ide bisnis modal kecil yang bisa dicoba pemula

5 Ide Bisnis Modal Kecil dan Cara Bisnis Online

21 Comments

Photo of author

By Gemaulani

Bisnis modal kecil untung besar memang menggiurkan untuk dicoba. Betul apa betul, minasan? Karena ketika membangun suatu usaha, tentunya setiap orang ingin mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis modal kecil. Pokoknya rugi harus seminimal mungkin. Ya, kan?

Di era teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini, mendirikan bisnis tak lagi membutuhkan modal yang besar. Kenapa? Karena ada yang namanya jualan online. Misalnya saja, kamu bisa menulis, edit video, jago motret … kamu bisa berjualan jasa atau keahlianmu.

Nah, untuk kamu yang ingin berjualan online dengan jenis lainnya, ada banyak ide yang bisa kamu coba lho. Kalau masih bingung dan takut karena belum pengalaman, pas banget deh kamu terdampar di artikelku kali ini. Karena ada ide bisnis modal kecil dan tips jualan online untuk pemula yang mau aku bagikan. Let’s check this out!

5 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Jualan Online

Ide bisnis untuk berjualan online tentu banyak macamnya, bukan? Untuk itu, kamu perlu mencari tahu dan memilih yang cocok atau pas di hati denganmu. Berikut 5 bisnis modal kecil yang bisa kamu coba jalankan selain berjualan aneka makanan atau camilan!

1. Jualan Produk Skincare

Semakin hari, para wanita maupun lelaki kini lebih aware soal perawatan diri. Mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, terutama wajah dan tubuh. Jadi, enggak heran kalau sekarang banyak sekali pilihan skincare harga terjangkau tapi hasilnya enggak main-main.

Kenapa aku memasukkan jualan produk skincare ini sebagai ide bisnis modal kecil? Karena saat ini, ada yang namanya program reseller dan dropshipper untuk skincare. Modalnya kuota internet, pemasaran produk menggunakan gambar menarik, dan cari toko yang menyediakan layanan reseller serta dropshipper terpercaya.
Ide bisnis kekinian

2. Bisnis Fashion

Fashion ini banyak macamnya ya, minasan. Ada pakaian (baju dan celana), sepatu, tas, topi hingga aksesoris yang berkaitan dengan fashion. Dengan banyaknya item yang bisa dijual dan pakaian sebagai kebutuhan primer manusia, fashion bisa menjadi ide bisnis yang dijalankan di era teknologi.

Bisnis fashion ini cocok untuk jualan online bagi pemula. Apalagi fashion yang bertemakan Korea, Thailand, dan pakaian wanita muslim. Jika memungkinkan, kamu bisa mencoba berbisnis pakaian second atau thrift.

Baca Juga: Tips Mencari Produk yang Sedang Trend untuk Jualan

3. Produk untuk Hewan Peliharaan

Kebutuhan anabul atau anak bulu, baik itu anjing, kucing, hamster, kelinci, burung, dan lainnya sekarang bisa menjadi ide bisnis modal kecil yang cocok untuk pemula. Pasalnya banyak pencinta binatang yang tak hanya membeli kebutuhan pokok anak bulu saja. Tapi juga memberikan peralatan lainnya untuk anabul mereka.

Selain makanan pokok (wet food dan dry food, pasir untuk BAB dan BAK, tempat makan dan minum, vitamin, obat-obatan, shampo, dan sabun. Saat ini pemilik hewan peliharaan juga membeli baju, aksesoris, tas untuk hewan, hingga tempat tidur khusus.

4. Aneka Souvenir, Hadiah Kekinian, dan Dekorasi Pesta

Acara penting seperti perayaan ulang tahun, perpisahan sekolah, temu alumni, pernikahan, hingga family day umumnya menyediakan goodiebag berisi souvenir dengan desain yang unik. Souvenirnya pun bermacam-macam. Mulai dari tote bag, gantungan kunci, kipas tangan, mug, t-shirt, handuk, dan lainnya.

Kebutuhan souvenir untuk acara-acara tertentu ini bisa kamu manfaatkan sebagai bisnis modal kecil. Kamu bisa membeli bahan mentah yang belum ada desainnya. Lalu melakukan kerja sama dengan orang yang bisa desain, juga penyedia percetakan souvenir untuk mencetak sesuai desain yang diinginkan pemesan.

Kamu juga bisa menjual alat, bahan, bahkan dekorasi pesta yang sudah jadi. Misalnya balon pesta, rangkaian bunga, kain, hingga hiasan aklirik untuk pertunangan, dan lainnya. Untuk hadiah kekinian, kamu bisa menjual buket bunga kertas, kain flanel, kain satin, hingga buket uang.
pilihan bisnis modal kecil

5. Perabotan Rumah Tangga

Ide bisnis lainnya yang bisa kamu coba adalah menjual perabotan rumah tangga. Kalau untuk modal kecil, kamu bisa mulai dengan menjual tempat bekal makan, botol minuman, lemari plastik, kursi untuk anak-anak, hingga perabotan dari bambu maupun kayu (bakul, sodet, dan lainnya).

Itulah 5 ide bisnis modal kecil yang bisa kamu cobain. Mana pun yang kamu pilih, pastikan sesuai minat dan terus mengikuti trend. Nah, tunggu apalagi, minasan? Mari coba salah satu ide bisnis modal kecil tapi menghasilkan di atas. Tapi, untuk yang pemula dalam berbisnis, kamu juga perlu mempelajari cara bisnis online di bawah ini.

Cara Bisnis Online yang Aman untuk Pemula

Melihat orang lain memulai bisnis online dan sukses, tentu bisa memacu kita untuk mengikuti jejaknya, bukan? Akan tetapi, jualan online untuk pemula sebenarnya tidak sesederhana kelihatannya. Iya, jujur aja nih, aku juga saat pertama kali jualan online itu banyak ruginya.

Baca Juga: Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Kok bisa, gitu? Soalnya sebagai pemula, aku pernah sok tahu tanpa mencari tahu atau menggali informasi lebih dalam seputar cara bisnis online yang benar. Akhirnya bisnis yang kujalankan enggak panjang umur.

Berkaca dari pengalaman sendiri, setelah menemukan ide bisnis yang cocok buat kamu, jangan lupa untuk menerapkan tips berbisnis secara onlinenya juga. Di bawah ini aku mau share beberapa tipsnya!
persiapan jualan online untuk pemula

1. Menyusun Business Plan

Biar kata kamu menjalankan bisnis modal kecil, yang namanya business plan tetaplah penting. Yup, rencana bisnis dibutuhkan supaya kamu mengetahui hal-hal yang harus kamu lakukan agar tujuan bisnis tercapai.

Mulailah dari mendeskripsikan bisnis kamu, deskripsikan produk yang ingin dijual. Kemudian melakukan analisis pasar, rencana pemasaran, kegiatan operasional, hingga rencana keuangan.

Buatlah rencana bisnis yang matang sebelum menjual produk. Rencana bisnis tak hanya membuat kamu lebih terarah, tapi juga membantu dalam pengembangan bisnis di kemudian hari.

Baca Juga: Tips Jualan Melalui Live Streaming

2. Menentukan Target Pelanggan dan Riset Pasar

Menentukan target pelanggan atau konsumen yang akan membeli produk akan membantu kamu dalam mengemas produk sesuai target. Karena pelayanan dan strategi marketing untuk pelanggan usia muda tentu berbeda dengan kalangan dewasa.

Target pelanggan bisa kamu kelompokkan sesuai usia, jenis kelamin, minat atau hobi, pekerjaan, gaya hidup, dan status sosialnya.

Selain target konsumen, yang tak kalah pentingnya saat ingin memulai bisnis modal kecil untung besar adalah riset pasar. Mulailah dari mencari tahu kompetitormu, produk yang akan kamu jual, harga yang beredar di pasaran, hingga cara melayani konsumen.

Baca Juga: Tips Sukses Bisnis Online

3. Memilih Platform Jualan Online untuk Pemula

Jualan di media sosial atau platform eCommerce? Keduanya sama bagusnya. Tapi, sebagai pemula, aku merekomendasikan kamu jualan melalui eCommerce. Kenapa? Karena saat pelanggan mencari produk menggunakan kata kunci yang berhubungan produk, penjual atau toko yang terdaftar di eCommerce lebih mudah ditemukan.

Menjalankan ide bisnis dengan berjualan di eCommerce juga menguntungkan kamu sebagai seller dan konsumen. Kenapa? Karena adanya layanan gratis ongkir dan pilihan metode pembayaran yang lebih beragam. Kamu tidak perlu pusing menyiapkan banyak rekening.

Ah aku tahu apa yang ada dipikiranmu saat ini. Bingung milih platform eCommerce, ya? Coba deh kamu mulai jualan online di Lazada.
memulai bisnis modal kecil untung besar di Lazada

Kenapa Lazada?

Lazada adalah salah satu platform eCommerce untuk berjualan online nomor 1 di Indonesia yang bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis, termasuk pebisnis lokal yang masih pemula. Nah, di Lazada, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk mencoba bisnis modal kecil untung besar.

Kenapa bisa begitu? Karena Lazada mempunyai market yang luas se Asia Tenggara. Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan maksimal karena tidak ada biaya penalti atau potongan komisi. Lazada bahkan punya Lazada University yang siap membantu kamu untuk mulai berjualan dan mengembangkan bisnis.

Selain itu, Lazada juga menyediakan fasilitas modul panduan menjadi seller, sehingga kamu bisa meningkatkan pendapatan yang berasal dari ide bisnis yang kamu jalankan di Lazada.

Oh iya, Lazada juga punya situs Yuk Jualan Online lho. Situs Yuk Jualan Online adalah blog khusus dari Lazada yang menyajikan berbagai artikel yang up to date seputar wawasan dan strategi bisnis online.
belajar cara bisnis online di blog yuk jualan online dari Lazada

Manfaat Belajar dari Situs Yuk Jualan Online dari Lazada

Aku sendiri sudah merasakan manfaat dari adanya situs Yuk Jualan Online dari Lazada ini. Membaca artikel di blog tersebut membuat aku bisa belajar mengenai:

  1. Cara bisnis online  yang benar dan efektif, misalnya cara packing produk yang aman.
  2. Mendapatkan tips meningkatkan pelanggan sehingga bisa mendapatkan banyak keuntungan.
  3. Mempelajari berbagai strategi pemasaran produk untuk meningkatkan penjualan. Baik melalui pemanfaatan media sosial, maupun melalui live streaming.
  4. Mengetahui hal-hal yang perlu dipersiapkan ketika ingin berjualan produk melalui live streaming, termasuk rekomendasi perangkatnya.
  5. Mendapatkan inspirasi untuk mencoba ide bisnis baru yang sesuai perkembangan zaman, dan lainnya.

Cara Jualan di Lazada

Gimana, udah ada bayangan ide bisnis mana yang mau dipilih? Penasaran juga cara jualan online untuk pemula di Lazada? Yuk sini kita bikin toko online kamu dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi situs lazada.co.id atau yukjualanonline.com
  • Pilih menu “Menjadi Seller” di homepage situs Lazada atau pop up menu daftar jadi seller di Yuk Jualan Online
  • Kalau di situsnya Lazada, kamu perlu sekali lagi tekan tombol “Daftar Menjadi Penjual Sekarang”.
  • Masukkan nomor handphone aktif di kolom yang tersedia. Kalau nomornya aktif di WhatsApp, bisa minta kode verifikasinya melalui WhatsApp. Kalau enggak, pilih yang get code verifikasi via SMS. Masukkan kode verifikasi yang benar.
  • Nah, ketikkan nama toko, email yang aktif, dan buat password untuk login nanti. Lalu pilih next.
  • Selanjutnya, tambahkan alamat gudang atau toko untuk pick-up. Ini untuk memudahkan pelanggan mengetahui lokasi kamu.
  • Tambahkan KTP/NIB dan informasi bank untuk pembayaran hasil transaksi bisnis modal kecil di Lazadanya. Pastikan nama di KTP sama dengan nama pemilik rekening bank.
  • Masukan foto-foto produk.
  • Jangan lupa membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan yang ada di Lazada.
  • Terakhir, tekan daftar dan tunggu hasil verifikasi dari tim Lazada. Kalau sudah terverifikasi, saatnya kamu mulai jualan.

Kesimpulan

Dengan kemajuan teknologi yang ada, siapa pun punya kesempatan yang sama untuk memulai bisnis modal kecil. Namun, sebelum benar-benar berbisnis, pastikan kamu sudah memantapkan pilihan pada satu ide bisnis terlebih dulu supaya kamu fokus dalam berjualan.

Selain itu, mempelajari cara bisnis online juga penting. Karena menjalankan tips-tips dalam berbisnis seperti rencana bisnis, riset, dan pemilihan platform eCommerce akan membantu kamu dalam mencapai tujuan bisnis modal kecil untung besar sesuai ekspektasimu.

Nah, sebagai platform eCommerce untuk berjualan online, Lazada juga memberikan banyak kemudahan jualan online untuk pemula melalui berbagai artikel di situs Yuk Jualan Online. Setiap artikelnya akan memberikan kamu wawasan dan strategi bisnis terkini. Jadi, tunggu apalagi, minasan? Mulai jalankan ide bisnis yang kamu punya, yuk!

21 thoughts on “5 Ide Bisnis Modal Kecil dan Cara Bisnis Online”

  1. aku pengen banget punya bisnis aksesories hewan (juga segala kebutuhan hewan), pengen punya offline storenya juga, tapi itu gede modal, better jualan online dulu di lazada ya

    Reply
  2. berbisnis itu butuh kematangan niat dan konsistensi, berapapun modalnya. bisnis kecil atau pun besar pun sama. dari produksi sampai promosi semua harus dikonsep dan dikerjakan secara kontinu.

    Reply
  3. punya bisnis souvenir seru kali ya, sempet kepikiran banget. cuma aku tuh bukan orang bisnis, jadi kudu ada partner yang bisa jadi leader. sayangnya belum ketemu nih wqwq

    Reply
  4. Saat ini asal ada kemauan dan ide bisnis yang cemerlang, dengan modal kecil pun bisa menjadi kesempatan dan peluang untuk maju dan berkembang dan Lazada bisa banget dijadikan media e-commerce untuk bekerjasama dalam memasarkan produk yang ingin kita jual ke pasaran secara online

    Reply
  5. Wah mudah sekali ya kak cara bisnis online dengan cara jualan di Lazada. Emg bisnis itu maunya yg modal kecil serta mau untung segede2nya.

    Tp yg pntg kita mau semangat utk gerak dulu ya. Ntr kan ada binbingan di Lazada biar usaha kita mkn besar dan berkembang. Aku mau cobain jg ah ide bisnisnya. Siapa tahu bisa jualan di Lazada jg.

    Reply
  6. Kayaknya bisnis pakan hewan peliharaan cukup menjanjikan ya. Jadi bisa jualan aneka pakan ternak, binatang kesayangan, atau yang berkaitan dg hewan peliharaan. Dan ini bisa dijalankan dengan online.

    Reply
  7. Zaman sekarang mah jago apa aja bisa dijadiin bisnis ya, haha.. Buat pemula juga nggak perlu cemas² club, karena ada situs Yuk Jualan Online punyanya Lazada yg siap memandu mereka.

    Reply
  8. Produk skincare dan fashion memang paling laris ya,Kak. Apalagi sekarang semua orang pengen glowing dan tampil sylish. Jadinya peluang untuk jual produk skincare dan fashion masih luas. Apalagi bisa jualan di Lazada, banyak untungnya

    Reply
  9. E-commerce yang mendukung banget nih untuk pelaku usaha dalam berbisnis. Apapun bisnis yang dilakoni, bila dipasarkan secara online ini jadi makin memudahkan, karena pangsa pasar yang digaet semakin luas

    Reply
  10. Benerr kak bisnis skincare itu cuan banget. Makin banyak orang Indonesia yg sadar untuk merawat diri. Apalagi kalo jadi reseller jg ga ribet kudu nyetok barang ya.

    Makin mudah juga dengan Lazada. Gak hanya untuk beoanja tapi juga asyik buat jualan.

    Reply
  11. Sekarang bisnis reseller dan dropshipper juga menjanjikan ya. Apalagi produk skincare, yang selalu laku terutama oleh kaum hawa. Eh untuk cowok juga ada skincare khusus cowok. BTW, mau bisnis kecil atau besar sekalipun, yang namanya business plan itu perlu banget. Biar bisnis bisa berjalan dengan lancar.

    Reply
  12. Urusan jualan online memang bukan sesederhana hanya kita memosting jualan kita lalu menunggu pembeli yang datang. Tapi, gimana kita menentukan akan dijual kepada siapa produk yang kita miliki. Jadi, lebih terarah dan mudah dalam pengembangan.

    Memutuskan berkolaborasi dengan ecommerce juga bagus. Apalagi sekelas Lazada yang punya market hingga se-Asia Tenggara.

    Reply
  13. Aku dulu pernah jualan skincare MLM.
    Seneng banget karena dapet kenalan baru, berbagi hal-hal baru yang pastinya bermanfaat untuk kesehatan kulit. Dan sempet terhenti.. Kalau mau mulai lagi, jadi keidean buka toko online di Lazada nih.. Cakep bener karena mudah dan ada bimbingannya di yukjualanonline.

    Reply

Leave a Comment