rekomendasi business tools astakona

3 Business Tools untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis

35 Comments

Photo of author

By Gemaulani

Akhir-akhir ini banyak berita seputar bisnis yang membuat saya speechless. Misalnya manajer toko kecantikan yang menggelapkan dana hingga miliaran. Lalu karyawan apotek yang setiap hari berhasil meraup keuntungan minimal 500 ribu per hari ke kantong pribadinya selama 2 tahun.

Saya tidak bisa membayangkan kerugian materiil dan imateriil dari pemilik bisnisnya. Belum lagi berita beberapa start-up dan perusahaan besar yang gulung tikar juga turut membuat saya kaget. Memang ya, mendirikan, mengembangkan, dan membuat bisnis panjang umur tidak mudah.

Menurut data dari Small Business Association (SBA), sebanyak 30 persen bisnis baru gagal di tahun kedua, 50 persen gagal pada tahun kelima dan sekitar 66 persen mengalami kegagalan di tahun ke 10. Hanya sekitar 25 persen bisnis yang berhasil bertahan selama 15 tahun ke atas.

Saya tahu kok apa yang ada dalam pikiran minasan sebagai pebisnis ataupun calon pebisnis. Ya, ingin menjadi bagian 25 persen bisnis yang panjang umur, kan? Kalau begitu, kuncinya adalah memperhatikan faktor penting yang bisa meningkatkan produktivitas kerja dan efisiensi bisnis.

Apa saja faktor-faktor tersebut? Kalau minasan penasaran, yuk lanjut baca artikel kali ini. Karena selain membahas faktornya, saya juga mau spill 3 business tools yang bisa memperlancar proses produktivitas dan efisiensi dari bisnis kamu.

tips meningkatkan produktivitas bisnis

5 Faktor Penting yang Perlu Diperhatikan untuk Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Berikut beberapa faktor yang bisa meningkatkan produktivitas bisnis supaya bisnis bisa berumur panjang:

1. Manajemen di Perusahaan

Posisi manajemen dalam bisnis bisa dikatakan sebagai pilot perusahaan. Orang yang memiliki peran utama atau kunci yang bertugas mengarahkan dan mengelola sumber daya, agar bisa mencapai tujuan perusahaan.

Berikut adalah 7 langkah penting yang dapat diambil untuk memastikan fungsi manajemen yang efektif dan produktif:

  • Menetapkan dan mengembangkan visi dan misi yang jelas tentang masa depan bisnis. Kemudian mengembangkan misi yang menggambarkan tujuan dan nilai inti perusahaan.
  • Menganalisis kondisi bisnis secara menyeluruh, termasuk memahami aspek operasional dan mengevaluasi efisiensi proses bisnis.
  • Mempertimbangkan beberapa opsi strategis, sehingga bisa merancang strategi yang paling sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
  • Mengidentifikasi tujuan-tujuan strategis yang mendukung visi bisnis dan memastikan tujuan tersebut dapat diukur dan dicapai secara realistis.
  • Mengimplementasikan strategi dengan cermat serta memastikan seluruh tim terlibat dan memahami peran mereka dalam mencapai tujuan strategis dari bisnis.
  • Menentukan alokasi sumber daya, seperti waktu, tenaga kerja dan mengawasi penggunaan sumber daya secara efisien sesuai dengan prioritas strategis.
  • Mengevaluasi hasil eksekusi strategi secara berkelanjutan supaya bisa melakukan perbaikan atau memperbarui strategi jika sudah tidak relevan.

Selain memastikan fungsi manajemen berjalan sebagaimana mestinya, individu di posisi manajemen juga harus terus belajar atau memperbarui wawasan seputar bisnis. Mengingat bisnis harus bergerak dinamis untuk bertahan dalam jangka panjang.

manfaat aplikasi hrd untuk merekrut karyawan

2. Karyawan yang Tepat

Berkaca dari manajer toko atau karyawan apotek yang saya singgung di awal, itu termasuk orang-orang yang tidak memiliki kapasitas dalam melaksanakan tanggung jawab pekerjaannya. Untuk itu, kamu perlu berhati-hati saat melakukan perekrutan karyawan.

Sebab, ketika ada satu orang yang melenceng dari tugasnya, ini bisa mempengaruhi produktivitas kerja tim di perusahaan. Produktivitas kerja adalah sesuatu yang dihasilkan oleh karyawan maupun tim kerja selama periode waktu kerja tertentu.

Saat ini kamu bisa mengandalkan aplikasi HRD untuk melakukan rekrutmen dan memantau kinerja karyawan.

Baca juga: Cara Membangun Branding di Internet

3. Produk atau Layanan yang Ditawarkan

Di awal mendirikan bisnis, kamu pasti sudah mengetahui dan memutuskan produk atau layanan apa yang akan ditawarkan ke konsumen, bukan?

Nah, sebelum melakukan proses produksi, kamu harus melakukan riset terlebih dulu terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga bisa menghasilkan produk yang sesuai ekspektasi mereka.

Kamu bisa mempertimbangkan hal-hal, seperti:

  • Memberikan produk dengan kualitas terbaik.
  • Memberikan harga paling pas.
  • Melakukan pengemasan yang menarik dan tidak mudah rusak.
  • Membuat desain yang berkesan dan unik.
  • Menentukan cara distribusi produk atau layanan yang efektif supaya lebih mudah dalam menjangkau konsumen.
software teknologi adalah perangkat lunak yang akan memudahkan dalam mengotomatisasi tugas rutin

4. Otomatisasi Sistem dan Proses

Otomatisasi sistem dan proses dalam bisnis artinya mengimplementasikan teknologi untuk membantu dalam mengotomatisasi tugas-tugas rutin, mengelola data, dan meningkatkan efisiensi operasional bisnis.

Di era digital dan teknologi yang berkembang pesat saat ini, sayang rasanya jika kamu tidak memanfaatkan kemudahan tersebut untuk memperbaiki sistem di perusahaan. Karena otomatisasi sistem ini memberikan dampak signifikan pada produktivitas kerja, kualitas, dan responsivitas bisnis.

Selain lebih hemat sumber daya, baik manusia, dan uang. Penggunaan software teknologi (perangkat lunak) untuk otomatisasi sistem dan proses, seperti aplikasi proyek yang berguna untuk pengerjaan tugas-tugas rutin akan membantu tim untuk fokus pada pekerjaan yang lebih strategis dan kreatif.

marketing adalah proses memperkenalkan produk atau bisnis ke masyarakat

5. Pemasaran yang Bisa Meningkatkan Penjualan

Pemasaran atau marketing adalah proses memperkenalkan atau memasarkan produk ke konsumen. Pemasaran yang efektif adalah kunci yang bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis dan penjualan.

Strategi pemasaran yang tepat di era digital tidak hanya bermanfaat untuk menarik pelanggan potensial, tetapi juga membangun brand awareness yang kuat.

Nah, di era digital, kamu bisa menghemat anggaran pemasaran karena bisa melakukan digital marketing untuk bisnis melalui berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan lainnya.

Hanya saja, tim pemasaran harus saling bertukar ide terkait pembuatan konten yang bisa menarik perhatian pembeli dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Untuk menampung ide-ide ini dan saling memberi masukan, serta melakukan penjadwalan konten, kamu bisa menyediakan software teknologi yang bisa membantu mempermudah kerja sama tim pemasaran.

Baca juga: Tips Melakukan Email Marketing Sebagai Media Promosi

manfaat digital marketing

Produk Astakona, Solusi untuk Menciptakan Produktivitas yang Tinggi

Setelah melihat 5 faktor penting dalam meningkatkan produktivitas bisnis di atas, sekarang saya mau memperkenalkan minasan pada produk Astakona.

PT Gemilang Astakona Sejahtera atau Astakona didirikan pada tahun 2023 oleh dua individu yang dinamis, yaitu Direktur dan Komisioner Astakona.

Astakona memiliki semboyan PASTIBISA yang berasal dari gabungan kata Positivity, Accountability, Synergy, Tenacity, Integrity, Boldness, Ingenuity, Savvy, dan Adaptivity.

Semboyan ini juga menjadi panduan hidup dalam keseharian tim Astakona yang memahami kalau tantangan selalu ada, namun semangat dan komitmen terhadap PASTIBISA membantu mereka untuk terus maju.

produk astakona sebagai solusi mencapai kesuksesan dan produktivitas yang tinggi

Astakona mewujudkan komitmen tersebut dengan menyediakan produk berkualitas yang mendorong bisnis untuk mencapai kesuksesan dan produktivitas yang lebih tinggi, seperti produk Astakona di bawah ini:

  • Business Tools yang terdiri atas Lark Suite, The Sales Machine, Akrivia HCM. Ketiga software teknologi ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan kesuksesan bisnis kamu.
  • Industry Tools, produk Astakona yang berupa perangkat lunak premium bernama Facttwin, UptimeAI, dan Epicor yang memiliki keunggulan dalam setiap tugas, yang mana akan membantu mengoptimalkan produktivitas industri.
  • Partner Solutions, yaitu layanan ahli berupa solusi inovatif yang dirancang khusus oleh Astakona untuk membantu bisnis kamu mencapai keunggulannya. Ada RHE Solutions dan DNE Technologies.

3 Business Tools untuk Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi Bisnis

Supaya bisa memiliki bisnis yang panjang umur dan menerapkan 5 faktor yang bisa meningkatkan produktivitas bisnis dengan lancar, kamu bisa banget memanfaatkan business tools atau software Astakona, berupa Lark Suite, The Sales Machine, Akrivia HCM yang akan saya jelaskan lebih detail di bawah ini:

1. Lark Suite

Lark Suite adalah produk Astakona berupa aplikasi proyek. Aplikasi proyek adalah aplikasi yang berguna untuk melakukan perencanaan, membuat jadwal, hingga pendelegasian tugas.

lark suite adalah software astakona yang berfungsi sebagai aplikasi proyek

Lark Suite merupakan aplikasi masa depan yang akan membantu kamu dalam meningkatkan efisiensi, kreativitas, dan keterlibatan setiap individu yang ada di organisasi. Melalui Lark Suite, kamu dan tim kerja akan mendapatkan kemudahan untuk:

  • Saling terhubung dan mudah mengambil tindakan melalui messenger. Kamu bisa membuat grup dan membuat utas khusus untuk berdiskusi tanpa membanjiri umpan grup.
  • Menampung ide hingga konten, seperti ide untuk digital marketing dan penjualan melalui kolaborasi kreatif menggunakan Docs, Sheets, dan Mindnotes. Ide atau dokumen-dokumen ini akan disinkronisasi secara real-time dan aman.
aplikasi proyek bermanfaat untuk mengatur jadwal meeting
  • Berkolaborasi tanpa hambatan setiap waktu melalui Magic Share yang membuat kamu dan tim kerja bisa membagikan dokumen langsung dan melakukan editing, bahkan ketika sedang melakukan panggilan video meeting atau aktivitas lainnya.
  • Bisa mengatur jadwal di satu tempat. Dengan begitu kamu bisa mengetahui kapan waktu yang pas supaya tim bisa dipanggil dari layar yang sama.
  • Mengirim dan memproses semua jenis persetujuan pada satu platform, sehingga kamu bisa mengambil keputusan bisnis dengan cepat hanya dengan 1 kali klik saja.
  • Terdapat Base, Basis data antar hubungan yang membantu kamu untuk mempersingkat waktu berkoordinasi. Jadi, tersedia lebih banyak waktu untuk mengeksekusi.

Baca juga: Cara Meningkatkan Peluang Usaha untuk Pebisnis Online

2. The Sales Machine

The Sales Machine adalah platform all in one yang akan membantu kamu dalam pemasaran, penjualan, dan dukungan pelanggan pelanggan. Platform ini akan mengambil keputusan untuk menyederhanakan manajemen tim dan mencapai tujuan melalui data dan metrik dari solusi yang disediakan oleh Astakona.

the sales machine adalah business tools dari astakona yang merupakan platform all in one

Berikut beberapa keunggulan yang terdapat di software manajemen produksi Astakona ini:

  • Mengelola, melacak, menyesuaikan, dan memberikan penghargaan kepada tim penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan bisa dilakukan dalam satu platform. Di sini kamu juga bisa menyederhanakan proses penjualan dan membekali tim penjualan dengan segala informasi yang mereka butuhkan.
  • Di software manajemen produksi ini terdapat leader dashboard yang bisa memotivasi dan memberi penghargaan kepada karyawan sehingga mereka bisa memberikan hasil yang terbaik. Leader dashboard juga efektif untuk mengurangi pergantian karyawan.
  • Fitur kinerja yang akan membantu menyederhanakan manajemen kinerja dan melacak kemajuan tim. Dengan begini, kecurangan-kecurangan karyawan di bagian penjualan bisa dihindari.
  • Manajemen tiket untuk mengelola setiap pertanyaan pelanggan secara efisien.

software manajemen produksi dari astakona

3. Akrivia HCM

Akrivia HCM adalah business tools yang memberikan solusi berupa aplikasi HRD yang akan membantu tim kamu untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam bisnis. Karena di dalamnya terdapat fitur-fitur yang akan mempermudah HRD dalam melakukan perekrutan, manajemen kinerja, sampai penggajian.

Berikut manfaat menggunakan software Astakona yang satu ini:Core HR yang mengadopsi kecerdasan buatan (AI) yang menawarkan akses digital, personalisasi, dan efektivitas untuk menciptakan pengalaman karyawan yang lebih luas.

  • Sistem Manajemen Core HR pada business tools Akrivia HCM menyediakan seluruh kebutuhan yang menyangkut human resources management, seperti waktu, kehadiran, cuti dan manajemen karyawan.
akrivia hcm adalah aplikasi hrd atau software manajemen rekrutmen berbasis AI dari Astakona
  • Manajemen rekrutmen yang akan memudahkan manajer SDM untuk merekrut, menilai, mewawancarai, dan memasukkan calon karyawan terbaik. Fitur ini akan menyaring ribuan resume dengan software manajemen rekrutmen berbasis AI. Di dalamnya juga terdapat fitur peringkat resume, penjadwalan wawancara cerdas, dan lainnya.
  • Manajemen kinerja yang komprehensif yang bisa membantu dalam mencapai tujuan bisnis.
  • Mengukur, melibatkan, dan mendorong pengalaman karyawan melalui perangkat lunak employee engagement terbaik.
  • Membantu melakukan otomatisasi proses penggajian dalam hitungan menit. Ini sudah termasuk perhitungan gaji, slip gaji, dan lainnya.
  • Tersedia pembuatan manajemen tiket untuk karyawan yang mudah dipantau sesuai kategorinya.
software astakona untuk otomatisasi penggajian

Baca juga: Pengertian Invoice Online

Kesimpulan

Membangun, mengembangkan, dan membuat bisnis panjang umur tidaklah mudah. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya.

Kuncinya ada di peningkatan produktivitas bisnis. Nah, di era digital saat ini, penggunaan business tools bisa membantu kamu untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis.

Kamu bisa menggunakan produk Astakona, berupa Lark Suite, The Sales Machine, dan Akrivia HCM.

Kenapa Astakona? Karena Astakona tidak hanya menyediakan solusi teknologi informasi, seperti business tools, industry tools, partner solution saja. Lebih dari itu, mereka berkomitmen membantu bisnis kamu untuk mencapai kesuksesan.

35 thoughts on “3 Business Tools untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis”

  1. solutif banget Astakona ya?
    UMKM emang lemah banget dalam managerial, baik keuangan, pembukuan , marketing dan lainnya
    Gak heran bisa kecolongan Rp 500 ribu per hari tanpa ketahuan
    Andai sejak awal sudah mendapat layanan dari Astakona pasti hal tersebut gak terjadi

    Reply
  2. Yang menjalankan bisnis gak ada alasan lagi untuk keuh-keuh melakukan semuanya secara konvensional ya, secara banyak aplikasi ataupun tools yang membantu bisnis seperti yang ditawarkan oleh Astakona ini.

    Reply
  3. Soal pemasaran setuju banget, sekarang tu apa2 udah merambah pemasaran digital bahkan pemilik online seller yang jualannya masih skala kecil sekalipun.
    Apalagi banyak media sosial gratisan yang bisa dimanfaatkan dengan baik.
    Paling ya kalau mau effort belajar digital marketing atau kalau gak ngeboost postingan pakai ads.

    Reply
  4. Wow toolsnya udah canggih banget ya. Bisa bantu seleksi kualitas karyawan juga. Kalo bisnis tollsnya udah otomatis gini memudahkam banget buat owner jalanin bisnis. Asal masih didampingi juga ya, nggak yang autopilot. Tetep harus dicek ricek lagi sama ownernya

    Reply
  5. Baca serangkaian tulisan ini, saya jadi saat masih bekerja dulu. Tuntutan untuk mempertahankan produktivitas kerja di limit tertinggi dengan efisiensi bisnis sebaik mungkin, menjadi tantangan yang luar biasa untuk mereka yang berada di Board of Management. Dan itu tidaklah gampang.

    Semoga dengan kehadiran ASTAKONA dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, bisnis para pengusaha bisa menjejak hingga puluhan tahun. Tentu saja dengan kekuatan manajemen yang prima, mengikuti kebutuhan zaman, dan dengan mengaplikasikan teknologi kekinian yang efisien dan efektif.

    Reply
  6. problem ini memang harus disadari dulu oleh pelaku bisnis mauoun yang mau terjun ke bisnis. Bukan hanya skala binis untuk perusahaan saja. Bisnis yang dijalankan oleh perorangan juga butuh peningkatan dan business tools agar bisnisnya bisa berkembang dan dapat untung

    Reply
  7. setuju sama kak Gilang, urusan manajemen di perusahaan ini memang harus yang tepat. salah dikit aja, bisa berakibat fatal hingga gulung tikar ya.
    semangat jalankan bisnis kuy

    Reply
  8. Sedih juga ya membaca beberapa start up yang tumbang, ataupun pelaku bisnis lain yang kena tipu teman maupun karyawan.
    Semboyan Astokana, PASTI BISA, bukan cuma sebatas 2 kata semboyan ya, melainkan seumpama jiwanya astokana.

    Reply
  9. Waaw, terpukau dengan 3 Business Tools yang ditawarkan Astakona.
    Ternyata memang menjalankan bisnis zaman sekarang tuh kudu ada strategi marketing yang sesuai dan sudah pasti dikerjakan oleh orang-orang yang profesional agar bisa nge-boost bisnis tepat sasaran.

    Reply
    • Setuju Teh,
      Kalau tepat sasaran begini kan bisa dapat untung juga buat bisnis yang dijalankan. Jadi manfaatkan nih toolsnya biar bisnis makin maju

      Reply
  10. makin kesini makin canggih aja, perusahaan besar wajib banget pakai produk dari Astakona ini, bener-bener bisa membantu memudahkan pekerjaan kantor jadi lebih mudah dan praktis

    Reply
  11. Makin ke sini, makin mudah aja mestinya ya membuat dan mengoperasikan usaha. Karena semakin banyak business tools yang memudahkan operasional bisnis kita.

    Reply
  12. Lengkap ya layanannya. Jadi beneran bisa membantu perusahaan dalam banyak bidang. Pemasaran, HRD, dan pembuatan perencanaan bisnis. Bisa lebih praktif dan efisien untuk pelaku usaha.

    Reply
  13. Dalam bisnis, bila sistem dan prosesnya sudah otomatisasi, maka SDM tinggal menemukan beragam rencana untuk memajukan bisnisnya. Menurutku, business tools dari Astakona amat sangat membantu sih.

    Reply
  14. Miris sekalo dengan kelakukan karyawan yang tak bertnaggung jawab ya, Mbak.Alih-alih justru bisnis hancur, karena ulah orang dalam juga. Makanya saat membangun bisnis, memang harus dipikirkan berbagai hal. Dan sekarang sudah terbantukan dengan adanya Business tools, yang bisa mengatur berbagai hal seputar bisnis kita.

    Reply
  15. Astakona beneran solusi buat UMKM untuk bisa memanfaatkan teknologi AI untuk membangun perusahaan jadi lebih baik lagi. Banyak pilihan AI yang bisa digunakan untuk pemanfaatan pengukuran kinerja maupun marketing perusahaan

    Reply
  16. Waahh ulasannya lengkap banget, emang yaahh bisnis tools kayak gini tuh emang penting banget, apalagi yang masih ragu untuk memulai usaha. Yakin deh, aplikasi ini tuh benar-benar ngebantu banget.

    Reply
  17. Namanya mudah diingat, ASTAKONA. Tapi business toolsnya apa aja, masih asing sih buat aku. Pebisnis harus belajar menggunakan tools dari ASTAKONA nih supaya memudahkan mengelola bisnisnya…

    Reply
  18. Tidak bisa dipungkiri bisnis saat ini membutuhkan tools yang benar-benar terintegrai dan bisa memonitor jalannya bisnis.Aplikasi Astakona salah satunya nih

    Reply
  19. Solutif, suka dengan tagline Astakona Pasti Bisa, akronim yang berkaitan dengan filosofi di balik layarnya. Pebisnis memang harus mau upgrade terus supaya ga ketinggalan ilmu

    Reply
  20. Manajemen bisnis memamg hal penting yang harus ada di perusahaan, seiring perkebangan teknologi dan digitalisasi bisnis, perusahaan juga harus mau bertranformasi, termasuk menggunakan alat bantu bisnis untuk meningkatkan produktivitas. Seperti business tools dari Astakona yang begitu solutif bagi semua.

    Reply
  21. Sekarang kecanggihan teknologi bisa kita manfaatkan ya
    Misalnya dengan menggunakan business tools seperti ini
    Membantu meningkatkan kinerja bisnis

    Reply
  22. Hebat sekali yaa sekarang udah ada tools canggih yang bisa memudahkan untuk pemasaran dan mengatur bisnis, sehingga dipastikan untung besar. Memang pengusaha kudu memanfaatkan teknologi agar lebih berkembang.

    Reply
  23. Business tools dari Astakona ini emang memberikan solusi banget ya kak bagi pebisnis. Skrg pebisnis bisa lebih efisien biaya dan waktu serta efektif dlm tenaga kerja.

    Dgn pakai business tools dari Astakona, pebisnis bisa lebih menghemat pengeluaran dan dapat memaksimalkan cuan deh. Hayoo para pebisnis lekas cek business tools dari Astakona. Cari yang paling dibutuhkan usaha kalian ya.

    Reply
  24. Pengen banget kasih artikel ini ke omku yang lagi bisnis properti, biar teamnya juga mudah ngontrolnya, kerjaan pun lebih efektif dan efisien ya kann. thanks kak Gee ulasannyaaa.

    Reply
  25. Mau juga menjadi bagian dari yang 25% tapi aku belum punya bisnis..udah punya wajahnya tapi bingung mau ngembanginnya karena gak punya ilmu bisnis hiks.. Astakona ini bisa membantu ya

    Reply
  26. Kehadiran aplikasi Astakona ini pastinya bermanfaat banget buat banyak para pengusaha terutama bagi yang baru memulai bisnis karena fitur di Astakona ini sangat lengkap mulai dari software produksi, HRD, sampai denga laporan keuangan

    Reply
  27. Ternyata bisnis itu butuh tools juga strategi yang mantap untuk menjalankannya yaa..
    Untuk pemula, pastinya artikel seperti ini bisa membantu dan memanfaatkan teknologi adalah salah satu cara terbaik menembus pasar global.

    Reply

Leave a Comment