Penjelasan Tentang Apa Itu Cloud Hosting dan Fungsinya

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Apa fungsi cloud hosting
Kebutuhan akan layanan hosting saat ini sudah semakin besar untuk pembuatan website maupun blog. Itulah kenapa saat ini lahir berbagai jenis pilihan untuk para pengguna yang ingin menggunakan layanan tersebut, seperti cloud hosting salah satunya.
Hosting yang berbasis cloud ini umumnya menggunakan single server. Artinya jika Anda menggunakan layanan ini, maka situs yang Anda miliki akan mengakses sebuah “cluster” dengan resource yang dikelola secara terpusat.
Hosting ini pun punya banyak kelebihan. Sebut saja salah satunya kelebihan dalam hal fungsi dimana website Anda tidak akan terpengaruh oleh permasalahan pada salah satu server.
Apa Itu Cloud Hosting dan Fungsinya

Penjelasan Tentang Hosting Berbasis Cloud 

Layanan hosting berbasis cloud ini merupakan layanan web hosting yang menggunakan beberapa server untuk menjalankan suatu website. Fungsi dari mekanisme ini yaitu agar beban server bisa menjadi lebih seimbang.
Selain itu, hosting berbasis cloud ini juga memiliki jam kerja server yang lebih stabil. Artinya, hosting ini punya banyak kelebihan.
Di sisi lain, hosting berbasis cloud juga merupakan teknologi baru yang menggunakan “cluster”. Sistem ini bisa menggabungkan beberapa sumber daya server secara terpusat.
Bahkan semakin banyak server yang tergabung di dalam satu cluster, maka akan semakin besar juga sumber daya server yang bisa digunakan oleh para pengguna.

Bagaimana Hosting Berbasis Cloud Bekerja?

Agar lebih mudah dipahami, kami akan coba menjelaskan cara kerja dari jenis web hosting ini dengan cara yang sederhana.
Pertama kita mulai dari teknologi yang bernama cluster. Teknologi ini bisa membuat website tetap berjalan meskipun ada salah satu server yang sedang mengalami error. Kenapa bisa demikian? Karena server yang lain akan menjaga website pengguna agar tetap online.
Sistem kerja cluster tersebut membuat potensi downtime pada cloud hosting ini tergolong rendah. Di sisi lain, tingkat uptime dari hosting tersebut cenderung menjadi lebih tinggi karena backup yang dilakukan oleh server yang lain.
Yang tak kalah hebat dari hosting berbasis cloud ini yaitu tidak akan terpengaruh atau dibagi dengan user yang lain. Maka tidak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa hosting berbasis cloud ini seperti hosting VPS dalam bentuk shared.

Fungsi Hosting Berbasis Cloud

Setelah mengenal penjelasan terkait jenis hosting ini, kini Anda sedikitnya juga bisa mengetahui fungsi dari layanan tersebut. Secara garis besar fungsinya yaitu sebagai berikut:

1. Untuk Menampung Lebih Banyak Traffic

Sistem hosting ini cocok untuk website atau blog dengan jumlah traffic yang tinggi. Pasalnya, sistemnya bisa menampung lebih banyak pengunjung tanpa membuat website down. Teknologi cluster yang diadopsi pada sistem hosting ini mampu membuat suatu website bisa menampung lonjakan pengunjung yang besar.
Hosting untuk meningkatkan traffic
Hosting ini juga bisa digunakan untuk website yang sering diakses oleh ribuan atau bahkan jutaan pengunjung yang datang secara bersamaan.
Anda tidak perlu lagi takut server overload dan membuat down website yang Anda miliki. Pasalnya, beban traffic nantinya akan dibagi pada server yang lain. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.

2. Menjaga Performa Website

Layanan ini memiliki banyak sekali fitur unggulan yang bisa Anda peroleh. Dua fitur terbaiknya yaitu optimasi kecepatan dan juga keamanan website.
Keamanan yang dimaksud bisa berupa ancaman serangan cyber seperti penyadapan, invasi ilegal, hingga penyalahgunaan data. Semua informasi dan data privasi milik Anda akan terlindungi secara maksimal.
Selain itu, kecepatan website pun lebih baik sehingga pengunjung menjadi lebih mudah mengaksesnya.

3. Sangat Mudah untuk Dikelola

Pada dasarnya sistem pengelolaan hosting berbasis cloud ini mirip dengan shared hosting. Proses pengelolaannya menggunakan sebuah control panel.
Melalui control panel tersebut Anda bisa melakukan semua pengaturan dengan mudah dan juga cepat. Selain itu, semua pengaturan yang Anda perlukan sudah tersedia di sana.
Selain itu, saat ini juga banyak penyedia layanan tersebut yang menawarkan layanan full managed. Itu artinya, proses pengelolaannya kini menjadi lebih mudah.

Siapa yang Cocok Menggunakan Layanan Ini?

Website seperti apa sih yang cocok menggunakan hosting berbasis cloud? Lalu siapa saja yang cocok menggunakannya?
Sebenarnya dari fungsi dan cara kerjanya kita bisa menilai siapa yang cocok menggunakan layanan ini. Untuk lebih jelasnya berikut sudah kami rangkum di bawah ini:

1. Pemilik Toko Online

Website yang digunakan untuk kebutuhan e-commerce harus memiliki uptime yang bagus. Itulah kenapa, hosting berbasis cloud ini bisa menjadi solusi yang paling tepat untuk mengatasi downtime pada website.
Dengan begitu, bisnis yang dijalankan pun bisa menjadi lebih lancar dan toko Anda bisa online setiap hari.

2. High Traffic Blog/Website

Server pada layanan ini jauh lebih powerful dibandingkan dengan server shared pada umumnya. Website Anda akan tetap stabil meskipun memiliki jumlah traffic yang banyak.
Bagi Anda yang memiliki website dengan jumlah traffic yang tinggi, hosting berbasis cloud ini bisa menjadi solusi yang tepat.

3. Cocok untuk Portal Berita

Seperti yang Anda ketahui, website yang digunakan sebagai portal berita memiliki jumlah konten yang banyak. Selain itu juga memiliki traffic yang besar setiap harinya.
Cocok untuk portal berita
Cloud merupakan jenis hosting yang cocok untuk website berbasis portal berita. Website tidak akan mengalami down meskipun ribuan atau jutaan orang membuka halaman website secara bersamaan.

4. Bagus untuk Website Perusahaan

Banyak orang yang saat ini tertarik dengan produk atau suatu jasa tertentu. Kemudian mereka mencarinya di internet di jam-jam yang random. Hosting yang berkualitas akan membantu mereka untuk menemukan website Anda.
Website perusahaan Anda akan diakses oleh pelanggan maupun calon pelanggan kapan saja. Pasalnya, website tersebut tidak pernah mengalami down dan memiliki status online yang bagus sehingga mudah diakses kapan saja.

Bagaimana Cara Memiliki Hosting Berbasis Cloud?

Layanan hosting yang satu ini kini tidak sulit untuk ditemukan. Pasalnya banyak layanan yang menawarkan paket yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
Harga yang ditawarkan pun tergolong kompetitif. Karena sama seperti layanan hosting yang lainnya, Anda perlu membayar biaya bulanan maupun tahunan sesuai dengan paket yang Anda pilih.
Saat ini spesifikasi untuk sebuah layanan hosting berbasis cloud pun cukup beragam. Itu artinya Anda juga bisa memilih spesifikasi sesuai dengan keperluan saja. Silahkan cek kebutuhan website Anda sebelum memilih paket yang diinginkan.

Kesimpulan

Hosting berbasis cloud merupakan layanan hosting yang menggunakan teknologi terbaru bernama cluster. Teknologi ini menggunakan beberapa server sekaligus yang akan menjaga suatu website agar tetap online.
Potensi downtime dengan menggunakan layanan hosting ini pun tergolong rendah. Itulah kenapa, layanan tersebut bisa membantu bisnis Anda tetap online sehingga mudah ditemukan oleh pelanggan maupun calon pelanggan. Keunggulan cloud hosting menjadikannya platform yang ideal untuk berbagai kebutuhan. Anda bisa memanfaatkannya untuk membangun website perusahaan, e-commerce, blog dan masih banyak lainnya.
sumber gambar: https://unsplash.com

Leave a Comment