Menu Masakan yang Cocok Dikonsumsi Saat Kehamilan Tiba

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Kehamilan yang sudah ditunggu-tunggu membuat Anda dan pasangan tentu sangat bahagia. Sebagai salah satu usaha untuk memaksimalkan kesehatan ibu dan janin, maka pastikan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Namun, pada beberapa kejadian, banyak juga ibu hamil yang mengalami mual dan muntah bahkan selama berbulan-bulan. 
 
Untuk mengatasi hal itu, yuk ikuti info tentang beberapa menu masakan yang recommended dikonsumsi saat kehamilan tiba.
 
Menu Masakan yang Cocok Dikonsumsi Saat Kehamilan Tiba

 

Rekomendasi Menu Makanan untuk Ibu Hamil

1. Sup Buah

Buah-buahan adalah makanan yang sangat bergizi, mengandung banyak serat serta vitamin untuk membuat tubuh menjadi sehat. Olahan buah sendiri bisa bermacam-macam salah satunya adalah dengan menjadikannya sup buah.

Berbagai macam buah yang sering kita jumpai dan mudah diperoleh biasanya memiliki rasa yang manis ataupun asam. Kombinasi rasa manis dan asam dari berbagai macam buah dijadikan satu dengan tambahan susu akan terasa sangat nikmat.

Ibu hamil juga tidak mudah bosan dengan cara makan buah kyang itu-itu saja, makan sup buah menjadikannya lebih variatif. Sup buah yang banyak mengandung kuah dengan rasa yang manis akan membuat tubuh semakin berenergi.

2. Steak dengan Kematangan Maksimal

Olahan daging berupa steak tentunya memberikan kenikmatan tersendiri dibandingkan dengan lainnya. Daging sendiri memang bisa diolah dengan berbagai bumbu dan menjadikan aneka masakan sesuai dengan selera masing-masing.

Steak sendiri tidak mengandung santan seperti olahan daging lainnya dan cenderung lebih sehat. Terlebih daging yang dijadikan steak harus daging yang bagus sehingga akan enak pada saat disantap dalam keadaan hangat ataupun dingin.

Makan steak bisa menggunakan garpu dibantu dengan pisau untuk memotongnya. Cara memasak steak sebaiknya dengan tingkat kematangan yang maksimal dan usahakan dagingnya menjadi empuk agar enak dimakan.

3. Aneka Olahan Telur

Salah satu lauk dengan harga yang murah, terjangkau dan mudah sekali untuk dimasak adalah telur. Kandungan proteinnya yang tinggi akan membuat wanita dan janin di dalam perutnya menjadi sehat.

Olahan telur pun sangat bermacam-macam sesuai dengan keinginan, mulai dari yang paling sederhana hingga agak sedikit ribet. Telur yang dimasak hanya dengan cara direbus, digoreng ceplok biasa ataupun dadar sudah bisa dijadikan sebagai lauk andalan.

4. Sup Ikan

Bagi wanita yang sedang hamil maka salah satu asupan protein bisa diperoleh dengan memakan ikan. Ada berbagai macam jenis ikan yang bisa dikonsumsi mulai dari yang diperoleh dari air tawar, air payau hingga air laut.

Salah satu olahan yang bisa dipilih untuk dijadikan makanan enak adalah dengan menjadikannya sup ikan. Rasa ikan yang aslinya memang gurih ditambah dengan kuah dari sup akan menjadi sangat mantap untuk dimakan.

5. Menu Sayuran Tanpa Santan

Sayuran adalah makanan yang memiliki kadar serat tinggi serta mudah diperoleh dan memiliki harga yang murah. Salah satu cara mengolah sayuran adalah dengan menjadikannya sayuran bening seperti sup, bayam, kacang dan lain sebagainya.

Olahan sayur bening akan membuat rasanya ringan tetapi gurih sehingga membuat orang menjadi meningkat nafsu makannya. Sayuran bening bisa dimakan dengan nasi putih, lauk pauk sederhana tanpa harus ribet menambah berbagai bumbu lainnya.

Dari sekian banyak menu yang cocok dikonsumsi saat kehamilan tiba di atas, manakah yang Anda paling sukai? Tentunya, masing-masing orang memiliki preferensi dan kesukaan atas makanan tertentu.

Yang penting, selama trimester pertama hingga ketiga semua asupan nutrisi tidak ada yang kurang. Jangan lupa minum susu khusus untuk ibu hamil ya.

Leave a Comment