asus rog phone 8 lebih dari sekadar smartphone gaming

ASUS ROG Phone 8: Andalan Para Gamer dan Content Creator

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Di era digital saat ini, ASUS terus berinovasi untuk menghadirkan smartphone Republic of Gamers (ROG) dengan spesifikasi dan performa yang enggak main-main, seperti ASUS ROG Phone 8.

Tak hanya memanjakan para gamers untuk mendapatkan pengalaman bermain games terbaik, seri ROG Phone 8 juga bisa menjadi solusi bagi para streamer, dan content creator.

Dalam artikel kali ini, aku mau bahas beberapa kelebihan smartphone gaming yang satu ini. Namun sebelumnya, mari kita kenalan dulu sama ROG.

ROG Singkatan dari Apa?

ROG adalah singkatan dari Republic of Gamers, yaitu sub-merek ASUS yang mendedikasikan diri dalam menciptakan hardware dan software gaming terbaik di dunia sejak tahun 2006.

ROG menawarkan produk inovatif dengan performa dan kualitas yang tidak diragukan lagi. ROG mengeluarkan produk berupa motherboard, kartu grafis, komponen sistem, laptop gaming, desktop, monitor, smartphone, perlengkapan audio, router, periferal, dan aksesori.

Produk ROG sudah berhasil memecahkan ratusan rekor overclocking dan menjadi pilihan utama para gamer dan  tech antusias di seluruh dunia. ROG juga turut berpartisipasi dan mensponsori acara game internasional besar.

Kelebihan ASUS ROG Phone 8 Sebagai Smartphone Gaming 

Handphone tiba-tiba ngelag, hang, blank, bahkan restart sendiri saat bermain game favorit saya, seperti Mobile Legend tentunya benar-benar momen yang membuat kesal sekaligus sedih. Apalagi saat sedang menyerang turet dan markas lawan. Pokoknya selangkah lagi menuju kemenangan.

Di lain waktu, sebagai content creator pemula, saya terkadang mengalami awkward momen saat proses editing video sedang berlangsung atau saat akan mengunggah konten ke media sosial.

Gara-gara ini saya mulai tertarik dengan smartphone gaming, apalagi seri ROG Phone 8. Kenapa? Karena memiliki beberapa kelebihan berikut:

1. Menawarkan Lebih dari Sekedar Permainan

Selain menawarkan sisi sebagai smartphone gaming yang sempurna, seri ROG Phone memperluas daya tariknya untuk siapa pun yang memang memiliki minat menjadi pekerja digital profesional.

Apa saja yang membuatnya berbeda dan worth it untuk dimiliki?

  • Desain baru yang menarik dan lebih ramping hingga 15% dan lebih ringan dari generasi sebelumnya. Desain yang memadukan estetika dengan fungsionalitas yang baik sebagai smartphone gaming. Nyaman banget untuk digenggam dan dioperasikan.
  • Menyediakan berbagai fitur yang mudah digunakan untuk siapa pun, baik gamers, streamers, maupun content creator.

2. Performa yang Tak Terkendali

Tak hanya desain premium, seri ROG Phone 8 adalah smartphone gaming pertama yang memenuhi standar IP68 di dunia.

Ponsel gaming ini tahan terhadap debu dan air, yang mana akan membebaskan pengguna untuk mengoperasikannya tanpa rasa khawatir kapan saja dan di mana saja. Selain itu, kamu akan merasakan performa terbaik, berikut:

  • Menggunakan prosesor Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang tangguh.
  • Sudah dilengkapi RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0 untuk kinerja terbaik dan lebih dari para pesaingnya.
  • Ada desain Rapid-Cooling Conductor revolusioner yang merupakan bagian dari kecanggihan desain termal GameCool 8. Enggak akan ada panas berlebih ketika kamu melakukan sesi gaming maraton karena desain ini akan mengalirkan panas langsung dari prosesor ke penutup belakang.
  • Didukung pendingin clip-on AeroActive Cooler X terbaru. Ukurannya 29% lebih kecil, tapi tingkat efisiensi termal ini 1,2X lebih tinggi. Dengan begitu bisa mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C.

3. Ultra-bright Display

ASUS ROG Phone 8 Pro memiliki tampilan panel terbaru, yaitu AMOLED fleksibel 6,78 inci (Samsung E6) dengan bezel tipis yang mendukung kecepatan refresh adaptif dari teknologi LTPO.

Sistem ini dapat menyesuaikan kecepatan refresh secara otomatis dari 1 hingga 120 Hz tergantung pada aktivitas yang sedang berjalan. Tujuannya untuk menghemat daya.

Kamu juga bisa memilih kecepatan refresh rate 165 Hz supaya lancar jaya saat bermain game dan memaksimalkan pencahayaan layar menjadi 2500 nits. Mau main game, ngonten, atau nonton film di bawah sinar matahari juga gas aja, enggak masalah.

Apalagi akurasi warna dari layar amoled ini juga didukung oleh Pixelworks®, dijamin terbaik di dunia tampilan warnanya.

4. AI Kamera Tingkat Pro

Sebagai konten kreator, kamera tentunya menjadi hal yang sangat krusial. Nah, ROG Phone 8 sangat memperhatikan sisi kamera juga, terlihat dengan adanya kecanggihan tri-camera system. Berikut tiga jenis kamera yang tersemat di smartphone gaming ini.

  • Kamera utama 50 MP (menggunakan sensor gambar Sony terbaru), lengkap dengan lensa sudut lebar 24 mm, dan mode zoom 2X. Ini akan membantu kamu menghasilkan gambar yang jernih, tidak masalah dengan pengambilan gambar di jalanan yang dinamis, dan mode zoomnya ideal untuk fotografi potret maupun fotografi makanan.
  • Kamera ultrawide 13 MP dengan lensa free-form dan algoritma canggih yang berfungsi mengurangi distorsi lensa. Dengan begitu kamu bisa menghasilkan gambar maupun video yang berkualitas tinggi, namun tetap natural.
  • Kamera depan berupa kamera swafoto ultrawide 32 MP, lengkap dengan Field of View (FoV; bidang pandang) 90°. Foto grup jadi lebih maksimal tanpa ada yang kena krop. Lensa swafoto ini juga dilengkapi sensor RGBW, sehingga kemungkinan noise pada gambar lebih sedikit bahkan tidak ada sama sekali saat mengambil gambar di kondisi minim cahaya.

Selain itu, ROG Phone 8 juga dilengkapi teknologi lain yang akan membuat proses pengambilan gambar maupun video jadi maksimal.

  • OZO Audio akan membantu kamu untuk menghilangkan suara angin saat merekam di luar ruangan. Bahkan memungkinkan kamu menangkap 3D Surround spatial audio yang tepat.
  • Lensa telefoto 3X, lengkap dengan OIS internal untuk hasil yang tetap jernih dan tajam, meski kondisinya minim cahaya dan menggunakan mode Night Photography.
  • Teknologi ASUS HyperClarity, menggunakan file yang belum diproses (RAW), mempertahankan setiap detail dalam foto, memberikan gambar yang lebih jelas bahkan pada zoom hingga 30X. Selama perekaman video, kamera telefoto menggunakan EIS adaptif untuk menghasilkan hasil yang stabil hingga zoom 10X.
  • 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, yang membuat foto dan video bebas guncangan alias tetap stabil.

Baca juga: ASUS Zenfone 10 untuk Konten yang Level Up

5. Fitur yang Disempurnakan AI

Terdapat fitur yang disempurnakan AI, yaitu X-Sense, X Capture, AI Grabber, AI Noise Cancellation, AI Wallpaper, dan Semantic Search untuk gaya hidup.

Kecerdasan buatan di ASUS ROG Phone 8 akan memudahkan para gamers dalam mengalihkan game ke latar belakang dengan Background Mode. Bahkan bisa melakukan screenshot momen penting menggunakan X Capture.

Sementara itu, AI Grabber dan X Sense akan berguna untuk memberikan tips dan bantuan saat dibutuhkan ketika kamu sedang main game.

Bahkan AI Grabber dapat mengambil teks langsung dari game menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition, X Capture serta X Sense 2.0 yang mendukung lebih banyak game terbaru karena keberadaan teknologi AI Pattern Recognition.

Untuk fitur Semantic Search menggunakan bahasa alami di bagian Galeri, Launcher, dan Pengaturan.

Kamu bisa membuat wallpaper keren menggunakan AI Wallpaper dengan teknologi Stable Diffusion, dan teknologi AI noise-cancellation. Kedua kecerdasan tersebut akan membantu meredam kebisingan dari dua arah, sehingga menghasilkan suara sejernih kristal dalam segala aktivitas atau kondisi.

6. AniMe Vision

Logo Aura RGB Lighting di seri ROG Phone 8 lebih unik. Apalagi dilengkapi layar Mini-LED Anime Vision pada ROG Phone 8 Pro atau Pro Edition.

Apa itu AniMe Vision? AniMe Vision adalah layar 341 elemen yang bisa menampilkan animasi yang sebelumnya sudah kamu buat.

Menariknya lagi, sesama pengguna ROG Phone 8 Pro Edition bisa membuka kunci animasi rahasia. Caranya dengan menempelkan punggung kedua ponsel.

Berapa Harga & Ketersediaan ROG Phone 8?

Dengan fitur-fitur terbaru yang lebih upgrade dari pendahulunya, tentu smartphone yang tak hanya untuk gaming, tapi bisa untuk mobilitas sehari-hari ini sangat menggoda untuk dimiliki, bukan?

Penasaran harganya berapa? Untuk harga & ketersediaan ROG Phone 8 ada di bawah ini:

  • ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black – Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey – Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black – Rp. 14.999.000
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black – Rp. 19.999.000

Promo ROG Phone 8

Resmi hadir di Indonesia mulai hari ini, 20 Maret 2024, untuk kamu yang mau membeli ROG Phone 8 dengan harga lebih hemat dan banyak bonusnya. Jangan lewatkan kedua promo berikut:

1. First Sale Promo:

Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.

>>> Online : Eraspace, Tokopedia,  Blibli dan ASUS Online Store

>>> Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Exclusive Store dan ASUS Authorized Partners.

2. Consumer Launch Sales Promo:

Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.

Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG Phone 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Maret hingga 23 Maret 2024.

Jangan lupa juga pantengin terus medsos @asusrog.id untuk info penawaran menarik lainnya.

ROG Phone 8 Blog Writing Competition
Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien

Leave a Comment