Cara Bangkit dari Kekalahan ala Funi – Thank Your Losses

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Cara bangkit dari kekalahan ala Funi
Saya rasa di dunia ini tidak ada orang yang mau mengalami kekalahan atau kegagalan. Semua orang ingin berhasil mencapai keinginan atau menjadi pemenang, bukan? Menunjukkan sisi terbaik dari diri masing-masing. Tapi, yang namanya hidup, tidak selamanya berjalan mulus. Adakalanya banyak rintangan yang harus kita hadapi dan di sinilah kita harus belajar menerima.

Kegagalan Bukan Akhir Dunia

Belajar menerima kekalahan atau kegagalan memang bukan hal yang mudah. Saya merasakannya sendiri. Adakalanya saya merasa stres, frustrasi, bahkan cenderung menyalahkan diri sendiri. Padahal jika direnungkan kembali, kegagalan atau kekalahan membuat kita belajar untuk mengetahui kelemahan kita dan memperbaiki diri.
Kekalahan atau kegagalan adalah guru terbaik untuk mencapai kemenangan. Saya sepakat dengan kalimat tersebut yang diceritakan oleh Fanny Cynthia atau lebih dikenal dengan nama Funi saat Mabar Mobile Legend di channel YouTube-nya minggu lalu. Ahaha ya, saya yang suka game ringan-ringan nyatanya setahun belakangan tertarik main Mobile Legend, setelah 2 tahun sebelumnya sering menyimak tournamen esports.
Enggak tahu, seru aja merasakan deg-degan pertandingan antar tim dan kerusuhan komentator pertandingannya. Jadi, di mabarnya minggu lalu, Funi menceritakan bagaimana dirinya bangkit dari kekalahan atau 8 kali jadi runner up dan 1 kali juara 4. Buset ya itungannya bagi Funi, runner up tetep aja namanya kalah. Dari ceritanya Funi, saya makin sadar kalau kekalahan atau kegagalan di suatu waktu itu bukan akhir dunia!

Kekalahan Membuat Kamu Terus Belajar

Sebagai pro player MLBB dari GPX Team, Funi tentunya tidak ujug-ujug ada di posisinya yang cukup disegani dan seterkenal sekarang. Di awal-awal main sebagai pejuang solo, Funi bahkan kena bully atau komentar negatif juga. Dikata-katai cupu, disuruh surend aka nyerah aja. Ini relate banget, aku juga kaget pas awal-awal main ML jadi pejuang solo ranked. Tapi Funi tidak menyerah, dia terus belajar.
Cerita Funi GPX team dari awal berjuang solo ranked
Mempelajari gameplay dari top hero menjadi salah satu cara Funi belajar untuk jadi lebih baik. Funi bahkan sampai berlatih sebanyak 800 kali memainkan hero andalannya … Selena. Hasilnya, Funi pernah masuk top selena Jawa Timur di season 19. Usaha tidak mengkhianati hasil ya gengs. Apalagi kalau kamu mendapat dukungan dari lingkungan sekitar. Yup, Funi didukung teman-teman timnya saat mempelajari hero Selena.
Begitu juga saat mengalami kekalahan dalam turnamen bersama timnya di MLBB Women’s Invitational 2022. Funi jadi bisa introspeksi diri terkait kelemahan masing-masing, terus termotivasi untuk belajar dari gameplay para pro player, dan merancang strategi yang lebih baik dari sebelumnya.
Mabar Mobile legend bareng funi

Thank Your Losses

“Kekalahan membuat Funi jadi gamer yang lebih baik.” Dengan kata lain, kekalahan atau kegagalan mendorong kita untuk menjadi versi terbaik dari diri kita. Karena kekalahan membuat kita terus introspeksi diri, termotivasi untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang membuat kita kalah, dan upgrade ilmu. Setuju gengs? Saya sih setuju.
So, jangan lupa berterima kasih pada kekalahan juga yang gengs. Thank Your Losses kayak campaign dari OMEN by HP. OMEN mengajak para gamer dan masyarakat secara umum untuk menyadari bahwa pada titik di mana kita berhasil, di situ ada perjuangan atau kegagalan bertubi-tubi terlebih dulu. Jadi, tetaplah semangaaat meraih apa pun yang kamu inginkan! Jangan langsung menyerah begitu kamu mengalami kekalahan atau kegagalan.

Leave a Comment