Resep Risoles Mayo Gurih Bisa untuk Ide Jualan

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Resep Risoles Mayo Gurih Bisa untuk Ide Jualan
Apakah ada yang samaan kayak aku, akhir-akhir ini rasanya gampang lapar dan butuh asupan camilan gitu? Kalau gitu, mari kita bikin camilan sendiri supaya lebih kenyang dan hemat. Nah, karena aku penyuka makanan gurih, asin, dan pedas. Jadi kali ini aku mau share resep camilan sejuta umat yang bikinnya enggak ribet. Yup, mari kita cobain resep risoles.
Udah pada enggak asing kan ya sama risoles atau risol ini. Sekilas emang mirip kroket, tapi dari segi teksturnya beda. Sebagai jajan pastri, risoles kulitnya lebih empuk dan agak tebal. Terus risoles juga punya banyak varian untuk isianya. Ada yang isi daging ayam, sapi, sayuran, sosis sampai risoles mayo yang di dalamnya makaroni juga.

Resep Risoles Mayo yang Gurih dan Enak

Yuk cobain resep risoles mayo aku kali ini! Tapi sebelumnya, kamu harus menyiapkan bahan-bahan dan bumbunya dulu ya gengs. Di bawah ini aku spill seluruh bahan-bahan yang diperlukan plus cara membuatnya. Baca dengan pelan dan teliti supaya hasilnya maksimal ya. Oh ya, by the way, kali ini aku bikin risolesnya yang isian mayo campur makaroni dan smoked beef.

Bahan Kulit Risoles

  • 500 gram tepung terigu (better yang protein sedang)
  • 50 gram tepung maizena
  • 2 butir telur ayam negeri (yang disimpan di suhu ruang/jangan yang dari kulkas)
  • 2 sdm susu bubuk full cream (merek bebas)
  • 2 sdm minyak sayur
  • Air dingin matang secukupnya

Bahan Isian Risoles

  • 250 gram makaroni
  • 300 gram mayonaise
  • 10 lembar smoked beef yang dipotong persegi
  • 6 butir telur rebus, jangan lupa dipotong menjadi 6 bagian
cara membuat risoles mayo gurih

Bumbu untuk Isian Risoles

  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 3 siung bawang putih

Bahan untuk Tepung Kulit

  • 200 gram tepung panir (hati-hati ketuker sama tepung roti, mereka berbeda)
  • 1 butir telur yang dikocok lepas

Cara Membuat Risoles Mayo Isi Makaroni

1. Pertama, mari kita buat dulu untuk isiannya ya. Mulailah dari merebus makaroni sampai matang, kemudian tiriskan.
2. Tuang atau beri sedikit minyak supaya makaroni tidak menempel dan menggumpal.
3. Selagi meniriskan makaroni, lanjut dengan mencincang bawang putih. Lalu tumis sampai harum di wajan atau teplon.
4. Masukkan makaroni dan smoked beef.
5. Masukkan bumbu-bumbu yang sebelumnya sudah disiapkan dan aduk sampai merata.
6. Jangan lupa untuk memberikan sedikit air supaya bumbunya lebih meresap. Untuk tahapan pembuatan isian sudah selesai.
7. Lanjut ke pembuatan kulit risolesnya. Pertama, mari campurkan semua bahan kulit pada sebuah mangkuk berukuran sedang.
8. Aduk merata menggunakan sendok sampai seluruh adonan tidak ada yang menggumpal.
9. Setelah adonan siap, lanjutkan dengan membuat dadar di wajan teflon kecil. Pastikan adonan merata dan gunakan api sedang. Jangan terlalu kering supaya tidak robek.
10. Lanjutkan membuat dadar hingga semua bahan kulit habis.
11. Biarkan dadar atau kulitnya dingin dulu, baru setelahnya beri isian yang sudah dibuat di awal.
cara membuat risoles mayo segitiga anti hancur
12. Untuk yang bentuknya biasa (dadar gulung). Ambil sedikit isian, taruh di bagian pinggir kulit dadar, lalu lipat sisi kanan, kiri dan gulung hingga menutup.
13. Untuk yang bentuknya segitiga, letakkan isiannya di bagian pinggir kulit dadar. Lalu lipat kedua sisi kiri dan kanan hingga menutupi isian dan membentuk ujung runcing. Tarik ujung runcing dan lipat ke arah depan. Lipat lagi sisa di bagian sisi kanan dan kirinya. Kalau dibalik, bagian depannya membentuk segitiga yang sempurna.
14. Setelah selesai membentuk, masukkan risoles ke dalam telur, angkat, dan gulingkan di atas tepung panir. Apakah sudah selesai? Oh tentu saja belum gengs.
15. Supaya bisa dinikmati, kamu harus panaskan minyak goreng dan goreng risoles menggunakan api sedang.
16. Jika sudah terlihat golden atau kuning kecokelatan, kamu bisa angkat, tiriskan, dan sajikan di piring. Tambahkan hiasan supaya menarik.

Kenapa Pakai Tambahan Tepung Maizena dan Cara Menyimpan Risoles Supaya Tahan Lama

Mungkin resep risoles mayo makaroni yang aku share kali ini agak sedikit lain dari resep yang biasa kamu temukan di internet. Iya, kamu enggak salah baca. Aku emang menambahkan tepung maizena. Apa beda dan manfaatnya? Jadi, tepung maizena yang dicampur dengan tepung terigu protein sedang akan menghasilkan adonan dadar yang lebih lentur dan kuat. Jadi gak gampang robek. 
Untuk tepung maizenanya, jangan lupa pilih produk maizenaku dari egafood. Kenapa aku selalu pakai tepung maizenaku? Karena produk maizenaku dibuat menggunakan tepung jagung asli dengan kualitas nomor satu. Selain itu sudah mendapatkan sertifikasi halal MUI dan juga mendapatkan sertifikasi TOP BRAND. Pilihan kemasannya juga banyak. Ada kemasan kotak 100, 150, 300, dan 750 gram. Terus ada kemasan plastik yang 100, 250, 500, 1 kg, dan 10 kg lho. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.
Selain itu, Maizenaku 2x lebih kuat dalam mengentalkan, warna saucenya clear dan NON GMO (Gentically Modified Organism).
kelebihan produk maizenaku dari egafood
By the way nih kakak dan mama muda, untuk resep di atas ini bisa menghasilkan minimal 36 pcs risoles lho. Enggak mungkin kan langsung digoreng semua. Jadi biar awet, bisa banget disimpan di kulkas. Tempatkan pada wadah kedap udara, kalau pengen disimpan sampai sebulan bisa di freezer. Kalau cuma beberapa hari, di chiller juga cukup.
Nah yuk cobain resep risoles mayo gurihnya. Bisa buat ladang bisnis juga lho ini. Kalau mama muda dan kakak-kakak yang tak sengaja terdampar di sini biasanya bikin camilan apa di rumah? Atau udah nyobain bikin risoles isian apa aja? Share yuk di kolom komentar.

0 thoughts on “Resep Risoles Mayo Gurih Bisa untuk Ide Jualan”

  1. Oh ini rahasia membuat Risoles Mayo yang lezat dengan kulit tetap lembut renyah, yakni menggunakan tepung maizena yang terpercaya, Maizenaku.

    Alhamdulillah, produk dengan sertifikasi halal MUI dan sertifikasi TOP BRAND pula…

    Reply
  2. Aku suka banget sama risoles. Makanan favorit yang wajib beli kalau nemu. Enak banget soalnya. Tapi kalau bikin sendiri, belum bisa tuh. Hiks

    Reply
  3. auto bikin nih risoles mayo nya mumpung masih dalam suasana liburan yang belum riweuh sama urusan antar – jemput-nungguin anak sekolah. btw gak boleh ya kalo bikin perkueahan pakai telur dari kulkas? kenapa ya?

    Reply
  4. Suka juga sama risoles mayo ini, biasanya beli di kantin kalau lagi jam istirahat ngajar. Tapi kepikiran juga, kayanya kalau nyoba buat untuk dijual kayanya berprospek juga, coz banyak yang suka nih sama risoles mayo di sini

    Reply
  5. Kupikir pake tepung apa kok bs mulus bgt risolesnya. Ternyata pake Maizenaku. Ya pantes sih. Itu tepung berkualitas. Jd ga akan terbalur rata2 ke adonan. Ga akan pecah2 apalagi gampang gosong. Golden brown bgt hasilnya.

    Reply
  6. Intinya ada di maizena-nya ya.
    Daku belum pernah coba bikin kak. Selama ini seringnya tinggal makan aja haha
    Sepertinya boleh nih dicopas resepnya, apalagi bisa dibuat isi makaroni pula.

    Reply
  7. Belum pernah bikin kulit risoles sendiri sih ya, kayaknya cukup mudah. Jadi rahasia biar kulitnya kuat tapi lentur adalah ditambah tepung maizena ya.

    Belum pernah juga makan risol mayo yang isiannya makaroni, kapan2 coba ahh. Makasih banyak resepnya kak.

    Reply
  8. Uwaaah.. Cemilan kesukaankuuu! Apalagi isian mayo, etapi diisi apa aja aku suka ding, wkwk.. Save dulu ah resepnya, dan mau stok Maizenaku juga buat bikin banyak risoles, xixixi..

    Reply
  9. Lengkaaappp. Makasih ya Kak.

    Secara risoles mayo ini enak gurih dan krim mayo yang temenan sama isian di balik kulit krunci empuknya risoles yang masih hangat tuh nikmat banget buat dimakan. Nyummy.

    Reply
  10. Kak gilaaang aku dlu pernah lho jualan risol mayo sama kakak iparku wkwkw, tp dia yang bikin aku yang jualin haha, alhamdulillaah dlu sempet bikin merk jugaa, tapi akhirnya ngga lanjut gara2 kaka iparku harus pindah kota hiks

    Reply
  11. Pantesan kok kulit risolesnya bgs bgt bentuknya. Mulus tanpa benjolan sana sini serta tertata rapi. Rahasianya di tepung maizena ternyata.

    Digoreng sebentar udh warna gold sehingga makim cantik dipandang. Plus rasanya jg pasti enak tuh.

    Reply
  12. Aku juga pakai tepung maizena ini lho. Btw kulit risolesnya bikin sendiri keren lho kak ge.. aku sebener pengen nyoba yg isian sosis dan telur hehe. Mainstream yak hehe

    Reply
  13. Ngelipet Resep Risoles Mayo nya cantik sekalii..
    Bisa segitiga dan tidak kerasa tebal di satu sisi. Aku suka banget cemilah Resep Risoles Mayo Gurih ini.. Selain memang mengenyangkan, juga isiannya komplit.

    Reply
  14. Saya suka banget sama risole Kak. Apalagi pas lagi anget-anget. Cuma nggak pernah buat sendiri. Nanti aku coba resepnya ya Kak, pakai Maizenaku dari Egafood untuk bahan kulitnya.

    Reply
  15. Kesukaankuu nih, apalagi kalau dalamnya pake mayo pedas atau bisa ditambah dengan jagung manis rebus, kries2 enakk. Makasih resepnya, kapan2 praktek ahh.

    BTW kalau kulit risoles diganti dengan kulit lumpia (yg ada di pasar itu) bisa ga sih?

    Reply
  16. Bikin risol mayo tuh ternyata gampang juga ya. Apalagi ini kesukaan anak-anak bisa buat ide bekal sekolah. Ternyata ada bahan rahasia pake maizena ya. Bikin adonan lebih kuat ga gampang robek hehe.

    Reply
  17. Bikin risol mayo tuh ternyata gampang juga ya. Apalagi ini kesukaan anak-anak bisa buat ide bekal sekolah. Ternyata ada bahan rahasia pake maizena ya. Bikin adonan lebih kuat ga gampang robek hehe.

    Reply
  18. Dari fotonya, ini sudah menggoda selera, Mbak. Rasanya pengin nyomot. Dan kebetulan di rumah belum pernah bikin. Biasanya risol biasa isi kentang wortel. Resepnya saya simpan nih, Mbak.
    Dan tepung maizenaku ini sudah lama dipakai orang. Salah satunya untuk mengentalkan juga.

    Reply

Leave a Comment