Yuk Mulai Ikuti 6 Langkah Persiapan UTBK 2023 Ini!

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Persiapan UTBK 2023

Ada banyak jalur ujian masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, mulai dari SNMPTN, UTBK, hingga ujian Mandiri. Banyaknya jalur masuk ini biasanya membuat banyak siswa bingung untuk memilih jalur mana yang tepat untuk dirinya. Namun, seleksi masuk favorit perguruan tinggi yang paling ramai peminat adalah UTBK.

UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer. Sesuai dengan namanya, ujian ini menggunakan komputer selama tes berlangsung, bukan menggunakan kertas jawaban dan pensil. Apabila sebelumnya UTBK diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), terdapat pembaruan untuk UTBK 2023.

UTBK 2023 akan diselenggarakan dan dipegang langsung oleh Kemendikbud Ristek. Supaya tidak ketinggalan informasi tentang UTBK 2023, kamu dapat selalu cek informasi tentang UTBK 2023 melalui sosial media, aplikasi belajar Quipper, atau website dan blog Quipper.

Walau UTBK 2022 sudah berlalu, sudah saatnya kamu menghadapi UTBK 2023. Walau masih lama, kamu ga boleh bersantai-santai karena ada banyak saingan di luar sana yang juga sedang mempersiapkan hal yang sama. Namun, sebelum mulai belajar bersama Quipper, berikut ini adalah beberapa persiapan untuk menghadapi UTBK 2023, loh. Yuk, klik di sini untuk cari tahu lengkapnya!

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum UTBK

1. Lakukan Riset Jurusan dan Kampus

Melakukan riset untuk jurusan kuliah kamu adalah hal yang penting sebagai persiapan UTBK. Loh, kok gitu? Karena memang banyak banget manfaat yang bisa kamu rasakan setelah meriset jurusan. Salah satunya adalah kamu jadi tahu berapa persentase kelulusan kamu untuk lulus UTBK. Dengan meriset jurusan, kamu juga akan tahu minat belajar kamu di jurusan tersebut.

Selain melakukan riset jurusan, kamu juga harus meriset kampus yang akan kamu tuju. Banyak manfaat yang dapat kamu rasakan. Salah satunya adalah kamu bisa menghitung biaya hidup selama berkuliah. Tentunya setiap daerah memiliki perkiraan biaya hidup yang berbeda-beda.

2. Susun Jadwal dan Tentukan Target

Kelas 3 yang sedang sibuk dengan tugas sekolah dan berbagai ujian lain, tentu akan repot membagi waktu untuk belajar. Nah, sekarang kamu bisa mulai mengatur waktu kamu dengan membuat jadwal dan membaginya antara belajar untuk sekolah dan untuk UTBK.

Kamu bisa mulai mengurutkan materi belajar dari yang paling penting sampai yang tidak terlalu penting kemudian tentukan durasi belajar sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu tidak perlu belajar terlalu lama, yang penting kamu konsisten melakukannya.

Selain itu kamu perlu menentukan target belajar agar lebih termotivasi. Ingat, untuk menentukan target harus yang masuk akal ya agar kamu tidak kelelahan belajar.

3. Cari Tahu Materi dan Soal UTBK Sebelumnya

Kamu bisa mencari soal-soal dan materi dari UTBK sebelumnya sebagai soal latihan sembari menunggu pengumuman UTBK 2023. Biasanya bentuk soal yang dilakukan tidak jauh berbeda dari tahun ke tahun sehingga kamu bisa memiliki gambaran untuk ujian nanti.

Hal paling penting adalah kamu harus belajar materi ujian sesuai kelompok yang dipilih apakah saintek atau soshum. Perbedaan pemilihan kelompok ini akan berpengaruh di soal UTBK yang diujikan.

Jangan lupa juga untuk belajar materi Tes Potensi Skolastik (TPS). Melalui laman resmi Kemdikbud, disebutkan bahwa Tes Skolastik akan menjadi fokus pengujian. Tes Skolastik sendiri instrumen tes yang akan menguji kompetensi logika, kognitif, penalaran, dan literasi (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris).

4. Ambil Kursus Tambahan

Kalau kamu kesulitan saat belajar sendiri maka gak ada salahnya untuk mengambil bimbel online tambahan. Salah satunya adalah aplikasi belajar Quipper yang dapat membantu kamu dalam mempelajari materi UTBK 2023.

Saat mengambil kursus tambahan, kamu bisa menyesuaikan waktu agar tidak mengganggu kegiatan belajar di sekolah. Keuntungan dari belajar di lembaga bimbel adalah kamu bisa mendapatkan simulasi atau try out untuk mengasah kemampuan sehingga kamu punya bayangan saat menghadapi UTBK.
Kursus tambahan di aplikasi belajar Quipper

5. Update Informasi Terkait UTBK

Hal paling penting yang tidak boleh ketinggalan yaitu update informasi terkait UTBK 2023! Kamu bisa mulai mengikuti akun-akun yang memposting tentang materi UTBK atau pengumuman lainnya.

Jangan lupa juga untuk mengikuti akun resmi Kemendikbud Ristek atau sosial media Quipper, supaya nggak ketinggalan informasi terbaru UTBK 2023. Jika kamu ingin lebih aktif, kamu bisa cari chat grup pejuang UTBK karena di sana biasanya akan lebih banyak informasi dan materi UTBK yang dibagikan oleh sesama pejuang UTBK.

6. Mengikuti Tes Tryout

Agar jadi lebih siap dalam menjalani UTBK 2023, kamu dapat memanfaatkan tes tryout gratis yang ada. Kalau kamu les bimbel di Quipper, akan selalu ada tes-tes tryout worth it yang tentunya menyesuaikan kebutuhan UTBK 2023.

Tryout di Quipper memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan tryout yang ada di khalayak luas. Beberapa keunggulan tryout di Quipper, seperti: cakupan materi yang tersusun rapi, hasil lebih akurat sebagai pengukur kesiapan peserta, tingkat kesulitan yang dapat membantu peserta jadi lebih siap, dapat melakukan cek peluang lolos jurusan hingga perguruan tinggi yang ingin dituju.

Nah itu dia beberapa langkah persiapan yang harus kamu lakukan untuk menghadapi UTBK 2023. Jangan lupa untuk kuatkan tekad dan fokus pada tujuan agar kamu bisa lolos di kampus dan jurusan impian kamu! Hal yang paling penting dan tidak boleh terlupakan adalah berdoa dan istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk meminta restu orang tua sebelum melakukan ujian.

Semangat untuk para pejuang UTBK 2023!

Leave a Comment