Ikuti 9 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Mudah, dan Praktis

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Wajah tanpa masalah kulit merupakan idaman bagi kebanyakan orang. Sebab, Anda tidak perlu melakukan banyak hal pada wajah, cukup melakukan perawatan pada wajah secara menyeluruh agar bisa meningkatkan rasa percaya diri juga.
Namun, tidak semua memiliki peluang wajah mulus, melainkan banyak orang yang mengalami permasalahan wajah seperti jerawat, komedo, wajah kusam, dan lainnya. Dalam ulasan ini, kami akan membahas tentang berbagai cara untuk menghilangkan komedo secara alami, simak yuk!

Sekilas Informasi Tentang Komedo

Sebelum membahas cara menghilang komedo dengan metode yang alami, Anda perlu ketahui apa itu komedo. Komedo adalah benjolan kecil yang sering muncul pada pori-pori kulit.
Pada umumnya, komedo bisa berubah menjadi jerawat jika Anda tidak menanganinya dengan baik. Terbentuknya komedo dikarenakan pori-pori yang mengalami penyumbatan yang disebabkan oleh sel kulit mati serta minyak yang berlebihan pada wajah Anda.
cara menghilangkan komedo secara alami dan mudah

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Setelah mengetahui penjelasan diatas, kita perlu menangani komedo dengan cara yang benar agar tidak menjadi jerawat yang mengganggu di wajah Anda. Berikut ini terdapat cara menghilangkan komedo secara alami, antara lain:

Putih Telur

Cara pertama untuk menghilangkan komedo secara alami yaitu menggunakan putih telur, karena terdapat kandungan protein yang ampuh dalam menghilangkan komedo, serta membuat wajah terlihat lebih cerah.
Berikut ini terdapat cara untuk membuat masker putih telur, yaitu:
  • Letakkan 1 buah telur (hanya putih telur saja) ke dalam mangkuk
  • Gunakan beberapa tetesan dari perasan lemon
  • Aduk secara perlahan hingga menyatu
  • Oleskan campuran putih telur dan perasan lemon ke wajah Anda terutama bagian yang memiliki komedo
  • Diamkan selama lima menit
  • Jika sudah kering, maka pijat wajah secara perlahan hingga olesan masker rontok

Oatmeal

Terkadang banyak orang yang menggunakan oatmeal sebagai masker untuk merawat wajah. Ternyata oatmeal dapat digunakan untuk membersihkan komedo.
Tekstur oatmeal tidak halus, melainkan terlihat seperti scrub, sehingga Anda bisa gunakan oatmeal untuk mengangkat sel kulit mati, termasuk komedo pada wajah Anda. Membuat masker oatmeal hanya dengan menggunakan yogurt, lalu oleskan ke wajah Anda dan diamkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Kulit Jeruk

Setelah memakan jeruk, jangan buat kulitnya, karena bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo. Hal ini dikarenakan kulit jeruk memiliki kandungan seperti vitamin C.
Selain itu, terdapat antioksidan yang ada pada kulit jeruk untuk memperbaiki kerusakan pada kulit Anda akibat radikal bebas. Jadi, Anda bisa gunakan kulit jeruk untuk menghilangkan komedo secara alami.

Soda Kue

Bahan yang satu ini bisa Anda temukan di dapur Anda dan bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan komedo. Berikut ini cara menghilangkan komedo dengan menggunakan soda kue, antara lain:
  • Campurkan soda kue dengan air secukupnya
  • Aplikasikan campuran tersebut ke area wajah yang memiliki komedo
  • Gunakan jari Anda untuk mengoleskan campuran masker ke kulit
  • Tunggu beberapa menit hingga kering
  • Bilas dengan air hingga bersih
  • Lakukan masker soda kue sebanyak 2 kali dalam seminggu

Teh Hijau

Anda bisa gunakan teh hijau sebagai masker untuk menghilang komedo secara alami, serta peradangan di wajah Anda juga akan berkurang.
Anda bisa seduh teh hijau terlebih dahulu, lalu diamkan hingga dingin. Setelah itu, Anda bisa masukan teh hijau ke dalam botol spray, lalu semprotkan ke wajah atau Anda bisa langsung gunakan kapas yang dicelupkan ke teh hijau, lalu aplikasikan ke wajah secara perlahan.

Lidah Buaya

Dikutip dari The Orange Petals, penggunaan lidah buaya dapat menghilangkan komedo pada wajah Anda. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan. Anda tidak perlu menggunakan campuran lainnya, cukup dengan menggunakan gel lidah buaya, lalu aplikasikan langsung ke wajah Anda.

Kayu Manis

Selanjutnya, terdapat kayu manis yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo secara alami dan praktis. Selain menghilangkan komedo, kayu manis juga bisa membuat kulit menjadi lebih cerat dan halus.
Kayu manis memiliki antimikroba yang berfungsi untuk mencegah kemunculan jerawat. Berikut ini cara menggunakan kayu manis untuk menghilangkan komedo, yaitu:
  • Campurkan 1 sdt bubuk kayu manis dengan ½ sdt air lemon atau air mawar
  • Aduk secara perlahan hingga rata dan berbentuk seperti pasta
  • Aplikasikan ke wajah Anda
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air bersih
Masker pepaya untuk hilangkan komedo

Pepaya

Anda menggunakan pepaya yang memiliki kandungan vitamin A, C, dan E yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, sehingga kulit akan mendapatkan nutrisi dan melembabkan kulit, serta menghilangkan sel kulit mati.
Anda bisa gunakan daging pepaya yang telah dihaluskan sebagai masker, lalu oleskan ke wajah Anda secara menyeluruh, terutama area wajah yang memiliki komedo, Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Cuka Apel

Terdapat cuka apel yang memiliki kandungan zat asam yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori kulit dan mengecilkan ukuran pori-pori Anda. Cuka apel juga dipenuhi dengan anti inflamasi dan antibakteri, sehingga bisa membantu Anda untuk mencegah masalah kulit lainnya.
Itulah ulasan mengenai cara menghilangkan komedo secara alami, sehingga wajah Anda akan bersih dan lembut kembali. Bagi Anda yang memiliki masalah pada kulit wajah, Anda bisa konsultasi ke dokter di sini atau menggunakan aplikasi klikdokter untuk menemukan ahli yang cocok untuk permasalahan Anda.

Leave a Comment