Cara Mengatasi CCTV Berbunyi Beep Terus Menerus

By Gemaulani

Cara Mengatasi CCTV Berbunyi Beep Terus Menerus

Ada beberapa hal yang menyebabkan merek CCTV terbaik sering berbunyi, salah satunya disebabkan oleh harddisk DVR yang rusak atau setting alarm hingga slot BNC yang rusak. Kerusakan seperti ini bukanlah masalah besar, karena Anda bisa menyelesaikannya sendiri tanpa bantuan teknisi.

Jika Anda belum pernah mengalaminya, mungkin Anda akan merasa bingung ketika mendengar suara yang sangat mengganggu dari CCTV. Biasanya bunyi tek tek atau beep berasal dari alarm yang ada di DVR. Sebagai tanda bahwa ada masalah pada kamera CCTV terbaik Anda. Jika dibiarkan terlalu lama, maka kerusakan ini akan membuat kinerja CCTV Anda menjadi tidak maksimal.

Cara Mengatasi Bunyi Beep Terus Menerus pada CCTV

Bunyi beep pada CCTV cukup bervariasi interval waktunya, ada yang berbunyi 2 kali atau 3 kali setiap beberapa detik sekali. Kondisi ini akan sangat mengganggu, apabila terjadi di rumah atau kantor Anda, karena terlalu berisik.

Adanya kegagalan pada sistem mesin menimbulkan bunyi beep pada CCTV tersebut, biasanya berupa loss video (gambar salah satu kamera mati) atau hard disk yang tidak bisa merekam. Oleh sebab itu, Anda harus mencari penyebabnya dengan menelusuri dan mengamati tampilan pada layar monitor tv pada CCTV.

Ada beberapa bagian yang perlu Anda perbaiki untuk menghentikan bunyi beep pada merek CCTV terbaik Anda, antara lain :

1. Melakukan Pengecekan pada Harddisk DVR

Kerusakan pada Harddisk biasanya akan menjadi salah satu masalah yang sering menyebabkan CCTV menjadi berbunyi. Ketika hard disk mengalami kerusakan, maka sebagian besar alarm pada DVR akan berbunyi. Pada kondisi tersebut maka tidak ada aktivitas yang terekam dari CCTV.

Langkah pertama untuk memperbaikinya, Anda perlu memeriksa kamera CCTV terbaik Anda dapat merekam atau tidak. Cara pengecekannya cukup mudah, Anda dapat memeriksanya melalui layar monitor, tepatnya terdapat logo record atau tidak.

Apabila logo tersebut tidak muncul, maka bisa dipastikan CCTV Anda tidak bekerja dengan baik. Penyebab inilah yang menyebabkan bunyi tek tek atau beep pada hard disk. Jika terjadi kerusakan tersebut, maka perlu mengganti harddisk dengan yang baru dan pastikan hard disk dapat bekerja dengan baik sebelum dilakukan pemasangan.

Anda bisa melonggarkan sekrup pada DVR untuk membuka hard cover DVR, serta melonggarkan sekrup pada harddisk yang ada di bawah DVR. Saat mengganti harddisk dengan yang baru maka Anda perlu memeriksa bad sector pada harddisk.

Anda perlu memastikan harddisk dapat terbaca dengan baik pada DVR, kemudian Anda bisa melakukan format untuk memastikan tidak ada file di dalamnya. Langkah berikutnya, biarkan merek CCTV terbaik merekam, lalu lakukan playback untuk mengetahui DVR dapat merekam dengan baik atau tidak.

2. Pengecekan pada Setting Alarm

Fitur alarm yang terdapat pada DVR berfungsi untuk video loss, line crossing serta motion detection. Sedangkan masalah lain yang menyebabkan merek CCTV terbaik berbunyi yaitu fitur alarm ini aktif.

Apabila Anda merasa terganggu dengan fitur tersebut, maka Anda bisa me-nonaktifkannya dengan cara masuk ke menu alarm CCTV. Anda bisa mematikan alarm DVR CCTV dengan mengubah setting menjadi disable.

Namun, sebelumnya Anda perlu mengetahui lebih dahulu bahwa fitur alarm tersebut sebenarnya juga penting. Gunanya untuk memberikan informasi apabila terjadi error atau kerusakan pada sistem CCTV Anda. Anda bisa membayangkan jika ingin melihat playback rekaman CCTV, tapi ternyata tidak ada rekamannya. Penyebabnya karena error pada CCTV yang tidak ketahuan.

Mengecek harddisk pada cctv untuk mengetahui kerusakannya

3. Terlepasnya Slot BNC CCTV

Berikutnya, Anda harus mengecek bagian jack BNC yang mungkin tidak terpasang dengan baik karena sesuatu hal. Pastinya akan terjadi masalah jika jack BNC tersebut kendor, sehingga akan menjadi error yang membuat CCTV berbunyi.

Sedangkan cara untuk mematikan bunyi beep pada DVR Hikvision juga sama, Anda perlu mengecek bagian harddisk, setting alarm serta slot BNC.

4. Lakukan Pengecekan pada Harddisk

Apabila Anda menemukan Slot BNC dalam kondisi normal maka Anda bisa melakukan pengecekan pada harddisk-nya, apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Adakalanya hard disk tidak dapat menyimpan video dengan sempurna.

Jika setelah dilakukan pengecekan ternyata kondisinya masih normal, ada kemungkinan kabel BNC atau kabel hard disk ada yang kendor. Anda bisa memang DVR kembali, kemudian menyalakan CCTV-nya.

Hikvision AcuSenSe adalah merek cctv terbaik untuk keamanan rumah kamu

Merek CCTV Terbaik Hikvision AcuSense Meminimalisir Kerusakan

Banyaknya merek CCTV terbaik yang bermunculan membuat Hikvision AcuSense juga ikut mengembangkan teknologinya. Hal ini dilakukan seiring dengan semakin meningkatnya level keamanan yang semakin tinggi pula. Dengan menggunakan teknologi terkini, Hikvision AcuSense menyematkan algoritma pembelajaran secara lebih mendalam.

Tidak hanya pada kamera keamanan saja, tapi juga dilakukan pada perekam video untuk meminimalisir kerusakan atau berkurangnya fungsi perekam pada kamera CCTV. Anda bisa menggunakan alat pintar tersebut untuk meningkatkan keamanan, baik digunakan untuk dalam maupun di luar ruangan. Sedangkan untuk keunggulan Hikvision AcuSense yang perlu Anda ketahui, antara lain :

  • Mampu merekam gambar secara real time
  • Cara Kerja Lebih Efisien
  • Hasilnya Lebih Akurat
  • Cara pemasangannya Mudah

Dapat meminimalisir alarm palsuFitur-fitur berteknologi tinggi pada Hikvision AcuSense membantu Anda untuk menemukan merek CCTV terbaik. Tidak hanya bisa merasakan keunggulannya, teknologinya juga dapat mengurangi biaya keamanan yang harus Anda keluarkan.

Tunggu apalagi? Gunakan Hikvision AcuSense sekarang juga untuk meningkatkan level sistem keamanan rumah ataupun tempat bisnis Anda. Untuk detail produknya bisa Anda lihat di sini https://www.hikvision.com/id/products/IP-Products/Network-Cameras/acusense-products/

Leave a Comment