5 Manfaat Minum Susu Tinggi Protein untuk Lansia

By Gemaulani

Susu menjadi minuman yang tak kenal usia, betul apa betul temans? Ya, minuman yang satu ini bisa membawa banyak manfaat bagi tubuh manusia. Salah satu manfaat yang sudah tidak asing bagi kita adalah susu bisa membantu mempertahankan kepadatan tulang.
Nah, maka dari itu, minum susu pun tak hanya penting bagi pertumbuhan anak-anak, tapi juga penting bagi lansia gengs. Kok bisa? Tentu saja karena susu diperkaya dengan vitamin D, yang mana berperan dalam proses pembentukan tulang. Bersama kalsium, vitamin D ini bekerja sama dalam mencegah osteoporosis atau yang lebih dikenal dengan pengeroposan tulang.
Manfaat Minum Susu Protein Tinggi bagi Lansia

Manfaat Minum Susu Kaya Protein

1. Mendukung dalam Menjaga Kesehatan Jantung

Tidak dipungkiri ya gengs, salah satu risiko kondisi kesehatan yang paling umum terjadi pada lansia adalah terkait kesehatan jantung. Nah, untuk menurunkan risiko penyakit jantung, lansia perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium dan kalium. Salah satu makanan yang mengandung keduanya adalah susu.

2. Membantu Menjaga Massa Otot 

Hilangnya massa otot merupakan masalah kondisi kesehatan lain yang sering dihadapi oleh lansia. Untuk mengatasi hal tersebut, lansia bisa mengonsumsi susu sapi maupun susu soya karena mengandung protein tinggi. 
Nah, dengan minum susu protein tinggi, maka bisa membantu lansia dalam mempertahankan massa otot. Di mana massa otot ini sangat penting untuk menunjang metabolisme tubuh, dan juga berkontribusi banyak terhadap kestabilan berat badan. 

3. Menurunkan Risiko Alzheimer 

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh The American Journal of Clinical Nutrition, menyebut jika dalam susu itu mengandung antioksidan tinggi. Yang mana antioksidan ini dapat melindungi otak dari kerusakan. 
Bisa dibilang, susu memiliki manfaat juga dalam menurunkan risiko alzheimer, yang umumnya sering dialami oleh lansia. Tentu saja dengan catatan dikonsumsi secara rutin, dan teratur.

4. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Selain air putih atau air mineral, susu juga bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan cairan harian lho gengs. Jadi, susu juga mampu mencegah dehidrasi. Sama halnya seperti anak-anak, lansia pun disarankan minum susu di pagi atau malam hari sebelum tidur, sebanyak masing-masing satu gelas saja. 

5. Menurunkan Risiko Depresi

Tahukah kamu, jika vitamin D yang ada di dalam susu tak hanya baik dalam meminimalisir pengeroposan tulang. Ya, vitamin D pun bisa membantu dalam meningkatkan serotonin.
Serotonin ini apa? Serotonin merupakan hormon yang berkaitan dengan suasana hati atau mood. Eh ya, asupan vitamin D yang cukup untuk tubuh juga bisa membantu mencegah kelelahan pada tubuh. Jika sudah begitu, lansia pun akan terhindar dari risiko depresi. 
Nah, itulah beberapa manfaat minum susu protein tinggi bagi lansia. Namun, jangan lupa, susu yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan kondisi tubuh para lansia. Selain itu, jangan biarkan mereka mengonsumsi susu secara berlebihan.
Jika kamu sedang mencari susu yang sesuai untuk menjaga kesehatan orang tuamu, coba deh lirik susu Ensure. Ensure ini merupakan susu tinggi protein kasein, whey, dan soya yang bisa membantu menjaga otot dan tulang secara maksimal.

Leave a Comment