libur nataru harus mempersiapkan planning liburan terbaik

Libur Nataru? Ini yang Penting untuk Diperhatikan!

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Konnichiwa minasan, ih enggak terasa udah masuk bulan terakhir di tahun 2023 ya. Yup, udah bulan Desember aja nih, yang artinya sebentar lagi akan ada yang namanya libur natal dan tahun baru aka libur nataru.

Libur nataru adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia. Ibaratnya setelah setahun penuh kerja keras bagai kuda, akhirnya ada waktu buat bernapas bentar aka menikmati hari libur sambil menentukan resolusi tahun depan.

Berbicara soal libur di hari natal dan menyambut tahun baru, minasan udah punya planning mau pergi ke mana gitu? Atau jangan-jangan mau mudik ke kampung halaman?

Kalau gitu, minasan harus merencanakannya dengan matang nih. Yuk kita lihat kapan sih jadwal liburnya dan apa saja yang harus dipersiapkan minasan di artikel kali ini.

Kapan Jadwal Libur Nataru 2023?

Ada kalender fisik gak di rumah? Kalau enggak ada ya gak pa-pa, bisa pakai kalender di gadget untuk menandai tanggal-tanggal di liburan akhir tahun kali ini.

By the way, libut natal dan tahun baru 2023 dalam rangka menyambut 2024 kali ini pas banget weekend lho.

Iya, kamu bisa mulai libur dari tanggal 23, 24, 25, dan 26 Desember untuk libur natal. Tapi balik lagi ke kebijakan tempat kamu bekerja ya, minasan. Sementara untuk libur tahun baru dimulai dari 30 dan 31 desember 2023 hingga 1 Januari 2024.

Nah, kalau kamu masih punya jatah cuti akhir tahun atau cuti tahunan, bisa banget diajukan ke perusahaan biar tanggal 27, 28, 29 desembernya libur juga. Tuh, jadi libur natal 2023 dan tahun baru 2024 nya puas deh. Jangan lupa ditandai tanggal-tanggal pentingnya di kalender ya, minasan.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Saat Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Libur nataru identik dengan pulang kampung dan pergi liburan, artinya kalau kamu mau melakukan hal yang sama, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Selain membawa pakaian, beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

1. Periksa Keuangan Kamu

Untuk yang gajian di akhir bulan aka tanggal 25 setiap bulannya, tentu liburan natal hingga tahun baru bisa lebih aman dan enggak was-was soal bekal uang. Berbeda dengan yang gajiannya di awal bulan, tanggal 2 atau tanggal 5 setiap bulannya. Meski begitu, keduanya harus tetap berhati-hati dalam mengeluarkan uang.

Kenapa? Iya, libur akhir tahun memang momentum setahun sekali selain libur idul fitri, hanya saja kamu harus tetap memperhatikan manajemen keuangan kamu. Jangan sampai plan yang sudah tersusun rapi dan konsisten dikumpulkan tiap bulan jadi ambyar begitu saja.

Kamu harus melihat, masih adakah alokasi uang untuk berlibur. Entah untuk keperluan mudik, wisata, atau staycation, dan lainnya. Catat juga keperluan tambahan yang mungkin dibutuhkan selama masa berlibur. Totalkan semuanya.

Baca juga: Wisata Alam di Maribaya Bandung

Pokoknya jangan sampai libur nataru merampas uang bekal kamu untuk hidup di bulan pertama tahun 2024. Apalagi sampai dana darurat kekuras. Jangan ya, minasan!

jadwal libur natal dan tahun baru

2. Tentukan Tempat Tujuan untuk Pergi

Kalau keuangan kamu dirasa sehat aka ada alokasi buat menikmati liburan, maka lanjutkan dengan menentukan tempat tujuan kamu untuk pergi.

Misalnya pergi mudik. Selama mudik apakah hanya diam di rumah keluarga atau pergi ke tempat wisata terdekat. Ini supaya kamu turut mempersiapkan barang apa saja yang akan dibawa pergi dan berapa lama akan berada di tempat tersebut.

3. Pilih Sarana Transportasi Terbaik

Libur akhir tahun biasanya menjadi momentum bagi semua orang untuk bepergian. Biasanya juga beberapa transportasi jarak jauh seperti kereta api, kapal laut, dan pesawat, tiketnya sudah terjual habis hingga arus balik di awal tahun 2024.

Kalaupun masih ada tiketnya biasanya harganya lebih tinggi. Nah, kamu bisa pilih senyamannya kamu. Apakah naik kereta, pesawat, kapal laut, bus antar kota antar provinsi, atau membawa kendaraan pribadi.

Eits kalau bawa kendaraan pribadi pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan lebih baik ada supir cadangan jika jarak tempuhnya jauh.

4. Perhatikan Kondisi Kesehatan

Mengingat sudah memasuki musim pancaroba alias kadang panas banget, kemudian tiba-tiba hujan deras kayak hujan kenangan bersama mantan. Wajib banget menjaga kesehatan dan memperhatikan kondisi kesehatan. Kalau sekiranya kurang sehat, mending ditunda dulu pergi libur natarunya.

Apalagi beberapa waktu terakhir ada kabar kurang mengenakan kayak Covid-19 meningkat lagi di beberapa daerah. Belum lagi cacar monyet dan flu lainnya. Kalay aku sih pengin ngingetin teman-teman … minimal kalau ke tempat ramai pastikan kondisi tubuh benar-benar prima, tetap menggunakan masker, jaga jarak, dan selalu cuci tangan menggunakan sabun sebelum makan atau raba-raba muka.

Terus ya, asupan multivitamin sama makanan gizi seimbang juga perlu diperhatikan biar imun terjaga. Bawa obat-obatan juga yang kira-kira diperlukan sepanjang perjalanan.

Baca juga: Deretan Lokasi Wisata Jogja yang Memorable

5. Selalu Update Tentang Informasi Terkini

Ini gak kalah pentingnya minasan, mengingat arus kendaraan pasti meningkat ditambah di beberapa wilayah rawan banjir dan penyakit. Kamu perlu banget selalu up to date tentang informasi terbaru di sekitar kamu. Mau itu informasi kesehatan, dan lainnya.

Caranya gimana? Caranya jangan cuma mengandalkan media sosial. Kalau aku biasanya cari situs web yang khusus menyediakan artikel kondisi terkini dan valid kayak beranda.co.id.

Oh iya, di beranda.co.id, enggak cuma ada artikel informasi terup to date aja. Ada juga tips seputar bisnis,, gaya hidup sehat, tips menjaga kesehatan, sampai analisis tentang perkembangan ekonomi nasional dan internasional, pasar keuangan, investasi, dan industri. Bahkan sampai teknologi terkini dan sains juga ada lho, minasan. Lengkap banget kan.

Baca juga: Solusi Terbaik untuk Traveling

Selain 5 persiapan di atas, pastikan juga ya kamu mengkondisikan rumah atau tempat tinggal kamu di kota domisili aman sebelum ditinggalkan. Pastikan enggak menyalakan kompor, sambungan listrik untuk penerangan aman, barang berharga dikondisikan dan kunci rumah rapat-rapat.

Rekomendasi Kota Destinasi Wisata Libur Nataru di Indonesia

Kurang lengkap rasanya kalau bahas soal persiapan libur nataru tapi enggak ada rekomendasi tempat wisatanya. Jadi, aku mau rekomendasikan beberapa kota di Indonesia yang cocok untuk menghabiskan libur natal dan tahun baru di bawah ini!

  • Bali, iya, kalau kamu mau menikmati suasana tropis nan eksotis. Bisa banget libur natarunya cus ke Bali. Nikmatilah pantai, tarian tradisional, makanan khas, dan kehangatan budaya Bali.
  • Yogyakarta, Solo, Semarang, dan sekitarnya. Iya, kalau kamu mau liburan yang santai dan penuh sentuhan Budaya Jawa. Bisa banget pergi ke tiga kota tersebut. Di Jogja dan Sola ada keraton, candi, dan tempat wisata ala bangunan kerjaan lainnya.
  • Bandung sebagai ibukota Jawa Barat yang emang sulit banget diabaikan pesonanya. Selain terkenal sejuk, kamu bisa menikmati berbagai tempat wisata alam, kuliner, dan vintage.
  • Toraja jadi destinasi pilihan kalau kamu mau menghabiskan waktu libur natal dan tahun baru di Sulawesi. Banyak keindahan budaya di seperti upacara adat Toraja dan keindahan alamannya yang memanjakkan mata.
  • Raja Ampat jadi pilihan destinasi libur nataru paling oke di Papua untuk kamu yang suka menyatu dengan alam. Yup, ada surga bawah laut untuk penyuka snorkeling. Kamu juga bisa menyelam di perairan kristal Raja Ampat.

Gimana minasan, sudah siap untuk menyambut dan merayakan libur nataru kali ini? Pokoknya jangan lupa terapkan tips di atas ya supaya liburan natal dan tahun baru kali ini berkesan!

Leave a Comment