Jangan Sembarangan, Perhatikan 4 Langkah Ini Sebelum Pasang AC

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Kita hidup di negara yang mempunyai iklim tropis, di mana saat memasuki musim kemarau maka udara panas akan menyelimuti ruangan dan mengakibatkan suasana jadi tidak nyaman. Untungnya, cuaca panas tersebut dapat diatasi jika kamu memasang AC.
 
Tak bisa dimungkiri, saat ini AC jadi kebutuhan bagi semua orang, entah itu untuk di kamar tidur, rumah, kantor, hingga apartemen. Meski terkadang pemasangan AC memakan daya listrik yang tinggi, tetapi manfaat yang diberikan sangat besar untuk orang-orang.
Jangan sembarangan dalam memasang air conditioner Perhatikan 4 Langkah Ini Sebelum Pasang AC

Nah, bagi kamu yang ingin pasang AC, sebaiknya teliti dan cermat dalam memilihnya. Sebab, ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum memasangnya.

1. Cek Daya dan Instalasi Listrik

Seperti yang kita ketahui, daya listrik yang dibutuhkan untuk AC cukup tinggi. Oleh karena itu, pastikan daya listrik di rumahmu sudah bisa menampungnya. Di sisi lain, cek juga instalasi listriknya kira-kira harus diperbaiki terlebih dahulu atau tidak. Jika usia instalasi listriknya sudah lebih dari 10 tahun, sebaiknya hubungi terlebih dahulu tukang listrik.

2. Cermati PK dari AC

PK adalah satuan kapasitas dari AC. Pastikan, sesuaikan PK dengan luas ruangan yang kamu ingin pasang AC. Pada umumnya, AC mempunyai PK dalam ukuran ½, ¾, 1, hingga 2. Semakin besar daya PK, maka semakin cepat AC tersebut mendinginkan ruangan. Jadi, sesuaikan PK dengan luas ruangannya, ya.

3. Pahami Spare Part AC

Mungkin, hal ini tidak terlalu penting bagimu. Akan tetapi, memahami spare part AC sebelum membelinya jadi salah satu hal yang penting agar memudahkanmu saat menyervis nanti. Beberapa spare part AC seperti kompresor, pipa evaporator, freon, dan lain-lain memegang peranan penting dalam kinerja AC.

Nah, saat mengetahui semuanya, kamu jadi paham saat hendak menyervisnya nanti. Tinggal datangi toko spare part AC terdekat, lalu keluhkan apa saja masalah yang dialami AC-mu jika hendak diservis.

4. Pilih Merek AC yang Terpercaya

Saat ini ada banyak sekali merek AC yang bisa kamu pilih. Sebagai rekomendasi, kamu bisa pilih AC dari Daikin Indonesia. Daikin menyediakan beragam tipe AC, baik itu standar maupun inverter dan tentunya mampu memenuhi kebutuhan para pelanggan. Jadi, jika butuh AC, segera hubungi dealer resmi Daikin terdekat di kotamu.

Itu dia empat hal yang harus diperhatikan sebelum pasang AC. Jangan lupa untuk pilih AC terbaikmu di Daikin, ya. Selain menyediakan produk-produk AC berkualitas, Daikin juga menyediakan jasa service AC bagi pelanggannya yang mengalami masalah terhadap AC-nya.

Leave a Comment