Pengertian dan Manfaat Aplikasi Kasir

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Ketika membangun bisnis, tentu ada banyak hal yang perlu kamu siapkan. Tak hanya dari segi produk yang akan dijual dan strategi marketing saja. Kamu juga memerlukan aplikasi kasir untuk mempermudah transaksi dengan pelanggan.
Pengertian dan manfaat aplikasi kasir serta software kasir

Pengertian Aplikasi Kasir

Aplikasi kasir adalah software kasir yang berfungsi membantu proses transaksi bisnis. Aplikasi kasir bisa mencatat setiap transaksi, mengelola stok, hingga mengawasi transaksi tanpa sekalipun kamu tidak berada di belakang meja kasir. 
 
Ya, perkembangan teknologi yang pesat membuat pencatatan manual digantikan media point of sales (POS) atau software kasir.

Manfaat Menggunakan Software Kasir

Tentu ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan jika menggunakan aplikasi kasir atau aplikasi toko ini, di antaranya:
 

1. Lebih Efisien

Menggunakan aplikasi kasir membuat kamu lebih mudah dalam cek stok barang tanpa harus melihat rak atau tempat penyimpanan barang secara langsung. Ini akan lebih efisien.
 
Selain itu, pencatatan hasil penjualan harian bisa dilakukan secara otomatis. Kamu tak perlu lagi melakukan rekapitulasi nota secara manual setelah toko tutup. Ya, laporan transaksi dalam satu hari akan terbuat secara otomatis dan dapat dilihat dengan cepat.

2. Pengendali Arus Kas

Aplikasi kasir dapat mencatat semua rincian penjualan dalam satu hari. Kemudian menunjukkan produk apa yang telah terjual dan berapa banyak stok barang yang masih dimiliki. Karena di dalam software kasir otomatis akan menjumlahkan seluruh nominal angka penjualan dalam satu hari. Jadi, kamu bisa tahu berapa banyak uang atau transaksi yang diterima di hari itu.

Pencatatan transaksi secara otomatis tentu memudahkan pemilik bisnis dari risiko kesalahan hitung. Dengan begini uang kas bisnis jadi lebih terkendali dan aman. Kamu juga bisa memonitoringnya dari jarak jauh.

3. Lebih Aman

Software kasir akan membuat kamu lebih merasa tenang sekalipun menyerahkannya pada karyawan. Sebab, keuangan bisnis akan tetap terjaga dan stok barang disertai jumlah uang akan diterima secara balance, sesuai jumlah transaksi yang terjadi.

4. Analisis Bisnis

Saat kamu dapat mengetahui angka penjumlahan dan stok barang yang tersisa dalam bisnis secara cepat dan akurat. Ini memungkinkan kamu untuk dapat segera melakukan pemesanan maupun menunda pembelian. Dengan begini, kamu jadi memiliki strategi bisnis yang baik.

5. Pelayanan Cepat

Manfaat aplikasi kasir dapat memberi pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda secara cepat dan cepat. Dengan adanya sistem yang cepat, tentu ini tidak akan membuat pelanggan Anda harus terjebak dalam antrian panjang.

Anda harus memiliki aplikasi kasir untuk bertransaksi dengan pelanggan yang dimulai dari pencatatan transaksi, menghitung total transaksi hingga menerima berbagai metode pembayaran dari pelanggan.

6. Terlihat Profesional dan Meminimalisir Human Error

Dengan adanya aplikasi kasir, tentu saja ini menjadi nilai plus  manfaat terhadap UMKM Anda. Bisnis Anda akan lebih terlihat kekinian serta profesional yang membuat pelanggan Anda akan lebih mudah percaya terhadap bisnis Anda.

Tentu saja akan terlihat berbeda jika Anda masih menggunakan alat manual seperti buku tulis, kalkulator serta mesin cash register.

Aplikasi kasir mengizinkan Anda untuk mengecek kembali produk – produk yang Anda input. Dengan begitu Anda dapat mengurangi kesalahan transaksi penjualan.

Melakukan transaksi dengan mesin kasir konvensional, staf Anda akan rentan dengan kesalahan. Aplikasi kasir membantu Anda dan staf Anda untuk dapat mengurangi kesalahan transaksi penjualan tersebut.

Bahkan Anda dapat memperbaiki kesalahan transaksi terakhir.

7. Biaya Perawatan dan Perbaikan Rendah

Jika dibandingkan dengan mesin kasir konvensional, manfaat aplikasi kasir biasanya memiliki biaya perawatan dan perbaikan yang lebih rendah.

Terbatasnya perusahaan yang mampu memperbaiki mesin kasir tradisional, maka harga jasa perbaikan biasanya dipatok lebih mahal.

Namun, berbeda dengan aplikasi kasir, perangkat yang sederhana serta banyaknya vendor yang menangani perbaikannya, membuat biaya perawatan dan perbaikannya menjadi lebih rendah

Nah, itulah pengertian dan manfaat aplikasi kasir. Jika kamu tertarik untuk memilikinya, jangan lupa memilih penyedia software kasir yang terpercaya dan berpengalaman ya.

Leave a Comment