Tips Sukses Bisnis Online

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Beberapa tahun terakhir, apalagi sejak adanya pandemi, membuat bisnis online semakin populer. Mengingat banyaknya pembatasan sosial untuk mengurangi aktivitas di rumah. Jadi, banyak yang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, atau belanja, entertainment dan lainnya secara online, termasuk saya.
Bisnis online pun menjadi bisnis yang lebih minim pengeluaran untuk biaya pemasarannya. Ya, kamu bisa menggunakan berbagai platform media sosial yang ada sebagai strategi marketing, atau lebih tepatnya social media marketing.
Ini merupakan tips sukses bisnis online

5 Tips Sukses Membangun Bisnis Secara Online

Menentukan Produk yang Akan Dijual

Sebelum memulai bisnis, Anda harus mengetahui terlebih dulu produk apa yang akan Anda tawarkan. Apakah berupa produk barang jadi (Ada bentuk fisiknya) atau jasa (sekarang ini banyak usaha bergerak di bidang jasa). Misalnya saja jasa pembuatan artikel, logo, hingga desain kemasan untuk suatu bisnis agar lebih mudah dalam melakukan brand awareness.
Pikirkan juga tentang produk, baik itu berupa barang maupun jasa yang bisa menjadi solusi permasalahan bagi konsumen.

Menganalisis Target Pasar dan Kompetitor

Walaupun memilih berbisnis secara online, kamu tidak boleh mengabaikan atau melewati proses analisis target pasar. Ya, kamu harus tahu terlebih dulu, siapa target market dari produk yang dijual. Apakah anak-anak, remaja, dewasa, khusus untuk gender tertentu atau unisex, dan lainnya.
Menganalisis target pasar akan membantu produkmu untuk lebih mudah diterima masyarakat. Selain itu, kamu bisa menjual produk yang memang sesuai usia target marketnya. Karena aneh bukan jika kamu menawarkan produk-produk rumah tangga ke anak-anak usia PAUD.
Bagaimana dengan analisis kompetitor. Ini juga tak kalah pentingnya gengs. Dengan mengetahui kelemahan dan kelebihan kompetitor, kamu akan semakin paham celah mana yang bisa dimanfaatkan agar dengan produk yang berfungsi sama tapi bisa lebih unggul.

Menyiapkan Modal yang Diperlukan dalam Membangun Bisnis

Membangun bisnis dari awal memang membutuhkan banyak modal. Bukan hanya uang, tapi juga ide dan sumber daya manusia. Namun, jika kamu belum siap dengan modal uang yang cukup. Dalam berbisnis online kamu punya pilihan lain. Ya, bisa dimulai dari menjadi reseller dan dropshipper.

Menentukan Nama Bisnis dan Membuat Logo Bisnis

Saat ingin memulai bisnis online, kamu perlu meluangkan waktu untuk memilih nama yang unik. Nama yang unik dapat membuat produk lebih dikenal saat kamu memasarkan bisnis. Juga memungkinkan kamu mendapatkan nama domain untuk website yang sesuai dengan nama bisnis kamu.
Jika kamu sudah memiliki nama, coba cari melalui pencarian Internet. Ini akan memudahkan kamu untuk melihat apakah ada bisnis lain dengan nama yang sama.
Selain nama, kamu juga perlu membuat logo khusus bisnis kamu. kamu bisa memanfaatkan tools desain yang tersedia di internet untuk pembuatan logo yang mudah. Namun, jika kamu menginginkan logo yang bisa mewakili filosofi bisnis kamu, sebaiknya gunakanlah jasa pembuatan desain logo brand terpercaya.

Menentukan Media Pemasaran yang Akan Digunakan

Langkah terakhir tapi sebenarnya bukan yang terakhir. Ya, sebelum dan setelah meluncurkan produk ke pasaran, kamu harus tetap rajin melakukan pemasaran atau marketing supaya netizen atau warganet tahu kamu mempunyai bisnis A yang menawarkan produk atau jasa B.
Marketingnya bisa kamu lakukan melalui media sosial. Mengingat saat ini ada banyak platform media sosial yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, YouTube, WhatsApp, dan lainnya.

Nah, itulah beberapa tips sukses bisnis online yang bisa kamu coba gengs. Selain langkah-langkah di atas, jangan lupakan juga untuk melakukan evaluasi terhadap bisnis secara rutin. Ini berguna untuk mengetahui apakah bisnis berjalan sesuai harapan atau belum. Semoga bermanfaat ya!

0 thoughts on “Tips Sukses Bisnis Online”

  1. Buat yang pengen buka usaha online perlu tahu banget tipsnya ini. Nah, termasuk pemilihan logo bisnis itu juga penting banget ya biar bisnis yang kita bangun juga lebih mudah dikenal orang

    Reply

Leave a Comment