5 Penyebab Bau Badan Pada Wanita dan Cara Mengatasinya

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Penyebab bau badan pada wanita dan cara mengatasi bau badan

Berbicara tentang penyebab bau badan, dulu almarhumah mama sempat pusing waktu tahu saya jadi bau badan. Anehnya saya tidak menyadarinya. Mama mengira kalau penyebabnya karena saya tidur bareng saudari sepupu dan sempat meminjamkan baju untuk tidur. Padahal bau badan kan tidak menular. Jadi apa penyebab bau badan pada wanita yang sebenarnya dan cara mengatasinya? Yuk baca sampai akhir, ya.

Penyebab Bau Badan Pada Wanita

Bau badan adalah aroma tidak sedap dari tubuh seseorang, sebagian besar terjadi di area ketiak, sehingga sering disebut sebagai bau ketek. Bau badan bukan penyakit menular. Ada beberapa faktor yang bisa membuat seseorang jadi bau badan, di antaranya:

1. Malas Mandi atau Membersihkan Diri

Ini masuk akal, sejak masuk kelas 7 saya seringnya mandi 1 kali sehari di siang hari. Iya dulu masuk jam 13.00 WIB pulang jam 17.00 WIB karena ruangan kelasnya masih terbatas. Sorenya saya jarang mandi, sementara dari jalan raya ke rumah itu jalan kaki 2 kilometer lho. Saya juga anaknya gampang berkeringat.
 
Nah, kalau kamu jarang mandi secara teratur (2 kali sehari), ini dapat menimbulkan bau badan dan bau ketiak yang menyengat. Dalam tubuh yang kotor setiap harinya terdapat bakteri, banyak meninggalkan sel kulit mati dan mengelupas, hihgga berbagai macam polusi.

2. Perubahan Hormon

Di usia remaja wanita akan mengalami pubertas. Nah, saat puber inilah hormon dari kelenjar apokrin semakin meningkat dalam tubuh dan mengeluarkan sekresi. Di beberapa bagian tubuh wanita timbul banyak keringat dan aroma yang lebih bau jika terdapat bakteri.

3. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Penyebab Bau Badan

Penyebab bau badan lainnya bisa akibat dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Sebab beberapa jenis makanan mengandung zat yang bisa menyebabkan bau badan. Makanan itu adalah bawang merah, bawang putih, dan kari mengandung zat alisin.
Sementara sayuran seperti brokoli, kubis, brussels, dan lainnya dapat membuat tubuh menghasilkan keringat yang baunya tidak sedap. Penyebabnya karena sayuran-sayuran yang disebutkan memiliki kandungan sulfur dan sulfida.

4. Menderita Gangguan Kesehatan dan Mengonsumsi Obatan-obatan Tertentu

Ketika mengalami keringat berlebih secara terus menerus dengan aroma yang tidak sedap, kamu juga perlu waspada. Itu bisa menjadi pertanda bahwa kamu mengalami gangguan kesehatan atau terserang penyakit tertentu. Berikut penyakit yang  bisa menyebabkan bau badan, yaitu:
  • Infeksi kulit di beberapa bagian tubuh.
  • Diabetes tingkat tinggi yang membuat pengidapnya kesulitan mengatur kadar gula dalam darah, sehingga tubuh mengandalkan lemak sebagai penggantinya. Proses ini menghasilkan senyawa yang sifatnya asam, sehingga menimbulkan bau ketek seperti buah yang asam.
  • Gagal ginjal atau liver bisa mengakibatkan aroma tubuh tercium berbau urine hingga pemutih pakaian.
  • Kadar gula dalam darah rendah.
  • Disfungsi metabolisme tubuh.
  • Masalah tiroid yang overaktif dan lainnya.

5. Kelebihan Berat Badan

Wanita yang memiliki berat badan berlebih atau masuk kategori obesitas biasanya cenderung bau badan. Penyebabnya karena orang gemuk memiliki lebih banyak pori-pori tersembunyi dalam lipatan tubuh. Area lipatan biasanya hangat, beruap, dan gelap. Kondisi seperti ini membuat bakteri penyebab bau badan lebih cepat untuk berkembang dan menyebabkan aroma yang tidak sedap.
Hal lainnya yang bisa memicu bau badan adalah kebiasaan menggunakan pakaian yang sama (kotor) untuk beberapa kali pemakaian. Kemudian banyak beraktivitas berat atau menghasilkan banyak keringat. Bau badan juga dapat dirasakan oleh para pria.

Cara Mengatasi Bau Badan

Untuk mengatasi bau badan, tentunya para wanita bisa melakukan hal-hal yang bisa menghindarkan kita dari penyebab bau ketek. Misalnya mandi 2 kali sehari, membatasi konsumsi makanan yang bisa menyebabkan bau badan, berobat ketika terindikasi sakit, dan menjaga berat badan agar ideal.
Selain itu, dulu almarhumah mama memberikan saya deodoran untuk mengurangi keringat berlebih di bagian ketiak. Jadi ketiak tetap bisa kering namun kelembapannya terjaga dalam kurun waktu tertentu. Sejak saat itulah saya tidak lagi bau badan.
Jadi deodoran apa yang saya pakai dan cocok untuk remaja wanita? Yuk cari tahu selengkapnya pada artikel penyebab bau badan pada remaja dan cara mengatasinya. Nah itulah sedikit mengenai penyebab bau badan pada wanita secara umum dan cara mengatasinya. Semoga membantu kamu yang memiliki permasalahan sama ya gengs.

0 thoughts on “5 Penyebab Bau Badan Pada Wanita dan Cara Mengatasinya”

  1. Kalo masa2 ABG gitu memang cendrung bau badan Krn perubahan hormon sih ya mba… Ini anakku yg cewe sempet udah kecium badannya mulai bau tiap keringetan. Akhirnya aku mulai deh, biasain dia mandi setiap habis aktifitas berat, dan pake deodorant. Aku ga mau juga anakku dikucilin harga2 badannya bau. Soalnya inget dulu zaman sekolah ada bbrp anak yg BB gitu. Dan ganggu kan yaaa. Jadinya banyak yg ngucilin juga, saking ga tahan deket2.

    Makanya anakku yg pertama ini aku awasin trus jgn sampe lupa pake Deo 😄

    Reply

Leave a Comment