Yuk Jualan Online Lewat Livestreaming Biar Naik Kelaz

By Gemaulani

Yuk jualan online, wahai anak muda yang sudah di kepala dua. Biar enggak bingung selanjutnya bagaimana kayak lirik lagu. Ahaha, bercanda ya gengs. Tapi kalau ngajakin buat bisnis onlinenya aku serius lho. Biar bisa menghasilkan uang yang berputar tanpa henti.
 
Saat ini, enggak dimungkiri kalau perilaku konsumen untuk memenuhi kebutuhan hidup, terutama kalangan remaja dan dewasa muda emang bergeser serba online. Tentu saja belanja online termasuk di dalamnya. Nah, ini bisa jadi peluang sekaligus jalan ninja kamu untuk mulai berbisnis online. Karena bisnis online punya banyak kelebihan.
Yuk jualan online lewat live streaming
 
Selain lebih minim modal, fleksibel, bisa menjangkau pelanggan di mana pun. Bisnis online juga cocok buat pemula yang pemalu kayak aku gini. Yup, soalnya enggak ketemu secara tatap muka langsung sama pelanggan. Malah bisa perlahan belajar untuk lebih percaya diri karena setiap hari terbiasa ngobrol by chat sama pelanggan. Terus ya, kalau bisnisnya makin berkembang, enggak menutup kemungkinan buat kamu membuka lapangan kerja. Mantap djiwa kan.

Kunci Sukses Jualan Online yang Perlu Kamu Perhatikan

Aku emang ngajakin buat yuk jualan online sesegera mungkin, cuma ya enggak asal jualan juga gengs. Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Bukan, bukan cuma masalah modal. Karena sekarang udah banyak sistem reseller dan dropshipper. Jadi apa dong?
 

1. Melakukan Riset Pasar dan Menggeluti Bisnis yang Cocok

Hal pertama yang perlu kamu siapkan adalah melakukan riset pasar. Misal, target pasar kamu generasi milenial dan setelahnya. Nah, cari tahu apa yang mereka butuhkan saat ini. Kalau sudah ketemu, coba pertimbangkan, mana yang paling mungkin kamu geluti, atau sesuai passion kamu supaya makin semangat jualannya.
Contoh, menjamurnya tren outfit of the day atau OOTD, membuat lini fashion jadi banyak diburu konsumen muda. Lalu, kamu sendiri memang punya kecintaan terhadap fashion. Tahu bahan baju tunik cantik seperti apa, sepatu yang cocok untuk terlihat lebih tinggi, dan lainnya. Kamu bisa mencoba menggeluti bisnis fashion dan aksesoris gengs.
 

2.  Tentukan Platform Jualan Online

Kalau udah tahu mau jual apa. Selanjutnya kamu harus menentukan mau jualan di mana. Apakah di media sosial langsung atau berdagang online juga lewat platform e-commerce? Jika aku adalah kamu, maka aku akan melakukan keduanya. Ya, jualan lewat e-commerce, tapi tetap punya akun media sosial bisnis.
Keunggulan berjualan lewat e-commerce tentu saja membuat produk yang kamu jual lebih mudah ditemukan konsumen. Terlebih lagi, metode pembayaran dan fitur gratis ongkir bisa bikin kamu kebanjiran orderan. Lalu, harus pilih e-commerce yang mana biar usaha rumahan atau UMKM kamu berjalan sesuai harapan? Coba deh jualan di Lazada.
 
Jualan di Lazada banyak untungnya

 

Alasan Kenapa Jualan di Lazada Cocok Buat Pebisnis Online

Lazada adalah salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yang diakuisis oleh Alibaba, perusahaan teknologi asal China. Nah, kecanggihan teknologi Alibaba sudah diadaptasi ke Lazada. Yang mana membuat Lazada mempunyai banyak fitur canggih yang bisa membuat pebisnis naik kelaz dan dapet banyak keuntungan.
 
Apa aja sih fitur sekaligus kelebihan jualan di Lazada? Nih aku bocorin buat kamu:
  • Proses pendaftaran jadi seller Lazada mudah dan enggak dikenakan biaya.
  • Pangsa pasarnya Lazada luas. Lazada bahkan jadi destinasi belanja terbesar
    se-Asia Tenggara.
  • Keuntungan yang kamu peroleh akan maksimal. Soalnya tanpa ada potongan komisi, penalti dan tersedia layanan gratis ongkir.
  • Menyediakan dukungan khusus bagi seller yang baru bergabung.
  • Ada Lazada University yang siap bantu kamu mengembangkan toko online di Lazada. Yup, Lazada University adalah kelas online dan offline yang materinya mengenai cara berjualan online dan meningkatkan penjualan lewat toko milik kamu.
  • Lazada punya program menarik yang bisa menggaet lebih banyak customer. Kayak Harbolnas dan Festival Ulang Tahun.
  • Ada program jualan melalui fitur livestreaming.
 
yuk jualan online di Lazada biar naik kelaz

Cara Jualan di Lazada

Nah, udah siap buat berbisnis online lewat Lazada? Yuk waktunya bikin toko online kamu dengan cara:
  • Kunjungi situs lazada.co.id
  • Pilih menu “Menjadi Seller” di homepage.
  • Tekan tombol “Daftar Menjadi Penjual Sekarang”.
  • Isi semua data dengan benar pada kolom yang tersedia. Jangan lupa, siapkan berbagai dokumen yang
    diperlukan. Mulai dari KTP, data buku tabungan dan lain-lain. Ini disesuaikan dengan tipe penjual pilihan kamu. Apakah marketplace perorangan, marketplace
    perusahaan, distributor resmi atau pemilik brand/distributor tunggal).
  • Lanjutkan ke tahap verifikasi 2 langkah. Baik melalui email atau SMS.
  • Membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan yang ada di Lazada.
  • Tekan daftar deh dan voila, toko online sudah jadi. Siap kamu isi

3.  Melakukan Strategi Pemasaran yang Sesuai Segmentasi Pasar

Setelah berhasil membangun toko online di platform  e-commerce, kamu juga perlu memiliki strategi marketing di era digital. Ini bertujuan untuk membuat toko kamu makin dikenal dan bisa memancing lebih banyak lagi pelanggan potensial dan sesuai target market.
Untuk target market remaja dan anak muda yang senang dengan hal-hal estetik, termasuk di bidang fashion. Kamu bisa mencoba strategi social media marketing di Instagram dan TikTok. 
 
Kemudian menerapkan strategi digital marketing berupa jualan online lewat livestreaming. Iya, serius jualan online lewat live streaming emang enggak cuma booming, tapi terbukti ampuh meningkatkan penjualan. So, kamu bisa manfaatin fitur live streaming yang ada di Lazada.
 
Fitur livestreaming memudahkan pelanggan untuk berbelanja ketika sedang menonton tayangannya tanpa repot pindah-pindah aplikasi.
Ceklis Persiapan Jualan Lewat Livestreaming untuk Pemula

Yuk Jualan Online dan Perhatikan Ceklis Persiapan Jualan Lewat Livestreaming untuk Pemula

Yuk jualan online yang semangat lewat fitur livestreaming biar naik kelaz dan bisa bersaing sama kompetitor nih gengs. Nah, buat kamu yang pemula. Berikut tips supaya maksimal hasilnya saat melakukan livestreaming.

1. Siapkan Perangkat yang Mumpuni

Sebelum melakukan proses livestreaming, pastikan alat tempur kamu sudah siap. Mulai dari laptop, smatphone, kamera, microphone, hingga ring light untuk pencahayaan tambahan. Ini bertujuan supaya kualitas livestreaming kamu maksimal.

2. Memastikan Koneksi Internet dan Sumber Daya Listrik Lancar

Kamu pasti pernah nonton jualan lewat livestreaming yang durasi lama, bahkan bisa sampai 1 jam. Nah, karena berlangsung cukup lama. Kamu perlu memastikan kalau sumber daya gadget yang digunakan dan koneksi internet lancar saat live. Soalnya kita enggak tahu kapan mati listrik dan koneksi internet gangguan.
 
Jika livestreaming tiba-tiba mati atau terkendala. Nantinya akan sulit untuk mengumpulkan kembali audiens yang sudah tergabung sebelumnya. Nah, gimana cara mensiasati hal ini? Kamu bisa baca tipsnya di artikel Ceklis Persiapan Jualan Lewat Livestreaming untuk Pemula.

3. Menampilkan Produk yang Berkualitas

Livestreaming bertujuan untuk menunjukkan detail dari produk yang dijual. Dengan begitu, pelanggan  bisa mengetahui bahwa produk yang kamu jual memang berkualitas. Jadi, pastikan menampilkan produk terbaik.

4. Bangun Komunikasi Dua Arah

Tak hanya melalui media sosial, Anda juga bisa membangun komunikasi dua arah melalui Live streaming. Kamu bisa mengajak audiens untuk melakukan tanya-jawab di kolom komentar terkait produk. Perlu diingat, pemirsa akan betah berlama-lama menyimak live kamu saat komunikasi yang dibangun terasa menarik.
 
Cara menggunakan lazlive streaming

 

5. Menyiapkan Promo Menarik dengan Menggunakan Fitur Livestreaming di Lazada

Berikan promo menarik, seperti diskon, harga khusus, atau pemberian sampel produk agar calon konsumen semakin tertarik untuk menonton siaran live streaming toko kamu. Supaya makin kece, kamu bisa memanfaatkan fitur live streaming di Lazada. Namanya Lazlive. Audiens jadi lebih mudah untuk bertransaksi saat kamu masih live.

Kesimpulan

Sebagai generasi muda harapan bangsa, terutama yang masih di kepala dua. Memanfaatkan pergeseran tren dalam berbelanja di kalangan remaja dan dewasa muda bisa menjadi peluang berbisnis sampingan maupun full time. Jadi, jangan ragu untuk memulai.
 
Yuk jualan online! Kalau selama ini masih menggunakan jualan dari media sosial saja, sekarang saat yang tepat buat meningkatkan penjualan dengan jualan di Lazada gengs. Apalagi melalui penggunaan Lazlive streaming akan memunculkan fitur See Now Buy Now. Konsumen jadi lebih mudah untuk membeli produk sekalipun masih menonton
tayangan live streaming. 
 
Jadi enggak perlu pindah-pindah aplikasi gitu buat beli produk yang lagi diulas saat live streaming. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan pesta promo yang ada di Lazada.

0 thoughts on “Yuk Jualan Online Lewat Livestreaming Biar Naik Kelaz”

  1. Eh, beneran nih di Lazada penjual nggak dikenai komisi, Nggi? Kebetulan aku memang lagi membulatkan tekad buat jualan di marketplace. Tapi di mp sebelah kok potongannya banyak amat 🙁

    Reply
  2. Beneran ini, salah satu temanku, seller dan merasakan manfaat live streaming. Memang menerapkan strategi digital marketing berupa jualan online lewat livestreaming terbukti ampuh meningkatkan penjualan.

    Reply
  3. Salah satu cara memdapatkan cuan dan bisa dipraktekkan untuk pemula. Jangan malas untuk riset dan bermain dengan data data supaya bisa lancar bisnisnya ya kak. Apapun yang dimulai dengan semangat pasti akan menunjukkan hasil

    Reply
  4. Baru banget nonton penjelasan live shoping via platform itu jauh lebih asik, profitable dan menjanjikan dibandingkan konvensional online shoping. Habis itu lanjut BW eh nemu tips asik jualan online via livestreaming…. Apakah ini pertanda baik? 😀

    Reply
  5. bisa dibilang, teknik marketing streaming atau live banyak yang berhasil karena beberapa marketer juga sudah membuktikanya. Kuncinya cuman satu pada teknik komunikasinya,

    Reply
  6. Wah sebuah inovasi baru nih, jualan sekarang bisa dari livestreaming dan dari livestreaming itu pun bisa mendulang pendapatan dan keuntungan yang tiada kira ya.. top banget

    Reply

Leave a Comment