Melihat Pertumbuhan Bisnis dari Laporan Keuangan Mayora

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi kan dengan produk-produk dari Mayora? Sebut saja brandbrand biskuit seperti Roma, Slai Olai, Malkist, Astor, Beng-beng, Better. Kemudian cokelat choki-choki, permen kis, kopiko, tamarin. Lalu kopi torabika, makanan sehat seperti energen, dan lain sebagainya.
Nah, tapi sudah tahu belum kalau setiap tahunnya PT. Mayora Indah mengeluarkan laporan keuangan Mayora yang bisa dicek melalui situsnya. Baik itu laporan keuangan secara kuartal maupun tahunan.
Laporan Keuangan Mayora

Rincian Laporan Keuangan Mayora

Setiap tahunnya Mayora membarui laporan keuangannya sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pemegang saham, sehingga bisa melakukan penilaian terhadap perusahaan. Informasi keuangan pun dapat diakses pada situsnya. Seperti yang sudah saya katakan di paragraf kedua. Mulai dari laporan keuangan tahunan, dan laporan keuangan tengah tahunan.
Kemudian ikhtisar data keuangan penting hingga laporan keuangan kuartal. Jika dilihat secara ringkas, laporan keuangan Mayora naik cukup signifikan, walaupun pandemi Covid-19 masih berlangsung. Mayora pun masuk sebagai salah satu Fast Moving Consumer Goods atau FMCG. 
PT Mayora Indah Tbk meraih laba tahun berjalan tumbuh 42,02 persen dari 1,09 triliun hingga kuartal III 2019 menjadi sebanyak Rp 1,55 triliun hingga kuartal III 2020. Perseroan nya pun mengantongi kas, dan setara kas sebesar Rp 3,31 triliun pada 30 September 2020. Dimulai dari periode 31 Desember 2019 yang berjumlah sebesar Rp 2,98 triliun
Jika ingin mengetahui informasi lebih lengkapnya, teman-teman bisa mengunduh, dan membaca laporan keuangan tahunan Mayora di situsnya.  Laporan keungan yang terlampir ada sejak tahun 2013 hingga 2019. Yang mana dijadikan landasan informasi bagi para investor. 
Produk Mayora Indah Tbk

Sekilas Tentang PT Mayora Indah Tbk

PT Mayora Indah Tbk (Perseroan) didirikan pada tahun 1977. Pabrik pertamanya berlokasi di Tangerang, dengan target market yang berada di wilayah Jakarta, dan sekitarnya. Setelah mampu memenuhi kebutuhan pasar Indonesia, PT Mayora Indah melakukan penawaran umum secara perdana, dan menjadi perusahaan publik pada tahun 1990.
Target marketnya berkembang menjadi konsumen Asean. Baru kemudian melebarkan pangsa pasarnya ke negara di benua Asia. Saat ini produk dari Mayora sudah tersebar di 5 benua di dunia.
Sebagai salah satu Fast Moving Consumer Goods Companies, PT Mayora Indah Tbk telah membuktikan dirinya sebagai salah satu produsen makanan atau snack, serta minuman berkualitas tinggi. Ditambah lagi sudah mendapatkan banyak penghargaan.

Produk Mayora Indah Tbk dan Penghargaan yang Pernah Didapatkan

PT. Mayora Indah, Tbk pernah mendapatkan penghargaan sebagai : Top Five Best Managed Companies in Indonesia dari Asia Money. Kemudian Top 100 Exporter Companies in Indonesia dari majalah SWA. Lalu Top 100 public listed companies yang berasal dari majalah Investor Indonesia.
Tak berhenti di situ, pernah juga mendapatkan Best Manufacturer of Halal Products dari Majelis Ulama Indonesia, Best Listed Company dari Berita Satu, dan Indonesia’s Corporate Secretary Award, serta Top 5 Good Corporate Governance Issues in Consumer Goods Sector dari Warta Ekonomi.

Produk Mayora

Karena di awal paragraf saya hanya menjelaskan secara singkat, maka kali ini saya akan merincinya lebih banyak untuk produk-produk Mayora :

1. Biskuit

Untuk produk berupa biskuitnya ada marie susu, roma marie susu gold, roma kelapa, roma sandwich, roma malkist, slai o’lai, royal choice, better, sari gandum, coffejoy, malkist, dan lain sebagainya.

2. Permen

Nah pada bagian produk permen ada merek yang terkenal seperti kopiko, kopiko cappuccino, KIS, KIS Chewy, Tamarin, dan lain sebagainya.

3. Wafer

Untuk produk kategori wafer ada makanan favorit saya seperti Beng-Beng, Beng-Beng Maxx, Beng-beng Share It, Astor, Roma Wafer Cokelat, Roma Zuperr Keju, dan lain sebagainya.

4. Cokelat

Merk dagang cokelat choki-choki, dan drink beng-beng termasuk ke dalam produk olahan PT Mayora Indah Tbk.

5. Kopi 

Teman-teman pasti sudah tak asing lagi dengan produk kopi instan seperti torabika duo, torabika duo susu full cream, torabika cappuccino, toracafe volcano chocomelt, torcafe caramelove, bukan? Nah itulah berbagai macam jenis kopi instan favorit masyarakat yang ada di Mayora.

6. Divisi Makanan Kesehatan

Untuk makanan kesehatan, Mayora memiliki energen cereal, energen oatmilk, dan prima cereal.

Leave a Comment