Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Melatih Konsentrasi

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Sejak ditinggal Mama pulang ke yang punyanya, saya jadi mudah lupa. Mungkin selain faktor usia, jujurly pekerjaan rumah yang 100 persen jadi ditanggung sendiri bikin saya stres. Nah beberapa bulan terakhir makin terasa pelupanya. Untuk itu saya mencari cara untuk meningkatkan daya ingat dan melatih kembali konsentrasi. Apa saja yang saya lakukan belakangan ini? Berikut saya bagikan sedikit pengalaman di sini.

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Secara Alami

Ada banyak artikel yang saya pelajari terkait cara meningkatkan daya ingat supaya enggak pikun. Namun enggak semuanya saya praktikkan. Saya hanya mengambil yang ringan dan menyenangkan untuk saya lakukan. Selain membaca buku cetak, di bawah ini beberapa yang saya coba:

1. Membuat Catatan dan Menempelkannya di Tempat yang Terlihat

Kalau sebelum-sebelumnya hanya mencatat di jurnal atau notes handphone terkait kegiatan penting dan lainnya. Kali ini saya mencoba mencatatnya di stiky notes atau kertas A5. Kemudian saya menempelkannya di dinding yang sering saya lihat. Selain bisa melihatnya secara berulang, menulis manual dengan menggunakan pulpen membuat saya bisa lebih mudah dalam mengingat suatu rumus dibandingkan hanya menyimpannya dalam catatan handphone.

2. Istirahat yang Cukup

Jujur ini kerasa banget di saya. Mungkin karena saya enggak terbiasa begadang tapi sering begadang itu pun bukan untuk hal yang penting. Iyes saya begadang bukan ngerjain sesuatu tapi biasanya cuma melek aja mikirin saat-saat indah waktu Mama masih ada. Ngebayangin bisa cerita kayak biasanya sama Mama. Bener-bener buang-buang waktu ya.
 
Nah, sering begadang dan tidak ada hasilnya ini otomatis membuat saya kurang tidur. Selain jadi jompo (masuk angin, batuk-batuk, flu, demam, dan lainnya) jujur saya juga jadi sulit berkonsentrasi di siang hari. Selain itu jadi berasa lemot aja gitu kalau mikir. Mau ngucapin kata-kata tertentu aja memori di otak kayak nyari-nyari dulu.
 
Istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi

 

Untungnya karena kejadian tak terduga sebulan terakhir, saya jadi dipaksa untuk tidur tepat waktu dan kena efek ngantuk dari obat pusing yang diberikan dokter. Akhirnya tidur jam 9 dan bangun jam 5. Ini bikin badan lebih segar untuk beraktivitas. Yup, untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, pastikan tidur yang cukup (kadarnya sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing).
 

3.  Perhatikan Asupan Makanan dan Minuman yang Kamu Konsumsi

Selain istirahat yang cukup, memperhatikan asupan makanan juga mempengaruhi lho ke tubuh. Pengaruhnya banyak pula, ke daya tahan, emosi, energi, dan memori otak. Plis iya kayak seblak, cirambay, gorengan, mie instan, boba, minuman beperasa, dan lainnya yang kurang sehat emang bikin nagih. Sesekali boleh, tapi untuk konsumsi harian, pastikan yang bergizi dan sehat ya gengs ya.
Soalnya kerasa banget di aku, kalau konsumsi terlalu banyak makanan bertepung dan kadar gula tinggi tuh bikin badan gampang lemas, capek, dan lapar lagi. Cobain deh asupan makanan yang kaya akan vitamin E, vitamin C, asam lemak omega-3, folat. Beberapa sayuran sama buah mungkin kerasa mahal di daerah tertentu. Kayak di tempat tinggalku. Tapi lebih mahal lagi pas sakit dan mesti berobat jalan. Selain itu, konsumsi kadar glukosa alami dan insulin yang pas porsinya bisa bikin konsentrasi lho.
 

4. Berolahraga

Berolahraga enggak hanya mendukung tubuh kamu untuk lebih sehat dan mencapai berat ideal. Lebih dari itu, olahraga juga bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi lho. Kok bisa? Iya, saat rutin berolahraga, sirkulasi peredaran darah ke otak jadi lebih lancar.  Nah saat otak mendapatkan asupan darah yang disertai oksigen, di sanalah akan terbangun sel-sel dentate gyrus. Sel-sel ini berperan meningkatkan daya ingat dan meminimalkan penyakit lupa atau pikun.
Olahraga dan bermain game
 
Apa saja olahraga yang bisa dicoba? Enggak perlu yang berat-berat dan menguras tenaga kok gengs. Cukup luangkan waktu untuk jalan santai, jogging, berenang, bersepeda, dan pilihan olahraga kardio lainnya. Jalan santai atau sepedaan bisa sambil berangkat kerja lho. Kalau kamu WFO.

5. Bermain Game

Ini bagian yang amat menyenangkan untuk saya. Karena saya suka bermain game yang ringan untuk meredakan stres. Mungkin bagi sebagian orang bermain game tampak membuang-buang waktu, tapi bagi saya ini bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Soalnya kalau enggak konsen ya hasilnya game over.
Game-game ringan yang sering saya mainkan biasanya berupa puzzle, TTS, rubik, hitungan, dan lainnya. 

Rekomendasi Game yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Berbicara soal game, saya sebenernya agak jadul. Entah kenapa lebih suka game yang tampilannya sederhana, enggak banyak fitur, tapi bisa mengasah otak. Soalnya hidup saya udah njelimet, kalau mesti main game yang njelimet juga, malah tambah stres sayanya. Nah, kalau kamu suka game ringan tapi bisa mengasah otak juga, sepertinya kamu bisa cobain beberapa rekomendasi game di mortgagecalculator.org yang saya sukai di bawah ini:

1. Grocery Cashiers

Menurut saya game grocery cashiers yang bisa kamu mainkan secara gratis di mortgagecalculator.org ini bisa mengasah konsentrasi dan juga daya ingat. Karena kamu akan diajak untuk memasukkan harga per item yang dibeli pelanggan ke mesin kasir dan menjumlahkannya dengan batasan waktu.
 
Grocey cashiers game di mortgagecalculator.org

 

Enggak hanya itu, kamu juga harus cepat tanggap memberikan kembalian. Untuk voucher dan uang cash cara pengembaliannya pun berbeda. Saya merasa dibawa kembali ke cara perhitungan matematika dasar dan memberikan jumlah kembalian yang tepat.

2. Merge Blocks

Nah yang satu ini juga butuh konsentrasi, mesti seimbang antara melihat bangunan yang muncul di kiri dan kamu mau menempatkannya di mana. Enggak bisa asal, langsung kalah nanti. Setiap bentuk yang muncul harus didekatkan lurus atau leter L supaya bisa berubah jadi bangunan berikutnya. Nampak gampang padahal bener-bener butuh konsentrasi banget. Seru lho.
Merge blocks game untuk meningkatkan konsentrasi

3. Pizza Cafe

Terakhir, ini game yang paling saya sukai di mortgagecalculator.org. Ini akan mengasah daya ingat dan konsentrasi secara bersamaan. Soalnya harus mengingat bahan-bahan utama dan topping yang diinginkan pelanggan. Salah komposisi hasilnya jadi bukan pesanan pelanggan. Akhirnya keteteran.
Oh ya sebenarnya mortgagecalculator.org adalah situs yang fokusnya membahas soal keuangan. Akan tetapi, mereka juga menyediakan banyak gamea gratis yang bisa dimainkan melalui layar dekstop maupun handphone.
 
Bermain game pizza cafe untuk meningkatkan daya ingat

 

Nah, seperti yang sudah saya utarakan di atas terkait rekomendasi game yang bisa mengasah daya ingat dan konsentrasi di atas. Di sana enggak cuma game yang berhubungan dengan uang dan angka, ada banyak pilihan kategori berikut:
  • Money Game
  • Real Estate Games
  • Food Business Simulation Games
  • Business Simulation Games
  • Software Development Games
  • Office Politics Games
  • Other Fun Games
Nah itulah sedikit cerita saya terkait cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang enggak sengaja terdampar di sini.

Leave a Comment