Kelebihan Kuliah Di Luar Negeri

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Kuliah adalah jenjang pendidikan yang ditempuh setelah menamatkan sekolah menengah atas. Kuliah juga merupakan proses pendidikan di tingkat diploma, sarjana, magister, hingga profesor. Kuliah bisa kamu lakukan di dalam negeri hingga ke luar negeri.
Kuliah di luar negeri termasuk impian banyak orang. Bahkan ada yang pantang menyerah untuk berebut mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri setiap tahunnya. Ada beragam jenis beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Mulai dari beasiswa LPDP, beasiswa rotary peace, hingga beasiswa internship. Lalu, apa sih sebenarnya kelebihan kuliah di luar negeri? Berikut ulasannya:
 
beasiswa rotary peace

 

Mengapa Perlu Kuliah Di Luar Negeri?

Kuliah di luar negeri sering kali dianggap sebagai kuliah sambil jalan-jalan. Memang tidak salah sih. Namun, sebenarnya, kuliah di luar negeri memberikan lebih banyak manfaat bagi kamu generasi muda yang akan jadi generasi penerus bangsa. Mengapa? Sebab, dengan kuliah di luar negeri, kamu akan mendapatkan pengalaman hidup yang berbeda, seperti:
 

1.  Pendidikan yang Berkualitas Tinggi

Tujuan kamu untuk belajar tentunya menginginkan kualitas pendidikan yang tinggi, bukan? Nah, menjadi siswa internasional akan sangat membantu kamu untuk memperluas pilihan studimu.

Sering kali, pilihan terbaik untuk kamu belajar terdapat di universitas yang ada di luar negeri. Bisa di Inggris, AS, hingga Australia. Semuanya sangat menghargai sistem pendidikan tinggi, dan sebagian besar universitas sudah menduduki peringkat tertinggi dunia pun ada di beberapa negara tersebut.

 

2. Belajar Kebudayaan Baru

Belajar di luar negeri memberikan banyak keuntungan bagi siswa internasional. Salah satunya adalah kesempatan untuk masuk dalam lingkungan yang berbeda dan mempelajari budaya baru. Pengalaman ini tentunya akan memperkaya dan memungkinkan kamu untuk melihat serta melakukan hal-hal yang berbeda. Bahkan yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Kemudian bertemu dengan banyak individu yang berasal dari budaya berbeda juga.
 
Ketika tinggal di luar negeri, tentu kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mencoba makanan baru. Kemudian mendengar musik tradisional dari negara tersebut, melakukan kegiatan lokal, dan menjelajahi segala hal lain yang ditawarkan budaya dari negara tempat kamu study abroad.
 

3. Memperluas Networking dan Berkarir Secara Internasional

Alasan lainnya yang menjadi keunggulan dari kuliah di luar negeri adalah mendapatkan gelar sekaligus meningkatkan prospek karir. Saat ini, dalam dunia yang terglobalisasi dan terhubung dengan baik, umumnya perusahaan semakin menghargai lulusan dengan pengalaman dan pendidikan internasional.
 
Selain itu, belajar di luar negeri akan membantumu mempelajari bahasa baru, melakukan pertukaran budaya, hingga mengatasi tantangan hidup di negara lain. Yang mana akan membuat kamu mendapatkan pemahaman yang lebih besar tentang dunia. Ini merupakan hal yang dicari oleh bisnis modern ketika mempekerjakan kamu. Pengalaman dan networkinf global juga akan menjadi pendukung kamu untuk meraih masa depan yang lebih baik. 
 

4. Belajar Menghadapi Tantangan

Pada dasarnya, hidup jauh dari keluarga di negara asing tentu terlihat jauh lebih menantang. Terpisah jauh dari rumah dan keluarga akan melatih kamu untuk lebih mandiri dan mampu mengontrol diri. Tantangan ini juga dapat melatih berbagai kemampuan hidup atau life skills yang dapat bermanfaat untuk kehidupan kamu selanjutnya.

Kuliah di luar negeri juga dapat memberikan pengalaman tentang cara bersosialisasi dengan masyarakat global, mengenal kultur dari berbagai belahan dunia, cara bertahan hidup di negara asing, dan tentunya penguasaan bahasa asing dan bahasa lokal di negara tersebut.

Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

1. Rajin mencari informasi beasiswa terbaru.
2. Memastikan nilai akademik cukup untuk mendaftar beasiswa yang dipilih.
3. Memenuhi syarat atau kualifikasi yang ditentukan.
4. Menyiapkan dokumen lengkap, sesuai petunjuk.
5. Menguasai bahasa Inggris
 
Selain itu, untuk kamu yang ingin mencoba mendaftar beasiswa rotary peace, kamu bisa mempelajari caranya melalui website Schoters. Schoters merupakan tempat yang menyediakan bimbingan kuliah di luar negeri yang terpercaya dan tentu saja lengkap.

Leave a Comment