Tips merawat motor matic agar tidak mudah rusak

Tips Merawat Motor Matic Agar Tidak Mudah Rusak

20 Comments

Photo of author

By Gemaulani

Setelah belajar cara mengendarai sepeda motor, lebih tepatnya motor matic, saya juga mau tak mau jadi banyak tanya soal bagaimana cara merawat motor. Misalnya kapan harus ganti komponen yang ada di motor, seperti oli, busi, ban, dan lainnya.

Soalnya nih, kalau motor tidak dirawat secara rutin, ini bisa mengakibatkan penurunan performa dan cepat rusak.

Nah, kali ini, aku mau share berdasarkan pengalaman aku terkait tips merawat motor matic supaya tahan lama kayak motor matic tahun 2009 yang kakak ipar turunkan ke aku. Terus tempat service motor langganan aku.

Tips Merawat Motor Matic

1. Memanaskan Motor Sebelum Digunakan

Memanaskan motor biasanya saya lakukan di pagi hari, setiap harinya. Sekitar 5-10 menit gitu. Tujuannya supaya mesin memanas dan oli dalam mesin siap melumasi mesin.

Dengan begitu perfoma dari mesin itu lebih maksimal. Selain itu, memanaskan motor secara rutin bisa menghindarkan dari drama tiba-tiba motor mati mendadak atau tidak bisa distarter.

2. Menggunakan Bahan Bakar Berkualitas

Nah, ini penting banget teman-teman. Supaya motor matic tahan lama, pastikan teman-teman menggunakan bahan bakar yang sesuai dan terpercaya.

Kalau aku sih memilih menggunakan pertamax dan belinya langsung di tempat pengisian bahan bakar kendaraan bermotor.

Selain menggunakan bahan bakar yang tepat, jangan lupa juga untuk mengisi bahan bakar sebelum benar-benar habis.

Kenapa? Karena kehabisan bahan bakar terutama untuk motor berteknologi injeksi itu bisa membuat mesinnya cepat rusak.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Membeli Mobil Bekas Aman

3. Menstabilkan Kecepatan dan Bukaan Tuas Gas

Mengingat motor matic penggunaannya mengandalkan putaran pada tuas gas, kamu harus berhati-hati dalam mengatur kecepatan lho. Iya, jangan mengubah kecepatan motor secara tiba-tiba.

Misalnya menurunkan kecepatan secara drastis dari kecepatan tinggi atau sebaliknya. Selain membahayakan keselamatan, hal ini bisa merusak umur mesin hingga vanbelt motor matic.

4. Ganti Oli Secara Berkala

Oli motor matic terdiri atas oli mesin dan oli gardan. Untuk oli mesin, penggantian oli biasanya dilakukan setiap 2000 hingga 2500 km. Oli ini memiliki fungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin lho.

Oh iya, beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa.

Kenapa begitu? Karena oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. So, jadi hal yang wajar kalau retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.
oli motor matic wajib diganti secara rutin
Selain oli mesin, kamu juga perlu mengganti oli gardan. Oli gardan berfungsi melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Penggantian oli transmisi motor (oli gardan) biasanya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin dibarengi 1x ganti oli gardan.

5. Pastikan Vanbelt dan Roler dalam Kondisi Baik

Vanbelt dan roller merupakan dua komponen yang membuat motor matic melaju. Jadi, pastikan vanbelt motor dalam kondisi baik, mengingat bahannya terbuat dari karet.

Kalau kondisinya buruk atau terlalu tua, tentunya bisa putus di tengah jalan dan membuat motor tidak bisa berjalan lagi.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Suzuki untuk Keluarga

6. Merawat AKI

Aki atau baterai motor ada 2 jenis, aki basah dan aki kering. Untuk aki basah, biasanya kamu harus rutin mengisi ulang airnya supaya tidak kering. Aki yang sudah terlalu tua biasanya menyebabkan motor kamu sulit distarter. Untuk motor matik penggantian aki sebaiknya dilakukan dalam 7 sampai 8 bulan sekali.
tempat servis motor matic

7. Merawat Komponen Secara Lengkap dengan Melakukan Service Tune Up Berkala Tepat Waktu

Sebenarnya ada komponen lainnya yang harus rutin dilakukan perawatan, seperti busi, kampas rem, dan lainnya. Untuk itu, lebih baik melakukan servis berkala untuk motor matic atau service tune up.

Secara umum, service motor matic secara berkala meliputi penggantian oli, membersihkan karburator dan seting motor. Servis ini dilakukan sekitar 3 bulan sekali atau sesuai batas kilometer yang dianjurkan.

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Biasanya mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu komponen apa saja yang perlu diservis dan meminta persetujuan kamu.

Baca juga: Toyota Rush Mobil SUV Tangguh

Rekomendasi Bengkel Servis Motor Terbaik

Supaya servisnya maksimal dan sesuai harapan, tentunya kita harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga. Nah, salah satu rekomendasiku adalah service motor di Planet Ban.

Kenapa? Soalnya di Planet Ban kamu bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru. Eh gimana maksudnya?

For your information nih teman-teman, servis motor rasa baru di Planet Ban ini dikenal dengan sistem servis terpadu. Tujuannya untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang lebih cepat tapi biaya lebih hemat.

Kelebihan Melakukan Servis di Planet Ban? 

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi yang bisa meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin supaya lebih tahan lama atau jarang rusak.
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, pemakaian motor matic jadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  • Ganti oli cukup saat mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali). Jadinya lebih hemat biaya.
  • Kamu turut serta memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Planet ban rekomendasi tempat servis motor matic terbaik

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Sebelum rutin servis motor matic di planet ban, aku pernah service juga di tempat lain lho teman-teman. Ternyata kerasa banget perbedaannya. Kalau di tempat lain aku masih menemukan banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran pada beberapa bagian mesin motor.

Kadang-kadang kotoran dan debu di blok CVT yang bikin motor jadi terasa berat aja masih ada lho.

Beda banget dengan saat aku melakukan service motor rutin di Planet Ban. Aku perhatikan seluruh bagian atau part mesin dibersihkan sampai motornya berasa baru. Kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body pun semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran.

Baca juga: Cara Cek Pajak Kendaraan

Yup, bener banget, kalau service motor di Planet Ban itu bikin motor kita serasa punya mesin baru. Ini juga yang akhirnya bikin tarikan lebih enteng, emisinya turun lebih dari 70%, lebih hemat bahan bakar, dan mesin bener-bener bersih total.

Kalau service motor rasa motor baru gini mahal enggak nih? Itu pasti yang mau kamu tanyakan kan. Tenang, service motor di Planet Ban yang selengkap ini super terjangkau banget.

Nih aku spill, untuk service motor injeksi aja cuma 20ribu. Untuk service CVT sekaligus rantainya cuma 19,5ribu. Yang bikin kamu bakal tercenang lagi, untuk service throttle body cuma 20ribu aja.

Nah itulah tips merawat motor matic yang bisa aku bagikan teman-teman. Jangan lupa ya untuk diterapkan supaya motor matic teman-teman tetap baik performanya. Kalau mau servis, udah deh di Planet Ban aja biar dapet layanan servis motor rasa baru.

20 thoughts on “Tips Merawat Motor Matic Agar Tidak Mudah Rusak”

  1. Bener sekali mbak, kalau motor jarang dipanasi itu suka susah distarter dan sering mati di jalan. Wah, harga servis di planet ban ekonomis ya

    Reply
  2. Setuju deh kaya saya nih ibu rumah tangga yang gak ngerti soal otomotif, urusan kendaraan kalau servis kasih ke ahlinya aja seperti Planet Ban ini. Amanah, harga terjangkau dan perawatannya sangat detail

    Reply
  3. saya baru aja ganti aki motor matic kesayangan minggu lalu dan suami gantinya di planet ban. harganya akinya lebih terjangkau tapi pelayanan dan kualitas bagus.

    Reply
  4. Menarik nih servisnya Planet Ban bisa menghadirkan inovasi servis motor rasa baru. Harganya terjangkau pula. Jadi tertarik mau bawa motor ke bengkel ini juga buat diservis termasuk untuk ganti oli juga karena bisa lebih hemat ya gantinya bisa tiap 4-6 bulan sekali gitu.

    Reply
  5. saya nih punya motor matic, untungnya sih krn motor kantor jd lumayan terawat nih krn kan ada jadwal servis rutinnya, jd so far motornya nyaman dan aman dikendarai

    Reply
  6. ngerawat motor matic tuh mudah2 susah, gak bisa dianggap enteng juga krn kalau kita lalai utk merawat secara rutin, alhasil biaya perbaikannya juga agak lumayan, jd better mencegah daripada mengobati

    Reply
  7. Bagian manasin kendaraan tuh uda jadi kaya kebiasaan yaa..
    Semoga kendaraan yang mungkin gak setiap hari digunakan pun tetap awet karena dirawat secara berkala di Bengkel Servis Motor Terbaik Planet Ban.

    Reply
  8. Emang murah banget sih service motor di Planet Ban. Aku sering bgt ganti oli mesin dan oli gardan di sana. Sekalian cek up kl udh 6 bulanan atau mau pergi agak jauh. Soalnya spdku sih buat jalan di kota doank. Ga bnyk jalannya sih tp service ttp yg utama.

    Reply
  9. saya baru aja ganti aki motor matic kesayangan minggu lalu dan suami gantinya di planet ban. harganya akinya lebih terjangkau tapi pelayanan dan kualitas bagus.

    Reply
  10. iya nih sekarang aku juga udah melek servis motor, tadinya cuma ngerti ganti oli doang. eh sekalinya servis vanbelt sama rolernya udah parah banget harus diganti, jadilah kerasa banget tekornya. emang motor itu harus rajin juga ya perawatannya biar enak terus dipakenya :'D

    Reply

Leave a Comment