Tren Blogger Indonesia 2016

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

tren blogger Indonesia 2016

11 Januari 2016, babak duel pekan pertama LBI 2016 dimulai dan postingan bertemanya tentang : Tren Blogger Indonesia 2016. Tema yang membuatku duduk dipojokan dan ingin lambaikan tangan ke kamera. Tapi masa iya harus kalah sebelum perang? Masa belum dicoba udah nyerah duluan? Malu sama kucing meong, meong, meong.


Perkembangan internet dari waktu ke waktu semakin pesat. Informasi apa pun kini bisa didapatkan dengan mudah kapan saja dan di mana saja hanya dengan sekali klik. Bukan hanya informasi, bahkan kebutuhan sehari-hari bisa didapatkan dengan mudah dan harga yang lebih murah dengan hadirnya toko online. Selain itu, media sosial pun semakin beragam. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Path, Google + yang memudahkan blogger untuk berbagi dan tentunya mampu meningkatkan popularitas blognya.

tren blogger Indonesia

Dengan perkembangan internet yang semakin pesat, didukung jaringan internet terbaru 4G LTE serta gadget terbaru tentu saja kegiatan blogging menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Apalagi dengan semakin banyaknya komunitas-komunitas blogger, tentu sangat membantu bagi pemula sepertiku untuk sedikit demi sedikit belajar blogging dengan benar dari blogger-blogger berpengalaman.

Melalui komunitas blogger, pemerintah dan perusahaan-perusahaan besar mengundang beberapa blogger perwakilan komunitas untuk menghadiri event-event yang diselenggarakan. Mulai dari launching produk terbaru sampai akhirnya melakukan promosi di blog serta sosial media masing-masing. Ada beberapa perusahaan yang memberi syarat blogger yang hadir dalam event mereka harus blogger yang menggunakan top level domain.

Selain syarat hadir dalam beberapa event, beberapa penyelenggara lomba blog pun memberikan syarat yang sama untuk pesertanya. Jadi aku menarik kesimpulan, tahun ini yang menjadi salah satu tren blogger adalah mengupgrade blog gratisan menjadi top level domain. Tentu saja nantinya harus ditunjang dengan konten berkualitas yang penuh kreatifitas tanpa batas agar pengunjung blog semakin meningkat. Dengan begitu rezeki pun akan mulai berdatangan.
Perkembangan internet pun berpengaruh pada platform blog yang semakin beragam, mulai dari blogspot, wordpress, tumblr, blogdetik, kompasiana, bahkan facebook notes. Sayangnya fitur dari facebook notes masih terbatas, belum lengkap seperti platform blog pendahulunya.


Blogger itu ada banyak macamnya, dari mulai blogger personal yang suka curhat dan lain-lain sampai blogger-blogger bertema khusus yang membahas seputar jalan-jalan (tempat wisata), makanan, teknologi, kesehatan, fashion, kecantikan, gaya hidup, review buku sampai pola asuh anak.


Selain daripada tren pindah dari fasilitas domain gratisan ke top level domain, prediksiku yang akan menjadi tren blogger 2016 adalah semakin populernya travel blogger, food blogger, lifestyle blogger, fashion blogger. Apalagi beberapa waktu lalu salah satu fashion blogger ternama beberapa kali tampil di layar kaca. Siapa hayo? Yang nonton tivi pasti tau. Fashionnya unik, orangnya cantik, dan punya bisnis sepatu. Fashion blogger ini juga setia dengan fasilitas domain gratisnya. Nah rezeki mah nggak pernah ketuker … bisa datang dari mana saja kan? sekalipun domainnya masih gratisan. Jadi masih mau upgrade ke top level domain nggak? *nanya diri sendiri.


Tidak hanya tren travel blogger, food blogger, lifestyle blogger, dan fashion blogger sepertinya tahun ini beauty blogger, parenting blogger dan blogger buku akan turut serta meramaikan tren blogger Indonesia 2016. Seiring dengan banyaknya perusahaan produk kecantikan yang mengandeng beauty blogger dalam mereview produknya (setuju dengan prediksi mahmud Nunik K R). Kemudian penulis baru maupun berpengalaman yang memperkenalkan bukunya melalui program blog tour (setuju dengan prediksi Umi Marfa) dan banyaknya emak kece berpengalaman serta mamah muda yang memberikan pengetahuan seputar pola asuh anaknya.

Jadi kamu mau pilih tren yang mana? Aku sih masuknya personal blogger yang tulisannya gado-gado. Kualitas artikelnya masih biasa saja bahkan banyak yang di bawah standar, kebanyakannya curhat. Masih dalam proses menemukan gaya penulisan yang original. Masih belajar sambil berjalan, mungkin kelak berjodoh dengan salah satu tren yang sesuai dengan passion dan kepribadian. Atau bisa jadi tetap bertahan sebagai personal blogger. 


Ini cuma prediksi lho, jadi jangan terlalu dianggap serius ya.

Leave a Comment