Tips Diet untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

tips diet untuk menurunkan berat badan secara alami
Memiliki berat badan ideal adalah impian saya. Alasannya bukan karena enggak percaya diri dengan bentuk tubuh atau capek dibully orang lain. Hanya saja akhir-akhir ini saya merasa mudah lelah dan dikit-dikit sakit. Berbeda dengan saat berat badan masih ideal. Ya, berat badan ideal bermanfaat membuat tubuh lebih bugar, ringan bergerak, tidak mudah terserang penyakit, dan sirkulasi darah lebih lancar.
Atas dasar badan yang kurang bugar inilah saya bertekad menurunkan berat badan secara alami. Jadi saya nyari-nyari tips diet untuk menurunkan berat badan di internet. Iya, saya kapok pakai obat diet. Dulu pernah nyoba, sebulan turun cepat, tapi saat pantangan tidur siang dilanggar, duar naik berat badannya melebihi berat yang sebelumnya. Nah, kalau yang alami kan bisa jangka panjang gitu lho.

Tips Diet untuk Menurunkan Berat Badan secara Alami

Sebelum melakukan diet, sebaiknya kamu mengukur indeks massa tubuh (BMI) terlebih dulu. Karena Indeks massa tubuh digunakan untuk menentukan kekurangan, kelebihan, atau berat yang ideal. Jadi, kamu akan tahu jumlah berat badan yang harus diturunkan supaya ideal berikut pola makan dan aktivitas yang harus dilakukan. Di bawah ini ada 7 cara diet sehat yang bisa dicoba:

1. Tidak Melewatkan Sarapan

Tidak melewatkan sarapan menjadi penting jika kamu mau diet untuk menurunkan berat badan. Jika kamu memilih untuk tidak sarapan, maka keinginan untuk ngemil di siang maupun malam hari akan meningkat. Bahkan porsi makan bisa bertambah karena signal seolah kamu kelaparan hadir. Selain itu, pastikan menu sarapan kamu memiliki gizi yang seimbang, sehingga memberikan energi yang dibutuhkan tubuh.

2. Makan Teratur dalam Porsi Kecil

Kamu bisa memilih makan tiga kali sehari ditambah dua hingga tiga camilan atau lima sampai enam kali (makan setiap tiga sampai empat jam). Selama kamu melakukannya secara teratur dan dalam porsi kecil. Makan teratur atau pola makan terjaga akan membantu mengendalikan kadar gula darah. Dengan begitu kamu lebih mudah mencegah kenaikan berat badan dan fungsi tubuh bekerja secara maksimal.
perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk diet

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Cara aman diet untuk menurunkan berat badan bisa melalui pola makan kaya buah dan sayur. Buah dan sayuran mengandung air dan serat, dengan begitu kamu bisa mengonsumsi makanan dalam jumlah sama dan mengenyangkan, namun asupan kalori lebih sedikit. Selain mencampurnya ke dalam masakan, sayur dan buah bisa kamu jadikan camilan.

4. Rutin Berolahraga

Hanya mengandalkan pola makan yang sehat tidak akan berhasil mengurangi berat badan secara efektif. Kamu harus menyertainya dengan aktivitas fisik. Kalau kamu merasa kesulitan mengimbangi aktivitas fisik secara intens, kamu bisa mulai rutin berolahraga untuk mendukung diet.
Sebab, kalau kamu terlalu memaksakan aktivitas fisik yang berat, hal tersebut bisa menimbulkan stres pada tubuh dan terjadi fluktuasi kadar gula darah. Di sisi lain, berolahraga ringan secara teratur juga bisa meningkatkan otot, mempercepat metabolisme, menjaga berat badan bahkan membuat berat badan turun.

5. Minum Air Putih yang Cukup

60 persen tubuh manusia terdiri dari air yang penting untuk setiap fungsi tubuh. Air menjaga tubuh tetap terhidrasi dan bisa membantu menurunkan berat badan. Alasannya karena air bisa
menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh.
manfaat rutin berolahraga saat diet

6. Mengkonsumsi Lebih Banyak Makanan Beserat

Makanan berserat berperan penting dalam program menurunkan berat badan karena membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Serat larut dapat membentuk gel saat bertemu dengan air. Ada berbagai sumber serat larut yang bisa kamu temukan dari sereal gandum, sayuran, buah-buahan,
kacang-kacangan, hingga biji-bijian.

7. Tidur Malam yang Cukup

Kenaikan berat badan bisa dialami seseorang karena kurangnya waktu tidur. Sebab hormon ghrelin akan meningkat, sehingga nafsu makan meningkat.  Sebenarnya nafsu makan dikendalikan oleh neurotransmitter. Neurotransmitter adalah pembawa pesan yang membuat sel saraf saling berkomunikasi. Pembawan pesan ke otak ini terdiri atas ghrelin dan leptin.
Ghrelin dapat meningkatkan rasa lapar, sementara leptin membuat tubuh merasa kenyang. Tubuh secara alami meningkatkan atau menurunkan kadar neurotransmitter sepanjang hari. Kalau kamu kurang tidur, kadar neurotransmitter jadi tidak seimbang, sehingga mengakibatkan rasa lapar atau keinginan untuk makan jadi semakin tinggi.
Sebenarnya, pola makan sehat dan rutin berolahraga dalam beberapa minggu tidak akan cukup untuk menurunkan berat badan. Tips diet menurunkan berat badan sebaiknya dilakukan secara rutin. Mulailah dari mengubah gaya hidup kamu.
diet online bersama ahli Gizi
Kalau ingin mendapat tips dan konsumsi makanan yang tepat dalam proses diet. Kamu bisa coba diet online bersama ahli gizi. Berkonsultasi secara langsung dengan ahli gizi akan membantu proses penurunan berat badan sesuai harapan. Sebab ada beberapa faktor kesehatan yang bisa menyebabkan pola
makan sehat tidak berhasil, seperti mengidap penyakit tertentu. Selain itu, kamu akan direkomendasikan tips diet yang sesuai kondisimu.

Leave a Comment