Aktivitas yang Bisa Dilakukan untuk Merayakan International Tourism Day

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Aktivitas yang bisa dilakukan untuk merayakan international tourism day

Di setiap tahunnya, para penggiat pariwisata selalu melakukan berbagai aktivitas untuk merayakan International Tourism Day atau yang biasa disebut Hari Pariwisata Sedunia. Hari Pariwisata Sedunia diperingati pada 27 September. Penetapan Hari Pariwisata Sedunia ini ditetapkan oleh UNWTO (United Nations World Tourism Organization).

Indonesia yang didaulat sebagai Negara Terindah di Dunia Tahun 2022, tentu tidak ingin ketinggalan memperingati hari besar pariwisata ini. Banyak sekali kegiatan yang sangat sayang untuk dilewatkan bagi Anda, terutama para penikmat traveler sejati.

Aktivitas untuk Selebrasi Hari Pariwisata Dunia

Hari Pariwisata Dunia akan sangat berkesan karena selalu diisi dengan berbagai event menarik dan seru. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan untuk merayakan International Tourism Day:

1. Event The 2nd Tourism Working Group Meeting

Indonesia mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah dari pertemuan ini. Setelah pertemuan pertama yang digelar di Labuan Bajo, event kedua dirayakan di Bali dengan mendengarkan pendapat dari negara anggota G20 serta best practice dalam menghadapi isu di Bali Guidelines.

2. Event Tourism Ministerial Meeting

Hasil dari event ini adalah menyepakati penyusunan Bali Guidelines sebagai kontribusi G20 dalam pemulihan ekonomi global di sektor parekraf.

3. Puncak Perayaan World Tourism Day

Di tahun 2022 ini, World Tourism Day theme yang diambil adalah Rethinking Tourism atau memikirkan kembali pariwisata. Dengan tema ini, perayaan Hari Pariwisata Sedunia diharapkan menjadi tanda bahwa pariwisata pada masa kini akan semakin dikembangkan agar menjadi pilar penting untuk membangun dan memajukan negara.

Para pakar ternama dan pemangku kebijakan di akan berdiskusi dari pertemuan Rethinking Tourism as a Key Element on Recovery. Juga, tidak ketinggalan diskusi bertema The Tourism We Want. Para anggotanya UNWTO diundang pada hari tersebut.

Puncak perayaan world tourism day theme

Untuk merapatkan puncak Hari Pariwisata Sedunia, Kemenparekraf juga mengadakan serangkaian program Road to World Tourism Day 2022. Program tersebut berisi berbagai kegiatan seperti seminar, lomba, bakti sosial, bersih sungai dan penghijauan.

4. Beragam Event Daerah

Selama bulan September juga banyak sekali diadakan event unik di berbagai daerah di Indonesia. Kategori event dari perayaan World Tourism Day mulai dari event musik, kuliner, olahraga, seni, karnaval dan budaya.

Event-event yang diselenggarakan di daerah antara lain Festival Kota Lama, Festival Budaya to Berru, Rang Solok Baralek Gadang, Balikpapan Fest, Festival Batanghari, Makassar Jazz Festival dan lainnya.
Semua masyarakat dapat ikut serta dan hadir meramaikan berbagai event yang ada.

Tema Rethinking Tourism harus menjadi spirit yang selalu hadir di Indonesia. Bersama-sama untuk menghadirkan pariwisata yang berorientasi, berkualitas dan berkelanjutan kepada masyarakat.

Nah, itulah informasi terkait aktivitas yang bisa dilakukan untuk merayakan International Tourism Day. Selalu ingat dan ketahui peringatan Hari Pariwisata Sedunia agar Anda bisa sadar peran penting pariwisata terhadap kehidupan.

0 thoughts on “Aktivitas yang Bisa Dilakukan untuk Merayakan International Tourism Day”

  1. Sebagai orang yg suka traveling , aku selalu berharap Indonesia bisa lebih bagus dan maju pariwisatanya, ga hanya Bali dan Lombok. Segitu bagusnya negara kita soalnya. Temen2ku yg orang asing, sering bilang aku beruntung tinggal di Indonesia. Dengan segitu banyaknya pantai , kuliner dan gunung2.

    Semoga dengan banyaknya event yg diadakan, bisa membuat Indonesia lebih dikenal lagi di mata turis asing ya mba. Aku juga suka Ama bbrp acara yg digagas pak menteri, Trutama yg bersih2 sungai dan penghijauan. Malu kalo turis asing liat sungai kita msh banyak yg kotor. Pengennya suatu saat nanti bisa seperti sungai2 di Jepang yg jernih saking bersihnya

    Reply

Leave a Comment