6 Manfaat Website untuk Digital Marketing Bisnis

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Manfaat memiliki website bisnis untuk digital marketing
Di era society saat ini, kamu yang mempunyai bisnis jangan hanya mengandalkan digital marketing sosial media saja. Ya, sebagai pelaku bisnis, sebaiknya kamu melengkapi bisnis dengan website official. Website penting untuk membuat bisnis terus berkembang. Sebab kamu bisa menggunakan website untuk membangun branding. Kemudian memperkenalkan produk lebih detail dan luas, hingga mempermudah transaksi jual beli.

Manfaat Memiliki Website Bisnis untuk Digital Marketing

Agar semakin yakin untuk membangun website bisnis, mari ketahui 6 manfaat memiliki website bisnis dalam proses digital marketing berikut!

1. Media Penyampaian Informasi

Dalam membangun dan mengembangkan bisnis digital, kamu membutuhkan media untuk menyampaikan informasi. Baik itu tentang brand maupun produk yang diperjualbelikan. Nah, website adalah salah satu strategi digital marketing yang cocok untuk menampilkan seluruh informasi produk, brand, dan perusahaan dengan lebih detail kepada calon pelanggan.

Kan sudah ada media sosial, mungkin itu pemikiran sebagian pebisnis. Ya, kamu memang bisa menggunakan media sosial untuk promosi produk. Akan tetapi, informasi yang bisa kamu cantumkan hanya secara singkat saja. Sosial media mempunyai keterbatasan karakter dalam membuat deskripsi produk.
Untuk itu, kamu membutuhkan website yang bisa digunakan untuk menyampaikan informasi produk lebih lengkap. Selain itu, teknik SEO pada website bisa membantumu supaya mudah ditemukan oleh pelanggan melalui berbagai kata kunci yang dimasukkan di mesin pencari, seperti Google serach engine. Tidak perlu pusing terkait penerapan strategi SEO website, kamu bisa menggunakan jasa SEO profesional.

2. Menjadi Tempat untuk Menampilkan Berbagai Produk yang Ditawarkan

Jika ingin menampilkan beragam produk tanpa tenggelam dengan informasi produk terbaru, maka penggunaan media sosial kurang efektif. Nah, berbeda jika kamu memiliki website bisnis resmi. Kamu bisa lebih mudah dalam menampilkan berbagai macam produk. Pelanggan juga tidak perlu repot mengunjungi setiap halaman produk satu per satu.

Fitur pencarian yang tersemat di website akan memudahkan mereka dalam menemukan produk yang diinginkan. Selain itu, kamu juga bisa memasang rekomendasi produk lainnya di antara produk yang dicari pengunjung. Dengan begitu, penjualan setiap produk bisa merata.
Kegunaan website bisnis untuk menampilkan produk

3. Mampu Menjangkau Pelanggan Lebih Luas

Apabila kamu sudah berhasil membangun website bisnis, maka jangan lupa menerapkan strategi digital marketing website yang bisa menjangkau pelanggan lebih luas lagi. Caranya dengan melakukan optimasi situs web. Bisa melalui penerapan search sengine optimization atau SEO, search engine marketing atau SEM, pemasangan Google Ads, dan lainnya. Dengan begitu pelanggan baru akan lebih mudah untuk mengunjungi website kamu dan mengenal berbagai produk yang ditawarkan.

Meneraptakn optimasi website, seperti SEO berpotensi membuat produk muncul di halaman pencarian teratas Google atau mesin pencari lainnya. Berada di page one bisa meningkatkan kunjungan dari pelanggan baru yang mencari produk yang dibutuhkan melalui kata kunci yang sesuai. Namun, berhati-hatilah dalam menggunakan jasa tim SEO. Pastikan kamu memilih jasa SEO bergaransi dan aman.

4. Bisnis Terlihat Lebih Profesional

Mempunyai website bisnis resmi akan membuat bisnis kamu terlihat lebih profesional dan terpercaya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan kesetiaan pelanggan yang sudah ada sebelumnya. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan desain yang akan mempengaruhi UI/UX pelanggan.

Jangan lupa untuk menambahkan landing page yang menarik dan mobile friendly, sebab saat ini sebagian besar pelanggan lebih banyak melakukan berbagai aktivitas melalui ponselnya, termasuk untuk belanja online atau menggunakan jasa digital lainnya.
Manfaat menggunakan jasa seo bergaransi dan jasa seo terpercaya

5. Bisnis Menjadi Lebih Efisien

Mengelola bisnis melalui pemanfaatan website bisnis akan mendorong proses bisnis yang lebih efisien dari segi pemasaran maupun pembelian. Sebab, ketika pelanggan menanyakan melalui layanan pelanggan WhastApp atau DM media sosial bisnis, kamu tak perlu lagi menjelaskan setiap produk dengan panjang lebar. Ya, kamu cukup memberikan link produk yang diinginkan pelanggan dari website kamu.

Selain itu, kamu juga dapat membagikan link produk ke berbagai platform media sosial. Tentunya disertai copywriting atau CTA yang menarik. Dengan demikian, pelanggan yang merasa penasaran akan mengunjungi link tersebut. Tak hanya kemudahan membaca detail produk, mereka juga bisa langsung melakukan pembelian produk tersebut.

6. Menghemat Anggaran

Kamu memang cenderung tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk berpromosi menggunakan media sosial. Terkecuali kamu memanfaatkan iklan berbayar, membayar copywriting, menggunakan jasa social media marketing, dan bekerja sama dengan beberapa influencer. Dengan kata lain, melakukan digital marketing social media bisa membuat kamu mengeluarkan budget marketing yang lebih banyak. Sebab iklan dan influencer memiliki batas waktu tertentu.

Sementara itu, jika kamu menggunakan website untuk promosi digital, maka kamu bisa menghemat anggaran yang ada. Mengapa? Karena kamu hanya perlu mengeluarkan dana membuat situs di awal. Kemudian melakukan pembayaran hosting dan domain per tahun.
Selebihnya, hanya menambah pembayaran jasa SEO profesional untuk meningkatkan keterbacaan situs web di mesin pencari. Itupun tidak dilakukan secara terus menerus. Karena selanjutnya kamu bisa melanjutkan optimasi bersama tim internal perusahaan.
Nah itulah 6 manfaat website untuk proses digital marketing bisnis. Jangan lupa untuk memilih nama domain website yang sesuai dengan bisnis kamu.

Leave a Comment