tips mengadakan farewell party yang berkesan

Tips Mengadakan Farewell Party yang Berkesan

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Konnichiwa minasan, siapa yang suka sedih kalau mau resign atau pisah jauh dari orang-orang yang di sayang karena harus pindah domisili misalnya? Aku sih iya, suka sedih. Nah, biasanya biar enggak sedih-sedih banget, ada yang suka ngadain farewell party.

Apa itu farewell party? FYI farewell party kalau di bahasa Indonesia kan jadinya pesta perpisahan. Farewell party adalah acara yang digelar untuk merayakan seseorang yang akan meninggalkan suatu tempat, pekerjaan, atau kelompok. Tujuannya sebagai bentuk penghormatan dan perpisahan yang hangat.

Nah, untuk kamu yang berniat membuat acara farewell party, aku ada tips mengadakan farewell party yang berkesan dan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan selama pesta perpisahan. So, baca artikel ini sampai akhir ya, minasan!

Tips Mengadakan Farewell Party yang Seru

Karena farewell party merupakan momen emosional, jadi perlu banget untuk membuat suasananya berkesan bagi semua orang. Untuk itu, supaya acaranya berjalan lancar, kita perlu melakukan persiapan dan perencanaan yang matang. Yuk kita bahas satu per satu apa saja yang perlu dipersiapkan.

1. Menentukan Tema Acara

Mengapa tema acara begitu penting? Tema memberikan identitas pada farewell party kamu supaya semakin memorable. Ada beragam tema yang bisa kamu coba pertimbangan.

Misalnya tema warna tertentu, film favorit, bahkan tema yang berkaitan dengan kegiatan yang dicintai oleh orang yang akan berpamitan. Oh iya, jangan lupa juga untuk memilih tema yang sesuai dengan kepribadian peran utama (orang yang mau resign atau pindahan).

Contoh tema yang populer adalah “malam penuh bintang” dengan dekorasi langit-langit yang bersinar, atau pesta tropis dengan hiasan yang menghadirkan nuansa pantai. By the way, enggak usah pusing soal ruangannya. Kalau halaman kantornya luas, bisa di halaman kantor aja, tinggal sewa atau beli tenda party, kayak inflatable party tent minasan.

inflatable nightclub for sale

2. Menentukan Jumlah Tamu Undangan

Menentukan jumlah tamu secara tepat adalah langkah penting untuk menciptakan farewell party yang berkesan. Tentukan, apakah kamu ingin acara yang intimate atau super meriah.

Cara menghitung jumlah undangan dapat dilakukan dengan mempertimbangkan hubungan pribadi dan profesional dengan orang yang akan mengundurkan diri

Pastikan untuk memberikan undangan dengan cara yang kreatif, seperti melalui video atau surat pribadi.

Baca juga: Tips Sukses Menyelenggarakan Seminar

3. Pilih Tempat yang Nyaman dan Strategis

Pilihlah tempat yang nyaman dan strategis. Pertimbangkan aksesibilitas, fasilitas, dan suasana di sekitar lokasi. Lokasi yang oke akan membantu menciptakan atmosfer yang berkesan. Tentu saja, pastikan tempat tersebut sesuai dengan tema yang telah Anda pilih.

Faktor lain yang perlu kamu perhatikan juga adalah kapasitas tempat, kebijakan makanan, dan minuman, serta ketersediaan tempat parkir. Jangan sampai tamu yang datang melebihi kapasitas tempat dan lahan parkir supaya tidak terjadi perang dunia.

Kalau mau menghemat budget, kamu bisa minta izin untuk menggunakan rooftop kantor, taman, atau area terbuka dan ruangan luas lainnya. Terus cobain inflatable nightclub rental supaya bisa mencoba pesta unik di dalam balon tiup.

inflatable nightclub rental

4. Buat Undangan dan Souvenir

Undangan yang menarik dan souvenir yang bermakna akan meningkatkan antusiasme tamu.

Desain undangan yang sesuai dengan tema acara akan memberikan petunjuk awal tentang keseruan yang akan mereka alami. Souvenir yang bermakna, seperti foto bersama atau pesan terima kasih, akan menjadi kenangan abadi.

Tips menciptakan undangan yang unik bisa dengan menambahkan quotes atau momen-momen bersama. Souvenir yang dapat digunakan atau dipajang juga akan lebih dihargai oleh tamu.

Baca juga: Jasa Desain Interior Rumah

5. Sediakan Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman adalah elemen krusial dalam sebuah farewell party. Pastikan untuk menyajikan menu yang beragam dan disukai banyak orang. Jika mungkin, pertimbangkan makanan kesukaan dari teman yang akan pergi jauh.

Selain makanan utama, jangan lupa menyediakan camilan ringan dan minuman yang segar.  Menyediakan stand khusus makanan atau minuman yang interaktif juga dapat menambah keseruan acara.

Baca juga: Rekomendasi Barang Berkualitas di Atur Rumah

6. Memastikan Kehadiran yang Berkesan

Agar acara benar-benar berkesan, pastikan untuk memiliki beberapa aktivitas yang melibatkan semua tamu. Kamu bisa membuat video kenangan bersama, menyelenggarakan sesi sharing cerita lucu tentang momen-momen bersama, karaoke, hingga menyediakan lantai dansa berikut DJ yang asyik.

Nah itulah 6 tips mengadakan farewell party yang berkesan. Mengadakan pesta di dalam ruangan balon tiup raksasa patut dicoba minasan. Unik dan memorable tentunya. Oh iya, kalau dipikir-pikir sepertinya buka usaha penyewaan balon-balon raksasa gini menguntungkan juga deh.

Bingung belinya di mana? Kuy ke inflatable nightclub for sale biar bisa mendapatkan penawaran harga yang oke.

0 thoughts on “Tips Mengadakan Farewell Party yang Berkesan”

  1. Dulu pas kerja di perusahaan perkebunan sering ada farewel party. Gimana lah ya. Wong staff perkebunan tuh kan kadang harus dipndah-pindah lokasi kerjanya.

    Biasanya sih makan-makan aja farewel partynya. Kalau ada tips selain makan-makan begini kan enak. Jadi ada penyegaran gitu acara perpisahannya

    Reply
  2. Saya belum pernah ikut atau mengadakan farewell party, Mbak. Temasuk saya masih bekerja di PT. MUngkin pas saya kerja, ga ada yang mau pindah atau mutasi atau pensiun hehehe.
    tapi memang farewell party itu tidak harus mewah, tapi harus berkesan.

    Reply
  3. Berbicara farewel party, saya jadi ingat tahun 2023. Ada beberapa teman kerja saya yang resign, juga ada yg purna tugas.

    Tema yang diusung berbeda-beda, teman yang resign mengadakan di salah satu cafe dg konsep kawula muda dong. Tapinya, meskioun konsepnya riang, tetep aja ujungnya nangis karena melepas teman pergi dari perusaahn. 😢😢

    Reply
  4. unik juga inflatable ini, membuat acara yang diadakan jadi lebih berwarna lagi. cuma memang sebisa mungkin jumlah undangannya diketahui sih ya, biar gak kelebihan orang sementara hidangannya nggak mencukupi

    Reply
  5. Seru juga sepertinya farewell party pakai inflatable. Nice try buat dicoba kalau ada teman kerja yang resign nanti. Pasti seru tapi tetep haru sih ya kalau ada teman yang mau pisah

    Reply
  6. Farewell party seringkali kita berpikir gimana cara mewah, tapi budget juga bisa sesuai anggaran dan ga bengkat. Tips ditulisan ini bisa banget jadi panduan biar farewell party tetap berkesan.

    Reply
  7. Ternyata bukan cuman pertemuan aja ya yang disambut dengan perayaan. Perpisahan juga ada perayaannya. Kalau aku sih sedih banget. Gak bisa bayangin gimana sedihnya berpisah dengan orang orang tersayang

    Reply
  8. Bener deh, farewell party tuh penting banget buat ngucapin perpisahan dengan hangat. Tipsnya juga lengkap, dari mulai tema, tempat, undangan sampe aktivitasnya. Plus, ide pesta di dalam balon tiup bener-bener bikin penasaran, pasti seru banget tuh! 🎈🎉

    Reply

Leave a Comment