Cara Membuat Resume untuk Fresh Graduate Disertai Contoh Terbaru 2022

By Gemaulani

Cara membuat resume untuk fresh graduate dan contohnya


Strategi cara membuat resume yang baik dan benar harus diterapkan sedini mungkin demi keberhasilan di dunia kerja. Hal ini berlaku untuk semua kalangan, apalagi bagi fresh graduate yang notabenenya belum memiliki banyak pengalaman di luar bangku sekolah atau kuliah.

Apa itu resume? Resume adalah berkas lamaran kerja berupa catatan riwayat hidup sang pelamar mulai dari data diri, rekam jejak pendidikan, pengalaman bekerja, dan lain-lain. Faktanya, seringkali orang masih salah membedakan antara CV dan resume.

Apa resume sama dengan CV? Tentu saja tidak. Perbedaan resume dan CV terletak pada format serta isinya. Resume cenderung memiliki data yang lebih lengkap, sementara CV hanya menitikberatkan pada pengalaman dan skill seseorang tanpa ada narasi di luar itu.

Contoh resume saat ini bisa dilihat secara masif di ranah internet. Meski begitu, sebagai fresh graduate, kita juga harus memahami cara membuat resume secara orisinal tanpa mesti mengikuti contohnya. Ikuti langkahnya secara tepat di bawah ini!

Cara Membuat Resume untuk Fresh Graduate

1. Pahami Iklan Lowongan Kerja secara Seksama

Catat kata kunci dan frasa kata kunci yang disertakan perusahaan dalam deskripsi pekerjaan dan gunakan ini untuk menonjolkan keahlian Anda di resume. Keterampilan tersebut harus relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Pentingnya memahami isi lowongan kerja supaya mudah membuat resume


2. Sebutkan Informasi Kontak Pribadi

Letakkan nama, alamat, email, dan nomor telepon Anda di bagian atas resume. Jangan sampai salah memasukkan data karena ini sangatlah krusial agar pihak perusahaan dapat segera menghubungi Anda.

3. Sertakan Akun Media Sosial

Menyertakan profil media sosial profesional apa pun yang Anda miliki, dapat memberikan informasi tambahan kepada perekrut jika mereka memilih untuk mencarinya. Tambahkan tautan di bawah nama akun medsos tersebut.

4. Tulis Pernyataan Pribadi yang Ringkas

Pernyataan pribadi ini mencakup introduksi siapa Anda, mengapa Anda termotivasi untuk berada dalam profesi tersebut, apa tujuan profesional Anda, dan penghargaan atau pengakuan apa pun yang pernah didapatkan di bangku sekolah atau kuliah.

5. Cantumkan Soft Skill dan Hard Skill

Tinjau keterampilan mana yang dapat membantu Anda melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan sertakan keterampilan tersebut pada resume. Keterampilan ini bisa didapat dari mana saja, salah satunya kelas online. Sebagai contoh, Anda dapat menyoroti keterampilan desain grafis, layout, dan tipografi jika melamar sebagai graphic designer.

6. Masukkan Riwayat Pendidikan

Cantumkan kualifikasi formal Anda serta sertifikasi dan lisensi yang pernah didapat. Jika Anda adalah orang yang berprestasi di sekolah atau perguruan tinggi Anda dan memenangkan penghargaan dan beasiswa, sebutkan juga.

Cantumkan riwayat pendidikan seperti kualifikasi formal Anda serta sertifikasi dan lisensi yang pernah didapat


7. Tulis Detail Pengalaman Kerja

Bagi fresh graduate, hal ini cukup sulit mengingat pengalaman Anda belum sebanyak itu. Tak perlu khawatir, Anda dapat menyebutkan proyek apa pun yang dilakukan sendiri atau bekerja sama dengan orang lain. Kita juga bisa memasukkan pengalaman saat magang bahkan bisnis pribadi jika pernah atau sedang melakukannya.

8. Sebutkan Hobi dan Minat

Memasukkan hobi dan minat justru bisa memberikan nilai plus terhadap kualitas diri Anda. Semakin banyak memasukkan hobi dan minat yang berkaitan dengan hal positif, hal tersebut dapat meningkatkan daya jual diri Anda kepada perusahaan.

9. Sorot Berbagai Keterampilan

Tak mesti berkaitan dengan spesifikasi kerja, kita dapat memasukkan berbagai keterampilan dalam resume. Pengetahuan dan cakupan kemampuan yang luas, bisa menjadi sangat penting dalam mendapatkan pekerjaan Anda. Mengingat status internasional dari banyak perusahaan, kandidat dengan keterampilan multikultural sangat diminati.

10. Nyatakan Kesediaan untuk Mempelajari Keterampilan Baru

Teknologi yang muncul mengubah cara perusahaan melakukan bisnis, dan itulah sebabnya para pemberi kerja semakin mencari kandidat yang bersedia mempelajari keterampilan baru dan mampu belajar dengan cepat.

Canva adalah aplikasi desain terbaik bisa membuat resume


11. Gunakan Aplikasi Desain Terbaik

Jangan hanya mengandalkan isi, Anda harus meningkatkan kualitas resume dari aspek desain. Dewasa ini banyak aplikasi desain berkualitas, salah satunya pembuat resume Canva yang menyediakan berbagai macam template menarik serta fitur tercanggih.

Anda bisa memilih contoh resume yang tersedia pada pustaka Canva sesuai kebutuhan serta ketentuan perusahaan. Pastikan proses penentuan ini dilakukan secara bijak, jangan sampai memilih desain yang terlalu ramai dan mengabaikan unsur minimalis.

Jika ingin membuat dari nol, pastikan untuk memanfaatkan sederet fitur yang mampu mendukung Anda untuk mencapai target tersebut. Pastikan kedua opsi ini ditentukan secara bijak bahkan sejak awal hendak membuatnya.

12. Edit Resume hingga Sempurna

Untuk membuat kesan yang baik pada atasan dan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memperhatikan detail, review resume untuk menghindari kesalahan, kelalaian, kesalahan tata bahasa, dan kesalahan ejaan. Bacalah dua kali untuk memastikan dan mintalah anggota keluarga atau teman untuk membacanya juga.

13. Lihat Contoh Resume Lainnya secara Online

Temukan yang dari industri Anda dan bandingkan dengan resume Anda. Periksa apakah ada ruang untuk perbaikan dan apakah Anda dapat menambahkan item apa pun untuk membuat resume Anda menonjol.

Contoh Resume Fresh Graduate Terbaru 2022

Contoh resume untuk fresh graduate

Itulah tadi cara membuat resume untuk fresh graduate disertai contoh terbaru tahun 2022. Bagi Anda yang baru saja lulus sekolah atau kuliah, ikuti langkah di atas demi meraih kesuksesan secara signifikan saat melamar kerja. Semoga berhasil!

sumber gambar contoh resume:
https://www.canva.com/design/play?type=TACQ-j4WGew&template=EAFCdp4BFm8&category=tACZCki4tbY&schema=web-2&locale=id-ID

Leave a Comment