12 Cara Meningkatkan Penjualan Online, Terbukti Ampuh!

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Cara meningkatkan penjualan online bagi bisnis online
Cara meningkatkan penjualan online merupakan salah satu strategi yang harus diketahui para pelaku bisnis online. Pasalnya tanpa strategi yang tepat, bisnis online yang dikembangkan bisa saja menemui banyak kendala sehingga tidak mampu bersaing dengan kompetitor.

Pentingnya Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Online

Di zaman modern yang sudah serba digital saat ini berbagai aktivitas bisnis memang bisa dijalankan secara online. Melalui jaringan bisnis berbasis web, Anda bisa memaksimalkan pemasaran produk dan mengenalkan produk baru kepada masyarakat luas.
Banyaknya pelaku bisnis yang memanfaatkan pemasaran secara online tentu membutuhkan strategi bisnis yang paling efektif. Oleh karena itu Anda harus mengetahui bagaimana cara yang paling tepat untuk meningkatkan penjualan online. Jika jualannya laris, sudah tentu bisnis Anda akan semakin eksis.

Cara Meningkatkan Penjualan Online bagi Pemula 

Sebelumnya telah dibahas tentang pentingnya strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan online. Selanjutnya kita akan langsung membahas tentang cara yang tepat untuk meningkatkan penjualan online. Apa saja cara yang harus dilakukan, silakan simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

1. Memahami Target Pasar

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan penjualan online adalah memahami target pasar. Anda bisa memanfaatkan berbagai tool yang tersedia untuk menganalisis sehingga lebih mudah mengidentifikasi pola dan preferensi belanja konsumen.

2. Membuat Toko Online Pribadi

Cara kedua adalah membuat toko online pribadi. Hal ini sangat penting karena bisa berpengaruh pada tingkat kepercayaan konsumen. Sebagai langkah awal, silakan akses TokoTalk untuk pembuatan toko online pribadi.
Dengan memiliki toko online secara pribadi, maka bisnis yang Anda jalankan akan terlihat semakin profesional dan kredibel sehingga mampu meningkatkan kepercayaan konsumen. Jika konsumen sudah percaya maka tidak akan ragu untuk berbelanja.
Langkah membuat toko online pribadi di TokoTalk

3. Tampilan Web User Friendly

Dalam membuat toko online, Anda juga harus memperhatikan tampilan websitenya dan pastikan situs yang digunakan memiliki tampilan yang user friendly. Kalau tampilannya simpel dan mudah dimengerti, konsumen akan lebih tertarik untuk mengakses toko Anda.
Anda tidak perlu khawatir karena untuk memiliki toko online pribadi dengan tampilan yang simpel Anda bisa mempercayakannya kepada TokoTalk. Platform ini menyediakan jasa pembuatan toko online dengan fitur yang lengkap, simpel dan mudah dimengerti.

4. Metode Pembayaran Lengkap dan Praktis

Tadi sudah disebutkan bahwa toko online yang digunakan harus menyediakan fitur yang lengkap dan mudah dioperasikan. Tentunya akan lebih efektif jika toko online Anda menyediakan metode pembayaran yang lengkap sehingga konsumen memiliki banyak pilihan.
Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa toko online tersebut menyediakan layanan transaksi yang mudah dan praktis tanpa perlu proses checkout barang yang rumit. Dengan begitu maka konsumen akan merasa nyaman dan senang berbelanja di toko online milik Anda.

5. Toko Online Memiliki Keunikan Tersendiri

Selain memiliki tampilan yang mudah dimengerti dan menyediakan fitur lengkap, Anda perlu membuat toko online yang memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Keunikan tersebut  bisa ditampilkan pada tagline toko, sorotan di homepage hingga iklan di sosial media.

6. Menerapkan Strategi Content Marketing

Cara meningkatkan penjualan online selanjutnya adalah dengan menerapkan strategi content marketing. Yang dimaksud dengan strategi content marketing di sini adalah membuat konten yang efektif dan menarik seperti misalnya berupa video, foto maupun artikel.
Mengoptimalkan seo untuk meningkatkan penjualan

7. Mengoptimalkan SEO

Terkait dengan penulisan artikel, Anda bisa melakukan optimasi SEO sehingga toko online milik Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Hanya dengan mencari kata kunci, toko online Anda akan lebih mudah untuk ditemukan dan diakses konsumen.

8. Memanfaatkan Marketplace

Selain 7 cara yang telah dijelaskan di atas, Anda juga bisa memaksimalkan penjualan online dengan memanfaatkan marketplace. Penggunaan marketplace sendiri dianggap cukup efektif karena menyediakan fasilitas yang lumayan lengkap.

9. Testimoni Konsumen

Cara meningkatkan penjualan online shop yang satu ini terlihat sederhana namun mampu memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap potensi penjualan di toko online Anda. Pasalnya, testimoni konsumen akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli.
Jika ulasan atau testimoni konsumen bersifat positif, maka hal itu akan membuat calon konsumen lebih percaya sehingga tertarik untuk membeli produk yang diinginkan. Demikian juga sebaliknya, jadi pastikan testimoni konsumen Anda selalu bagus ya!

10. Mengoptimalkan Sosial Media

Sebenarnya dalam mempromosikan dan menjual produk Anda juga bisa memaksimalkannya melalui platform sosial media. Anda hanya perlu membuat akun sosial media seperti Instagram atau Facebook dan mengoptimalkan strategi promosi di dalamnya.
Mengoptimalkan social media untuk promosi toko online
Anda bisa memanfaatkan platform tersebut sebagai media untuk mengakses toko online pribadi yang Anda kembangkan. Cukup dengan menautkan link toko online milik Anda dan nantinya followers bisa langsung berkunjung dan berbelanja produk yang dibutuhkan.

11. Strategi Pemasaran FOMO

Salah satu cara meningkatkan bisnis penjualan online bagi pemula adalah dengan strategi FOMO atau Fear of Missing Out. Cara ini akan mempengaruhi konsumen sehingga muncul rasa khawatir akan melewatkan produk atau tren yang sedang berkembang.
Ada banyak contoh penerapan strategi FOMO, di antaranya dengan membuat promo produk dengan batas waktu tertentu, stok produk terbatas, layanan spesial untuk konsumen pertama hingga membuat produk eksklusif yang dijual pada event tertentu.

12. Memaksimalkan Retargeting

Penargetan ulang atau retargeting bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk memaksimalkan penjualan online. Pada strategi ini Anda bisa menargetkan kembali konsumen yang telah berkunjung di toko online milik Anda untuk promosi produk selanjutnya.
12 cara meningkatkan penjualan online di atas bisa Anda terapkan dalam strategi pemasaran dan penjualan. Dalam hal ini, Anda harus memiliki toko online pribadi yang profesional untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Sebagai langkah awal silakan buat toko online melalui TokoTalk.

Leave a Comment