menyimpan emas Antam dalam bentuk fisik, kamu juga bisa membelinya secara online di Bukalapak. Sebab, di Bukalapak kamu bisa menjadi mitra dan membeli emas online dengan beragam keuntungan. Kamu bisa membeli atau menjual emas mulai dari 0,0001 gram. Selain itu, emas yang dibeli di Bukalapak juga bisa ditarik dan dikirim ke alamat pembeli.
Selain Pegadaian, toko emas, dan marketplace, kamu juga bisa menjual emas Antam langsung di PT Antam. Sebagai produsen emas terbesar di Indonesia, PT Antam memiliki butik emas yang berada di gedung Antam yang berlokasi di Jl. Simatupang, Jakarta. Nantinya, naik dan turunnya nilai emas logam mulia Antam pun dipengaruhi oleh minat pembeli.


Survei Harga Emas

Jika ingin memulai jualan emas Antam, jangan lupa untuk melakukan survei harga emas sebelum memutuskan untuk membeli atau menjualnya. Terlebih untuk kamu yang tinggal di tempat cukup jauh dari toko resmi emas Antam, dan mau tidak mau harus menjualnya di toko yang terdekat yang menerima penjualan emas Antam.
Kamu harus melakukan survei harga emas terlebih dahulu di toko-toko emas untuk memperoleh penawaran tertinggi, agar mendapatkan keuntungan maksimal.


Cek Kadar Emas Antam

Harga emas saat ini berbeda-beda, sesuai dengan nilai karat dan kadar emas itu sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya kamu perhatikan dan cek lagi kadar emas sebelum menjualnya kembali.
Pastikan kamu mendapatkan harga yang sesuai dengan jumlah karat yang terdapat dalam emas yang kamu miliki. Jangan sampai kamu menjual emas 24 karat dengan harga 18 karat, ya.
Nah, itu lima tips jualan emas Antam, agar kamu semakin cuan dalam berinvestasi. Jadi, sudah berencana untuk investasi dan jualan emas Antam?

0 thoughts on “5 Tips Jualan Emas Antam Biar Makin Cuan”

  1. Aku ngumpulin LM ANTAM ini udah sejak 2014 mba. Masih rutin Ampe skr 😁. Buatku LM itu buat dana darurat dan utk persiapan pensiun. Apalagi mengingat nilai emas yg selalu naik. Sebagian LM ku apalagi yg dibeli pas 2014-2018 itu udh naik tinggi dari harga pertama beli.

    Tapi aku blm pernah jual nih. Ntr aja kalo memang amat sangat butuh 😄. Tujuan utamanya memang utk emergency dan pensiun kok.

    Menarik kok timbal baliknya emas ini. Yg aku rasain ,dana darurat yg aku kumpulin itu butuh 12 bulan pengeluaran. Dan skr, Krn nilainya yg udh naik tinggi, malah bisa cover Ampe 3 THN pengeluaran . Coba kalo ngumpulin dana darurat pake uang biasa, kena inflasi yg ada 😅. Makanya utk JK panjang aku memang selalu percaya LM.

    Reply

Leave a Comment