Peluang Usaha Rumahan untuk Jualan Online

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

peluang usaha rumahan untuk jualan online

Apa ada yang sama dengan saya, akhir-akhir ini kepikiran untuk memulai bisnis. Namun, masih ragu untuk memulai dan belum merasa belum memiliki modal yang cukup? Mari kita high five dulu. 

Padahal ya kalau dipikir-pikir, pada era society 5.0 saat ini, ada banyak pilihan bisnis yang bisa kita mulai dengan modal minimalis, bahkan yang tanpa modal juga ada. Ya, dengan kecanggihan teknologi, kita bisa mulai jualan online. Kata kata jualan online terngiang-ngiang nih di telinga saya sepanjang waktu.

Kira-kira usaha rumahan apa nih yang berpeluang besar buat menghasilkan cuan tambahan menjelang ramadan? Saya udah browsing dan merangkum beberapa peluang usaha rumahan yang nantinya ingin dicoba. Terus, karena saya nemu platform jualan online yang kece juga. Jadi, saya memutuskan untuk membagikannya di sini.

Rekomendasi Usaha Rumahan untuk Memulai Jualan Online

1. Bisnis Makanan Ringan

Saya suka ngemil makanan kering, terutama yang gurih. Biarin deh dikatain generasi micin juga. Makanan ringan ini diperlukan untuk menemani saya saat santai, bekerja, dan bepergian. Ya gimana, sepanjang perjalanan cuma diem aja enggak ngemil itu rasanya ada yang kurang. 

Kalau dipikir ulang, saya menghabiskan cukup banyak uang untuk membeli makanan ringan. Di sinilah jadi terbersit pikiran, kenapa enggak jualan online makanan ringan sendiri aja ya. Kan lumayan untungnya bisa buat jajan lagi eh ditabung maksudnya.

Selain itu, bisnis makanan ringan juga lebih minim risiko gengs. Kenapa? Soalnya expired makanannya cukup lama aka enggak mudah basi. Jadi, bisa meminimalisir kerugian kalau enggak terjual habis di hari yang sama. Jenis makanannya pun beragam. Mulai dari chiki, keripik, biskuit, permen, jelly, waffer, sus kering, dan lainnya.

Cuma, yang perlu diperhatikan saat jualan makanan ringan ini adalah distributor atau tempat kita membeli barang awal sebelum dijualnya. Pastikan terpercaya dan selalu on stok. Biar apa? Biar pembeli enggak kecewa dan enggak ada kata barang habis.

 
Harga beli dan harga jual juga harus diperhatikan. Terus rajinlah mencatat kapan expired produknya. Jika bisa gunakan sistem barang yang pertama masuk, itulah barang yang juga akan dijual duluan.
peluang usaha bisnis kue dijual online

2. Bisnis Kue

Saya yakin sih, sekalipun kamu bilang kurang suka makanan manis. Tapi tetep aja ada saat-saat di mana kamu mau kue bolu atau kue-kue sekali hap macam nastar, kue kacang, putri salju, dan lainnya. Apalagi menjelang ramadan dan nantinya idul fitri. Orang yang enggak sempat membuat kue untuk menjamu tamu biasanya akan memutuskan untuk beli aja.

Kue juga bisa jadi pilihan untuk memberikan hampers ke kerabat, teman, atau orang-orang yang kamu cintai lainnya. Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa membuat kuenya sendiri dan memiliki seperangkat alat membuat kue tentunya. Eh ya, tenang aja, kalau belum punya skill bikin kue, sekarang banyak tutorial resepnya di internet. YouTube sama TikTok juga siap sedia membantu kamu menemukan resep yang pas. Intinya mau belajar dan gigih mencoba.

Jika ingin sukses pada bisnis kue rumahan ini, selain perencanaan yang matang. Kamu juga perlu menawarkan ke circle terdekat. Yup, jangan malu menawarkannya ke kerabat atau memasangnya di story media sosial dan grup sekolah.

Tak hanya kehigienisan, kualitas bahan terbaik, dan cara pembuatan saja. Kamu perlu melengkapinya dengan kemasan yang menarik dan aman ketika dikirim menggunakan jasa pengiriman. Jangan lupa juga untuk membuat sistem pemesanan yang jelas saat membuka orderan lewat online. Contoh sistemnya ready stok atau pre-order. Ini untuk menghindari komplain pelanggan.

3. Dropshipper dan Reseller Pakaian Muslim

Jika dua bisnis sebelumnya cenderung perlu mengeluarkan modal terlebih dulu, maka untuk kamu yang tidak punya modal, jangan putus asa. Karena apa? Karena saat ini udah ada yang namanya sistem dropshipper dan reseller. Ini jadi salah satu peluang usaha rumahan atau jualan online yang banyak dipilih.

Dropship artinya usaha menjualkan barang milik orang lain. Dropship berbeda dengan reseller yang umumnya harus membeli barang dengan kuantitas atau minimal jumlah tertentu. Dengan kata lain dropship ini membuat kamu seolah jadi perantara menyalurkan barang. Keuntungan sistem dropship biasanya bisa kamu dapatkan dari selisih harga jual dengan harga asli dari supplier.

Nah, untuk kamu yang tertarik dengan bisnis dropshipper dan reseller pakaian muslim, bisa banget jualan online via Evermos.

jualan online via evermos gampang dan tanpa modal

Mengenal Evermos dan Keunggulan Jualan Online di Evermos

Evermos adalah platform untuk menjual produk-produk Muslim Indonesia. Evermos memiliki visi dan tujuan untuk membantu pelaku-pelaku bisnis kecil dan perorangan agar bisa bersaing dengan brand besar. Berkolaborasi bersama banyak brand muslim dan reseller, Evermos membangun channel penjualan terbesar dan peluang bisnis sebagai reseller maupun dropshipper untuk berjualan produk muslim di Indonesia dengan lebih efektif.

Kelebihan Evermos sebagai Platform Reseller

  • Tersedia fitur membuat toko online sendiri
  • Memiliki akses tanpa batas dan gratis keseluruh brand yang tergabung di Evermos yang bisa disortir berdasarkan kategori
  • Mendapatkan akses ke kelas wirausaha gratis. Jadi, sebagai pebisnis pemula, kamu juga bisa belajar berbagai strategi marketing, kayak kata-kata jualan online yang menarik misalnya. Nah, kan membuka usaha rumahan di Evermos emang nguntungin banget
  • Lebih hemat tenaga dan biaya operasional
  • Bisnis modal minim dan tanpa modal

Nah, itulah sekilas cerita mengenai ide peluang usaha rumahan yang terberrsit di kepala saya belakangan ini. Iya, soalnya pengen nambah penghasilan dari rumah. Kalau kamu tertarik membangun usaha apa nih gengs? Share dong di kolom komentar.

0 thoughts on “Peluang Usaha Rumahan untuk Jualan Online”

Leave a Comment